Pengajaran Bahasa yang Kreatif

Pengajaran Bahasa yang Kreatif

Kunci sukses pengajaran bukan terletak pada kecanggihan kurikulum atau kelengkapan fasilitas sekolah, melainkan bagaimana kredibilitas seorang guru di dalam mengatur dan memanfaatkan mediator yang ada di dalam kelas.

Pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa. Hal ini disebabkan pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Guna mewujudkan tujuan di atas diperlukan usaha yang keras dari masyarakat maupun pemerintah. Masyarakat Indonesia dengan laju pembangunannya masih menghadapi masalah berat, terutama berkaitan dengan kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan.

Departemen Pendidikan Nasional sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pendidikan dan telah melakukan pembaharuan sistem pendidikan. Usaha tersebut antara lain adalah penyempurnaan kurikulum, perbaikan sarana dan prasarana, serta peningkatan kualitas tenaga pengajar.

Dalam pengajaran atau proses belajar mengajar guru memegang peran sebagai sutradara sekaligus aktor. Artinya, pada gurulah tugas dan tanggung jawab merencanakan dan melaksanakan pengajaran di sekolah. Guru sebagai tenaga profesional harus memiliki sejumlah kemampuan mengaplikasikan berbagai teori belajar dalam bidang pengajaran, kemampuan memilih dan menerapkan metode pengajaran yang efektif dan efisien, kemampuan melibatkan siswa berpartisipasi aktif, dan kemampuan membuat suasana belajar yang menunjang tercapainya tujuan pendidikan.

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai peranan yang penting dalam dunia pendidikan. Secara umum tujuan pembelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut: (1) Siswa menghargai dan membanggakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan (nasional) dan bahasa Negara, (2) Siswa memahami bahasa Indonesia dari segi bentuk, makna, dan fungsi, serta menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk bermacam-macam tujuan, keperluan, dan keadaan, (3) Siswa memiliki kemampuan menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, kematangan emosional, dan kematangan sosial. (4) Siswa memiliki disiplin dalam berpikir dan berbahasa (berbicara dan menulis), (5) Siswa mampu menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan kehidupan, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, (6) Siswa menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

Untuk meningkatkan mutu penggunaan bahasa Indonesia, pengajarannya dilakukan sejak dini, yakni mulai dari sekolah dasar yang nantinya digunakan sebagai landasan untuk jenjang yang lebih lanjut. Pembelajaran bahasa Indonesia ini diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Penguasaan bahasa Indonesia yang baik dapat diketahui dari standar kompetensi yang meliputi, membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan (menyimak).

Cergam, salah satu media pengajaran menulis

Menulis merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam seluruh proses belajar yang dialami siswa selama menuntut ilmu di sekolah. Menulis memerlukan keterampilan karena diperlukan latihan-latihan yang berkelanjutan dan terus menerus (Dawson, dkk, dalam Nurchasanah 1997:68). Pembelajaran keterampilan menulis pada jenjang Sekolah Dasar merupakan landasan untuk jenjang yang lebih tinggi nantinya. Siswa Sekolah Dasar diharapkan dapat menyerap aspek-aspek dasar dari keterampilan menulis guna menjadi bekal ke jenjang lebih tinggi. Sehingga, pembelajaran ketrampilan menulis di Sekolah Dasar berfungsi sebagai landasan untuk latihan keterampilan menulis ke jenjang pembelajaran sekolah sesudahnya nanti. Dengan banyaknya latihan pembelajaran menulis, diharapkan dapat membangun keterampilan menulis siswa lebih meningkat lagi.

Tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran menulis adalah agar siswa mampu mengungkapkan gagasan, pendapat, dan pengetahuan secara tertulis serta memiliki kegemaran menulis (Depdikbud, 1994). Dengan keterampilan menulis yang dimiliki, siswa dapat mengembangkan kreativitas dan dapat mempergunakan bahasa sebagai sarana menyalurkan kreativitasnya dalam kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran keterampilan menulis memiliki berbagai macam bentuk. Salah satunya adalah ketrampilan menulis karangan. Dalam pembelajaran menulis, diharapkan siswa tidak hanya dapat mengembangkan kemampuan membuat karangan namun juga diperlukan kecermatan untuk membuat argumen, memiliki kemampuan untuk menuangkan ide atau gagasan dengan cara membuat karangan yang menarik untuk dibaca. Di antaranya mereka harus dapat menyusun dan menghubungkan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain sehingga menjadi karangan yang utuh.

Media pembelajaran merupakan wahana penyalur atau wadah pesan pembelajaran. Media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Disamping dapat menarik perhatian siswa, media pembelajaran juga dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dalam setiap mata pelajaran. Dalam penerapan pembelajaran di sekolah, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menarik perhatian dengan memanfaatkan media pembelajaran yang kreatif, inovatif dan variatif, sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan mengoptimalkan proses dan berorientasi pada prestasi belajar.

Secara umum, menggunakan media cergam sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa dalam pembelajaran menulis.

Secara khusus, penggunaan cergam sebagai media adalah sebagai berikut: (1) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun cerita berdasarkan rangkaian gambar secara urut sehingga menjadi karangan narasi yang utuh, (2) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memadukan kalimat menjadi karangan narasi yang padu dengan menggunakan kata sambung yang tepat, dan (3) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan ejaan dan tanda baca secara benar dalam karangan narasi

Terakhir, mari kita sebagai guru bahasa Indonesia hendaknya mengajarkan pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik dan kreatif agar siswa bertendensi untuk mengikuti pelajaran secara aktif. Itulah kunci sukses pengajaran. Bukan terletak pada kecanggihan kurikulum, melainkan bagaimana kredibilitas seorang guru di dalam mengatur dan memanfaatkan mediator yang ada di dalam kelas.

Ari Wijayanti

Mahasiswi Universitas Negeri Malang

Tulisan ini disusun berdasarkan penelitian penulis yang berjudul

“Media Cergam Sebagai Peningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas III SD Negeri Blitar Tahun Ajaran 2006/2007”

54 Komentar »

  1. cahyo Said:

    terima kasih atas artikelnya.
    saya dapat menyelesaikan tugas berkat anda

  2. santy Said:

    disini saya berharap sebagai rekan seprofesi yang menekuni bidang pendidikan, hanya menginginkan hal ini bisa kita laksnakan bersama – sama. Dan lebih mampu menuangkan kreatifitas kita. Karena pada dasarnya anak selalu merasa jenuh dengan media yang kita tampilkan. Mungkin dengan menggunakan media puzzle anak akan lebih tertarik lagi.

    sukses untuk anda

  3. Surya Said:

    ni hmpr sma dngan tugas akhirq, tpi q pke media AVA utk pembl menulis puisi, tpi q g bisa kriteria penilaian utuk puisi gmn ya ??
    tlng bls donk please

    Dari Lubis,
    Gimana kalau didiskusikan bareng lewat lubis_friends@mailcity.com?

  4. Rahmat Said:

    tulisan ini sangat membantu ibu saya yang sudah tua namun masih sekolah dalam menyelesaikan tugas PTK beliau
    terima kasih banyak

    Dari Lubis,
    Wah saya juga berterimakasih sudah mengunjungi gubug maya sederhana ini.

  5. Nursalam,S.Pd Said:

    terima kasih
    membantu kami di daerah mendapat bahan ajar di smp

  6. HESTI Said:

    Boleh gak bagi infonya? Pingin tanya nih, gimana kalo mau buat pembelajaraan bahasa yang kreatif tapi lewat audio? Gimana bentuk kreatifitas yang bisa diharapkan dari program pembelajaran kreatif itu?

  7. kod Said:

    thanks artikelnya, saya butuh data tentang pngajaran menulis jurnal untuk anak SD

  8. Yossy Said:

    untuk mendapatkan karya ilmiah penelitian tindakan kelas pelajaran bahasa indonesia atau IPS untuk SD dimana ya??? tolong bantuannya……..

  9. murni S. Said:

    gimana caranya…untuk mendapatkan karya tulis tentang penulisana jurnal belajar untuk melihat kemapuan reflektif siswa.tolong ya…

  10. murni S. Said:

    kalau punya tulisan tentang jurnal belajar bidang biologi tolong yah aku pinjam..

  11. Fahd Said:

    Thanks u/ artikelnya, tambah wawasan tentang metode ajar.

  12. bowo Said:

    kenalkan nama saya prio wibowo………
    mba… aku butuh pertolongan mba lubis gmana caranya membuat tugas akhir tentang bahasa indonesia dan sya adlah mahasiswa D2 PGSD yg sedang praktik mengajar

  13. Firsty Said:

    Bagus.

    sebagai media tukar pikiran dan pengalaman. majukan terus dan kembangkan bahasa Indonesia yang mulai terkikis oleh zaman

    sukses

  14. suparman Said:

    Bagus juga artikelnya. Semoga menjadi ajang diskusi teman-teman seprofesi.

  15. Mulyani Said:

    artikelnya ok! kalo ada artikel tentang pembelajaran kimia berwawasan SETS dong…thanks

  16. hikaru Said:

    trims buanyak untuk penulis, cz q mo ujian skripsi tentang pengelolaan SAC so q butuh banget artikel kayak gini nich…

  17. lucky Said:

    pengajaran bahasa harus dan memang wajib diketahui oleh guru jangan sampai anak didik merasa tidak enjoy dengan cara mengajar gurunya

  18. lucky Said:

    kirimkan tips cara mengajar bahasa yang tepat untuk anak SMA

  19. muhzen Said:

    apa itu bahasa? bahsa adalah sesuatu yang telah ada dalam diri manusia sebagai kelebihan hakiki. sudah ada sejak manusia lahir. jadai denganbelajar berbahasa kita dapat menjadi mahir dalam berbahasa. tahnks. ya…..

  20. sonny Said:

    salam…
    saya ingin menanyakan kepada anda apakah ada aspek2 dari pada media pengajaran??, jika ada apakah bisa diberitahukan apa saja aspek tersebut.

    makasih

  21. will Said:

    kak aku mau tanyak apa sih pengertian unsur2 intrinsik pada puisi dan juga contoh2 nya?thx

  22. will Said:

    kak aku mau tanyak apa sih pengertian unsur2 intrinsik pada puisi dan juga contoh2 nya?thx jwb nya kirim ke e-mail ku di:hayden_asu_bajingan@yahoo.co.id

  23. yuli@ Said:

    tolong berikan masukan pada saya untuk menemukan bagaimana metode yang tepat dalam menulis puisi dan karangan deskripsiutuk siswa SMA.

  24. hari der Junge Said:

    Guten Morgen meine Dammen und Herren!

    Ich bin jetzt sehr verwirrt, mein Studium kann ich noch nicht fertig machen. Mein Studium dauert schon 6 1/2 Jahre.
    Kann jemand mir helfen?

    tolong bantu aku tuk m’rampungkan kuliahku, aku dah ga bisa mikir lagi. kuliahku dah makan waktu 6,5 tahun, tapi ampe sekarang belum kelar2 juga.
    skripsiku “Efektivitas Media Pengajaran Bahasa TTS dalam Pengajaran Kosakata”. ada yang bisa bantu aku cari referensi?

    Ich danke Ihnen um Ihren Aufmerksamkeit und Hilfe.
    Aufwiedersehen

  25. Ady Said:

    Makasih bahasannya …

  26. fmkl Said:

    aku akan lebih puas lagi bila di forum ini desertakan model atau contoh model pembelajaran dan penerapanya

  27. Devi Surindra Said:

    wah keren banget ide nya tuh. Tapi boleh kirimkan penelitiannya ga mbak, biar bisa lebih paham untuk diterapkan ke siswa saya. trims

  28. echa Said:

    kalo pembelajaran berbicara dan membaca yang kreatif gimana ya??? bisa kasih masukan???

  29. dina Said:

    ass,menurut saya ide anda sangt bagus…..tp saya ingin tanya bagaimana cara mengajarkan cergam pada siswa sekolah dasar dan apa saja yang alat yang dibutuhkan? thanks…..

  30. zaki Said:

    saya ucapkan thanks udah kasih materi anda cukup membantu saya…

  31. nyta Said:

    untuk media pembelajaran smu yang tepat bagaimana???????? thnq

  32. lukas Said:

    wah ini hampir serupa dengan skripsi ku…
    trimakasih tulisan anda sangat membantu
    dalam penyelesaian skripsi saya.

  33. Usulan, bagaimana kalau pemerintah selain harus menyiapkan atau mensubsidi buku juga memfasilitasi semua sekolah berupa media pembelajaran semua bidang setudi.
    Nama : Ari Sanjaya, S.Pd.
    Unit Kerja : SMP Negeri 1 Grabagan

  34. arik Said:

    wah, saya senang dapat menemukan Anda – orang yang ‘cinta’ pendidikan anak’. saya sependapat bahwa media sangat penting bagi anak dalam belajar. Trims ya, membaca artikel Anda memberi inspirasi saya untuk penelitian lain tentang media. Sekalian juga minta izin tuk ngutip beberapa bagian sebagai rujukan, of course dengan kaidah ilmiah. Pengen deh baca penelitian sumbernya, may be next time. salam kenal, kawan.

  35. Avie Said:

    saya setuju dengan pendapat anda. saya juga pernah mempraktekkan metode itu. hanya saya kadang kesulitan untuk mencari gambar-gambar berseri untuk dijadikan sebuah cerita. nah, saya mau tanya. dimana saya bisa mendapatkan gambar-gambar berseri itu?kalau ada tolong kirim ke alamat saya (gretth_vie@yahoo.co.id.). selain itu saya juga minta format penilaian untuk menilai karangan dong!
    thx before…

  36. Avie Said:

    saya minta lolong kalau metode yang sesuai untuk tingkat SMA untk pelajaran menyimak apa ya?

  37. saiful Said:

    bahasa tulis adalah bahasa yang paling indah selain doa dari ibu,

  38. tasya Said:

    aku bingung……!!!!!!!!
    coz aku lagi cari materi tentang karangan tapi kow ga da yg menarik yuph..???!!!

  39. ACHIM Said:

    siiiiiiiiplah. qt coba.

  40. ali mahsun Said:

    waah maksih ini cck dg tugas pnltianq mksh bnyk y? q mau mnt tlng niich… q lg bth tulisan tntng pembelajaran bercerita. kl d tuangkan y… slm knl n smg skss sll

  41. Willy Ediyanto Said:

    bacanya offline ah.

  42. priyo Said:

    Selamat pagi, terima kasih atas tulisannya yang membantu saya dalam mengerjakan skripsi. dan dari tulisan anda yang hampir sama dengan ta saya ini saya mohon bantuannya bolehkah?jika boleh saya minta file dari tugas akhir anda.

  43. JoeLi Said:

    tolong bantu saya pusing mencari referensi soal puzzle bergambar ato foto? kira2 ada ga ya, jurnal ato contoh proposal yang anda punya tentang media puzzle? klo ada saya minta bahannya ya?

  44. Mustan Said:

    bagus sekali untuk bahan refensi bagi guru bahasa indonesia. aku cari bahan tuk PTK aspek berbicara

  45. Henny Sanulita Said:

    Pa kabar Mas, tulisannya sudah pernah saya baca. Jangan pernah berhenti menulis ya! Jangan lupakan teman-teman di UM. Di tunggu tulisannya yang terbaru dan undangannya juga.

  46. ibal Said:

    trims artikelnya mantap

  47. nuraidah Said:

    bingung banget disuruh buat PTK tentang bahasa indonesia. tolong kasih judul-judl PTK Bhasa Indonesia untuk SMP!

  48. Wawan Said:

    Mas, saya kutip yah.. tulisannya.
    Trims sblumnya.

  49. aulia Said:

    terimaksioh ya….

  50. bahasaan mba hampir serupa dengan judul skripsi saya….
    tapi saya masih rada bingung untuk metode apa yang harus saya pakai????

  51. Willy Ediyanto Said:

    Salam kenal.
    Saya guru Bahasa Indonesia. Minta izin me-link blog ini.
    Kunjungi blog saya di http://willyedi.wordpress.com/
    Terima kasih.

  52. teza Said:

    mksh atas artikelnya…

    bu, untuk pembelajaran berwawancara metode apa yang palin tepat digunakan?

  53. artikel yang menarik sekali thanks

  54. aviq17 Said:

    saya spndapat dngan anda sklipun teknologi mju dgn cptnya
    namun peranan guru sbgai mediator pemblajaran lbh mnjdi ssuatu yg tdk bsa lg dipungkiri peranannya
    sya suka artikel dan pmbwaan cra brbhasa anda


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 72 pengikut lainnya.

