skripsi: bahasa gaul remaja indonesia

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Film merupakan manifestasi perkembangan kehidupan budaya masyarakat pada masanya. Dari zaman ke zaman, film mengalami perkembangan baik dari segi teknologi yang digunakan maupun tema yang diangkat. Hal ini disebabkan film berkembang sejalan dengan unsur-unsur budaya masyarakat yang melatarbelakanginya, termasuk di dalamnya adalah perkembangan bahasa.

Ekky Imanjaya juga menuliskan pernyataan yang sama bahwa film adalah arsip sosial yang menangkap jiwa zaman (zeitgeist) masyarakat saat itu (2006: 29). Artinya, film tidak dapat terlepas dari kondisi sosial budaya masyarakat yang melatarbelakangi pembuatan film tersebut. Dengan kata lain, film merupakan cerminan budaya manusia.

Film tidak dapat terlepas dari kerja sebuah tim. Hal ini berarti bahwa dalam sebuah proses produksi film dibutuhkan seorang produser, penulis skenario, sutradara, asisten sutradara (astrada), aktor atau aktris, ahli make up, ahli properti, hingga hal esensial yang tidak kalah penting yaitu musik pengiring atau yang lebih dikenal sebagai soundtrack.

 

1

Fungsi soundtrack adalah menjiwai keseluruhan adegan atau setidak-tidaknya mewakili gambaran suasana tertentu dalam sebuah film. Hampir di setiap film remaja yang populer di Indonesia, soundtrack film dikerjakan oleh dua komposer ternama, Melly Guslow dan Anton Hood. Soundtrack inilah yang nantinya juga berperan sebagai publikasi film kepada masyarakat. Bahkan, terdapat soundtrack yang dipublikasikan jauh hari sebelum filmnya diputar di bioskop. Hal ini dapat disimpulkan bahwa film dan soundtrack sama halnya dengan koin mata uang yang saling memenuhi masing-masing sisinya.

Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 tentang Pelaksanaan Serah Simpan dan Pengelolaan Rekam Film Cerita atau Film Dokumenter dijelaskan bahwa Karya Rekam Film Ceritera atau Film Dokumenter pada dasarnya merupakan salah satu karya budaya bangsa sebagai perwujudan cipta, rasa, dan karsa manusia, serta mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang pembangunan pada umumnya, khususnya pembangunan pendidikan, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penyebaran informasi. (www.imlpc.or.id)

Fenomena semakin maraknya film remaja di Indonesia, seperti sekarang ini, ternyata melalui proses sejarah yang panjang. Proses ini diawalai ketika bioskop-bioskop di wilayah kabupaten mulai bangkrut, tutup, dan tergusur yang selanjutnya menjadi pertokoan atau pusat perbelanjaan. Bangkrutnya bioskop tersebut tidak terlepas dari hadirnya VCD atau DVD baik yang secara legal maupun ilegal beredar di pasaran. Masyarakat tentu lebih memilih menonton film di rumah daripada di bioskop, karena biaya di bioskop lebih mahal. Semaraknya industri televisi swasta juga turut mengikis produksi perfilman nasional. Apalagi persaingan televisi swasta mampu menghadirkan film dan acara yang digemari oleh masyarakat.

J.B Kristanto (Kompas, 2005) menyatakan bahwa bangkrutnya bioskop di wilayah kabupaten itu disertai dengan tumbuhnya raksasa jaringan bioskop yang dikenal dengan Jaringan Bioskop 21 (baca: Jaringan Bioskop Twenty One). Jaringan Bioskop 21 yang berkonsentrasi di kota-kota besar dalam bentuk multipleks tersebut sebenarnya sudah mulai tumbuh di akhir tahun 1980-an dan awal 1990-an. Lebih khusus lagi, Jaringan Bioskop 21 ini juga berkonsentrasi di mal-mal yang menjamur di hampir semua ibu kota propinsi. Hal ini juga membawa akibat pada perubahan karakteristik penonton yang sebagian besar adalah remaja dari masyarakat menengah ke atas. Penonton inilah yang harus dihadapi oleh para pembuat film (sineas).

Tahun 1990-an muncul isu bahwa produksi perfilaman di Indonesia mengalami stagnasi. Hal ini mungkin benar jika dilihat dari segi kuantitas film yang diproduksi di bioskop selama kurun waktu tersebut. Pada kenyataannya, walau tanpa berada di bioskop, film Indonesia terus berproduksi. Pemutaran film tersebut dapat dilakukan dalam bentuk proyeksi video digital baik di tempat umum atau tempat khusus serta baik yang ditiketkan atau digratiskan.

Dari Sumber yang sama, Kritanto (Kompas, 2005) menguraikan bahwa kesan lesu dunia perfilman di Indonesia muncul karena masyarakat tidak melihat tampilnya film-film di bioskop dan kualitas film hasil produksi selama kurun waktu tersebut. Padahal, pada tahun-tahun yang paling sulit pun sebenarnya tetap ada usaha memproduksi. Ada sekitar 13 film yang langsung beredar dalam bentuk VCD, atau langsung ditayangkan untuk umum dalam bentuk proyeksi video digital di bioskop umum, tempat khusus yang mengadakan pemutaran film dengan membayar tiket masuk, atau festival-festival di dalam negeri (JiFFest) dan di luar negeri.

Selanjutnya, pada awal tahun 2000 empat sineas yang memiliki pandangan idiologi yang berbeda membuat sebuah film yang merepresentatifkan dunia remaja para sineas tersebut, Kuldesak. Secara komersial, film tersebut tidak begitu membuahkan hasil, tetapi film tersebut telah menyakinkan para sineas baru untuk terus memproduksi film. Tahun berikutnya disusul oleh Petualangan Sherina yang secara komersial jauh lebih baik daripada Kuldesak. Keberuntungan secara komersial juga berlanjut dalam produksi film selanjutnya, Ada Apa Dengan Cinta (2002). Film yang ditonton lebih dari tiga juta penonton dan sukses di Malaysia inilah yang menjadi penggerak produksi perfilman di Indonesis, khususnya genre film remaja.

Berdasarkan pertimbangan bahwa film Ada Apa Dengan Cinta sebagai film remaja Indonesia terlaris dan sebagai film yang memotivasi tumbuhnya produksi film di Indonesia, khususnya film remaja, maka film Ada Apa Dengan Cinta dianggap representatif untuk diteliti. Hal ini sejalan dengan apa yang pernah ditulis oleh Yus R. Ismail (Pikiran Rakyat, 2005) bahwa film Ada Apa Dengan Cinta merupakan film yang menjadi salah satu tonggak kebangkitan film di Indonesia. Di samping itu, film tersebut juga mampu mengembalikan antrean bioskop panjang film Indonesia yang sudah lama sepi.

Perkembangan terakhir pada tahun 2006, film remaja Indonesia Heart berhasil menduduki peringkat teratas berdasarkan jumlah penonton terbanyak, yaitu 1,3 juta orang di dalam negeri dan 3,5 ribu penonton di Malaysia (Suara Pembaruan, 2006). Film yang disutradarai oleh Hanny R. Saputra dan beredar sejak 11 Mei 2006 lalu tersebut dinyatakan sebagai film terlaris dalam sebuah artikel oleh Suara Pembaruan (2006) berjudul “Heart, Film Terlaris Tahun Ini”. Film remaja yang lama diputar di bioskop seluruh Indonesia tersebut dinominasikan piala Antemas sebagai film yang meraih penonton terbanyak pada festival Film Indonesia 2006.

Film Heart merupakan film remaja Indonesia yang aktual. Keaktualan tersebut tampak pada waktu pemutaran film di bioskop. Sebagai film aktual, Heart, telah merekam sejumlah unsur-unsur budaya baru yang melatarbelakanginya yang tidak terdapat dalam film-film remaja sebelumnya. Salah satu unsur-unsur budaya yang dimaksud adalah perkembangan bahasa gaul remaja Indonesia. Oleh karena pertimbangan keaktulan film dan film terlaris tahun 2006, film remaja Indonesia Heart dianggap pantas untuk diteliti sebagai representatif film remaja Indonesia.

Pada dasarnya, remaja memiliki bahasa tersendiri dalam mengungkapkan ekspresi diri. Bahasa remaja tersebut kemudian dikenal sebagai bahasa gaul remaja. Bahasa gaul inilah yang ditangkap oleh penulis sekenario untuk menghidupkan suasana atau atmosfer remaja dalam film remaja Indonesia. Kemudian, penulis skenario menuangkannya dalam bentuk dialog. Dengan kata lain, film mampu menjadi salah satu sarana untuk mensosialisasikan bahasa gaul yang kini banyak digunakan oleh remaja Indonesia baik yang berada di kota maupun di pelosok desa.

Apabila ditinjau lebih lanjut, masa remaja merupakan masa kehidupan manusia yang paling menarik dan mengesankan. Masa remaja memiliki karakteristik antara lain petualangan, pengelompokan, dan kenakalan. Ciri ini tercermin juga dalam bahasa mereka. Keinginan untuk membuat kelompok eksklusif menyebabkan mereka menciptakan bahasa rahasia (Sumarsana dan Partana, 2002:150).

Dialog film remaja sebagai representatif tutur remaja yang melatarbelakanginya sangat berbeda dengan bahasa Indonesia yang sesuai dengan tata bahasa Indonesia baku. Hal ini disebabkan bahasa gaul merupakan bahasa santai sebagai bahasa sehari-hari.

Distribusi bahasa gaul sering tidak memperhatikan konteks yang tepat. Beberapa film remaja Indonesia menampilkan adegan seorang siswa SMA menggunakan bahasa gaul ketika berkomunikasi dengan kepala sekolah.

Dari salah satu adegan di atas, dapat disimpulkan bahwa bahasa gaul sebagai tutur remaja dilihat dari segi distribusinya atau pesebarannya dapat dikatakan telah berhasil menjadi bahasa identitas remaja. Sebaliknya, bahasa remaja menjadi dampak negatif apabila dilihat dari segi ketidakmampuan remaja menempatkan bahasa dalam konteks sosialnya.

Ani Arlina Kholid dalam Pikiran Rakyat menyatakan bahwa salah satu ciri atau sifat bahasa yang hidup dan dipakai di dalam masyarakat, apa pun dan di manapun bahasa tersebut digunakan, akan selalu terus mengalami perubahan. Bahasa akan terus berkembang dan memiliki aneka ragam atau variasi, baik berdasarkan kondisi sosiologis maupun kondisi psikologis dari penggunanya. Oleh karena itu, dikenal ada variasi atau ragam bahasa pedagang, ragam bahasa pejabat/politikus, ragam bahasa anak-anak, termasuk ragam bahasa gaul.

Dalam kelompok tutur tercatat bahwa tutur generasi tua berbeda ragam dengan tutur generasi muda. Hal ini tidak berarti bahwa bahasa generasi tua berbeda dengan bahasa generasi muda. Umumnya perbedaan itu terletak pada fitur linguistik tertentu yang hanya dapat ditemukan pada tutur generasi tua, atau fitur-fitur yang lebih sering digunakan oleh generasi tua. Generasi muda mungkin masih sering memakainya, namun hanya dalam tulisan. Sedangkan generasi tua memakainya dalam komunikasi lisan. Sebaliknya, pada tutur generasi muda, kita bisa menemukan fitur-fitur linguistik yang tidak terdapat atau jarang muncul pada tutur generasi tua. (John T Platt, Heidi K. Plat, 1975:63)

Bahasa gaul remaja sebagai variasi bahasa mempunyai karakteristik tersendiri yang membedakan tutur remaja dengan tutur bahasa yang lain. Karakteristik bahasa gaul remaja tampak pada pilihan kosakata, ungkapan, pola, dan strukturnya.

Remaja sebagai kelompok sosial tertentu yang ada di dalam masyarakat menggunakan bahasa gaul tidak hanya ketika berkomunikasi dengan anggota kelomponya, tetapi juga dengan kelompok generasi tua. Selain itu, bahasa gaul rermaja memiliki keunikan-keunikan yang bersifat kreatif dan memiliki nilai sosial tersendiri. Oleh karena itu, penelitian berjudul “Pemakaian Bahasa Gaul Antartokoh dalam Film Remaja Indonesia Ada Apa Denagn Cinta dan Heartmenarik untuk diamati dan diteliti.

1.2 Permasalahan

1.2.1 Ruang Lingkup Masalah

Untuk memperjelas ruang lingkup permasalahan, maka dalam penelitian ini hanya meliputi pemakaian bahasa gaul remaja yang terbatas pada percakapan yang dilakukan antartokoh film remaja Indonesia. Adapun permasalah pokok yang diteliti meliputi kosakata, ungkapan, intonasi, pelafalan, pola, konteks serta distribusi bahasa gaul.

Mengingat semakin berkembangnya arus komunikasi, maka siswa telah mengesahkan pemakaian bahasa gaul di setiap situasi dan tidak memperhatikan keadaan dengan siapa dan dimana mereka menggunakan bahasa tersebut. Kalau hal itu sampai dibiarkan terus terjadi, maka sikap kesopanan berbahasa sebagai bentuk kesopanan terhadap orang yang lebih tua sudah terabaikan.

1.2.2 Rumusan Masalah

Dari ruang lingkup permasalahan tersebut di atas, dapatlah dirumuskan permasalahan pada penelitian ini sebagai berikut:

1) bagaimana karakteristik kosakata bahasa gaul sebagai tutur remaja di Indonesia yang tercermin dari dialog-dialog antartokoh film remaja Indonesia?

2) bagaimana bentukan kata bahasa gaul sebagai tutur remaja di Indonesia yang tercermin dari dialog-dialog antartokoh film remaja Indonesia?

3) bagaimana struktur bahasa gaul sebagai tutur remaja di Indonesia yang tercermin dari dialog-dialog antartokoh film remaja Indonesia?

4) bagaimana bentuk ungkapan, intonasi, dan pelafalan bahasa gaul sebagai tutur remaja di Indonesia yang tercermin dari dialog-dialog antartokoh film remaja Indonesia?

5) bagaimana distribusi bahasa gaul sebagai tutur remaja di Indonesia yang tercermin dari dialog-dialog antartokoh film remaja Indonesia?

1.3 Tujuan Penelitian

Secara umum, tujuan penelitian ini adalah untuk memeriksa pemakaian bahasa gaul dalam dialog antartokoh film remaja Indonesia. Secara khusus, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah:

1) mendiskripsikan karakteristik kosakata bahasa gaul sebagai tutur remaja di Indonesia yang tercermin dari dialog-dialog antartokoh film remaja Indonesia?

2) mendiskripsikan bentukan kata bahasa gaul sebagai tutur remaja di Indonesia yang tercermin dari dialog-dialog antartokoh film remaja Indonesia?

3) mendiskripsikan struktur bahasa gaul sebagai tutur remaja di Indonesia yang tercermin dari dialog-dialog antartokoh film remaja Indonesia?

4) mendiskripsikan bentuk ungkapan, intonasi, dan pelafalan bahasa gaul sebagai tutur remaja di Indonesia yang tercermin dari dialog-dialog antartokoh film remaja Indonesia?

5) mendiskripsikan distribusi bahasa gaul sebagai tutur remaja di Indonesia yang tercermin dari dialog-dialog antartokoh film remaja Indonesia?

1.4 Manfaat penelitian

Secara operasional, manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat teoristis yang diharapkan adalah memperkaya kajian sosiolinguistik khususnya tentang variasai bahasa, serta dapat menghasilkan deskripsi mengenai bahasa gaul sebagai bahasa remaja.

Manfaat prakatis yang dapat diharapkan dari penelitian ini adalah bagi guru khususnya yaitu untuk bahan pengajaran, bagi pembaca, penelitian ini dapat menambah pemahaman berbagai bahasa di dalam masyarakat, dan bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi awal dalam penelitian lain khususnya bidang sosiolinguistik.

1.5 Definisi Operasional

Definisi opersional penting ada dalam setiap penelitian agar tidak terjadi kesalahpahaman penafsiran terhadap istilah-istilah yang ada dalam sebuah penelitian. Adapun definisi operaional yang terdapat penelitain berjudul Pemakaian Bahasa Gaul Antartokoh dalam Film Remaja Indonesia Ada Apa Denagn Cinta dan Heart adalah :

1) Bahasa gaul adalah dialek nonformal baik berupa slang atau prokem yang digunakan oleh kalangan remaja (khususnya perkotaan), bersifat sementara, hanya berupa variasi bahasa, penggunaannya meliputi: kosakata, ungkapan, intonasi, pelafalan, pola, konteks serta distribusi.

2) Remaja didefinisikan sebagai masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa.Batasan usia remaja berbeda-beda sesuai dengan sosial budaya setempat.Menurut WHO (badan PBB untuk kesehatan dunia) batasan usia remaja adalah 12 sampai 24 tahun.Sedangkan dari segi program pelayanan, definisi remaja yang digunakan oleh Departemen Kesehatan adalah mereka yang berusia 10 sampai 19 tahun dan belum kawin.Sementara itu, menurut BKKBN (Direktorat Remaja dan Perlindungan Hak Reproduksi) batasan usia remaja adalah 10 sampai 21 tahun.

3) Film merupakan karya budaya yang di dalamnya mencangkup berbagai bidang kesenian yang lainnya sebagai perwujudan rasa, cipta, dan karsa manusia serta dapat berperan sebagai pembangunan pendidikan, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, serta persebaran informasi.

4) Film Remaja adalah karya seni yang menitikberatkan tema, tokoh, dan suasana remaja yang diangkat dalam sebuah film sekaligus remaja sebagai sasaran utamanya

5) Dialog antartokoh adalah bentuk komunikasi antartokoh dalam sebuah film yang ditulis oleh penulis scenario.

 

 

BAB II

KAJIAN PUSTAKA

2.1 Fungsi Sosial Bahasa dalam Masyarakat

Bahasa mempunyai peranan yang sangat penting dalam hidup manusia. Manusia sudah menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi antarsesamanya sejak berabad-abad silam. Bahasa hadir sejalan dengan sejarah sosial komunitas-komunitas masyarakat atau bangsa. Pemahaman bahasa sebagai fungsi sosial menjadi hal pokok manusia untuk mengadakan interaksi sosial dengan sesamanya.

Bahasa bersifat manasuka (arbitrer). Oleh karena itu, bahasa sangat terkait dengan budaya dan sosial ekonomi suatu masyarakat penggunanya. Hal ini memungkinkan adanya diferensiasi kosakata antara satu daerah dengan daerah yang lain.

Perkembangan bahasa tergantung pada pemakainya. Bahasa terikat secara sosial, dikontruksi, dan direkonstruksi dalam kondisi sosial tertentu daripada tertata menurut hukum yang diatur secara ilmiah dan universal. Oleh karena itu, bahasa dapat dikatakan sebagai keinginan sosial (Suara Karya, 2006)

Disamping fungsi sosial, bahasa tidak terlepas dari perkembangan budaya manusia. Bahasa berkembang sejalan dengan perkembangan budaya manusia. Bahasa dalam suatu masa tertentu mewadahi apa yang terjadi di dalam masyarakat. Sehingga, bahasa dapat disebut sebagai cermin zamannya.

 

12

Sumarsono dan Paini Partana dalam Sosiolinguistik (2006, hal) menyatakan bahwa bahasa sebagai produk sosial atau produk budaya. Bahasa tidak dapat dipisahkan dengan kebudayaan manusia. Sebagai produk sosial atau budaya, bahasa berfungsi sebagai wadah aspirasi sosial, kegiatan dan perilaku masyarakat, dan sebagai wadah penyingkapan budaya termasuk teknologi yang diciptakan oleh masyarakat pemakai bahasa itu.

Keraf (1980:3) yang menyatakan bahwa bahasa apabila ditinjau dari dasar dan motif pertumbuhannya, bahasa berfungsi sebagai (1) alat untuk menyatakan ekspresi diri, (2) alat komunikasi, (3) alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial, dan (4) alat untuk mengadakan kontrol sosial.

Bahasa sebagai alat untuk menyatakan ekspresi diri dipergunakan untuk mengkespresikan segala sesuatu yang tersirat di dalam pikiran dan perasaan penuturnya. Ungkapan pikiran dan perasaan manusia dipengaruhi oleh dua hal yaitu oleh keadaan pikiran dan perasaan itu sendiri. Ekspresi bahasa lisan dapat dilihat dari mimik, lagu/intonasi, tekanan, dan lain-lain. Ekspresi bahasa tulis dapat dilihat dengan diksi, pemakaian tanda baca, dan gaya bahasa. Ekspresi diri dari pembicaraan seseorang memperlihatkan segala keinginannya, latar belakang pendidikannya, sosial, ekonomi. Selain itu, pemilihan kata dan ekspresi khusus dapat menandai indentitas kelompok dalam suatu masyarakat.

Menurut Pateda (1987:4) bahwa bahasa merupakan saluran untuk menyampaikan semua yang dirasakan, dipikirkan, dan diketahui seseorang kepada orang lain. Bahasa juga memungkinkan manusia dapat bekerja sama dengan orang lain dalam masyarakat. Hal tersebut berkaitan erat bahwa hakikat manusia sebagai makhluk sosial memerlukan bahasa untuk memenuhi hasratnya.

Sebagai alat komunikasi, bahasa mempunyai fungsi sosial dan fungsi kultural. Bahasa sebagai fungsi sosial adalah sebagai alat perhubungan antaranggota masyarakat. Sedangkan sebagai aspek kultural, bahasa sebagai sarana pelestarian budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya. Hal ini meliputi segala aspek kehidupan manusia yang tidak terlepas dari peranan kehidupan manusia yang tidak terlepas dari peranan bahasa sebagai alat untuk memperlancar proses sosial manusia.

Bahasa berperan meliputi segala aspek kehidupan manusia. Termasuk salah satu peran tersebut adalah untuk memperlancar proses sosial manusia. Hal ini sejalan dengan pendapat Nababan (1984:38) bahwa bahasa adalah bagian dari kebudayaan dan bahasalah yang memungkinkan pengembangan kebudayaan sebagaimana kita kenal sekarang.

Bahasa dapat pula berperan sebagai alat integrasi sosial sekaligus alat adaptasi sosial, hal ini mengingat bahwa bangsa Indonesia memiliki bahasa yang majemuk. Kemajemukan ini membutuhkan satu alat sebagai pemersatu keberseragaman tersebut. Di sinilah fungsi bahasa sangat diperlukan sebagai alat integrasi sosial. Bahasa disebut sebagai alat adaptasi sosial apabila seseorang berada di suatu tempat yang memiliki perbedaan adat, tata krama, dan aturan-aturan dari tempatnya berasal. Proses adaptasi ini akan berjalan baik apabila terdapat sebuah alat yang membuat satu sama lainnya mengerti, alat tersebut disebut bahasa. Dari uraian ini dapat kita tarik kesimpulan bahwa bahasa merupakan sesuatu yang sangat penting bagi manusia.

Kartomiharjo (1982:1) menguraikan bahwa salah satu butir sumpah pemuda adalah menjunjung tinggi bahasa persatuan,bahasa Indonesia. Dengan dengan demikian bahasa dapat mengikat anggota-anggota masyarakat pemakai bahasa menjadi masyarakat yang kuat, bersatu, dan maju.

2.2 Variasi Bahasa

Manusia merupakan mahluk sosial. Manusia melakukan interaksi, bekerja sama, dan menjalin kontak sosial di dalam masyarakat. Dalam melakukan hal tersebut, manusia membutuhkan sebuah alat komunikasi yang berupa bahasa. Bahasa memungkinkan manusia membentuk kelompok sosial, sebagai pemenuhan kebutuhannya untuk hidup bersama.

Dalam kelompok sosial tersebut manusia terikat secara individu. Keterikatan individu-individu dalam kelompok ini sebagai identitas diri dalam kelompok tersebut. Setiap individu adalah anggota dari kelompok sosial tertentu yang tunduk pada seperangkat aturan yang disepakati dalam kelompok tersebut. Salah satu aturan yang terdapat di dalamnya adalah seperangkat aturan bahasa.

Bahasa dalam lingkungan sosial masyarakat satu dengan yang lainnya berbeda. Dari adanya kelompok-kelompok sosial tersebut menyebabkan bahasa yang dipergunakan bervariasi. Kebervariasian bahasa ini timbul sebagai akibat dari kebutuhan penutur yang memilih bahasa yang digunakan agar sesuai dengan situasi konteks sosialnya. Oleh karena itu, variasi bahasa timbul bukan karena kaidah-kaidah kebahasaan, melainkan disebabkan oleh kaidah-kaidah sosial yang beraneka ragam.

Lebih sederhana, Sumarsana dan Partana (2000: hal ?) mencoba mengelompokkan apakah dua bahasa merupakan dialek atau subdialek atau hanya sekedar dua variasi saja, dapat ditentukan dengan mencari kesamaan kosakatanya. Jika persamaannya hanya 20 % atau kurang, maka keduanya adalah dua bahasa. Tetapi kalau bisa mencapai 40%-60%, maka keduanya dua dialek; dan kalau mencapai 90% misalnya, jelas keduanya hanyalah dua variasi dari sebuah bahasa.

Dalam variasi bahasa setidaknya terdapat tiga hal, yaitu pola-pola bahasa yang sama, pola-pola bahasa yang dapat dianalis secara deskriptif, dan pola-pola yang dibatasi oleh makna tersebut dipergunakan oleh penuturnya untuk berkomunikasi. Di samping itu, variasi bahasa dapat dilihat dari enam segi, yaitu tempat, waktu, pemakai, situasi, dialek yang dihubungkan dengan sapaan, status, dan pemakaiannya/ragam (Pateda, 1987: 52)

Tempat dapat menjadikan sebuah bahasa bervariasi. Yang dimaksud dengan tempat di sini adalah keadaan tempat lingkungan yang secara fisik dibatasi oleh sungai, lautan, gunung, maupun hutan. Kebervariasian ini mengahsilkan adanya dialek, yaitu bentuk ujaran setempat yang berbeda-beda namun masih dipahami oleh pengguna dalam suatau masyarakat bahasa walaupun terpisah secara geografis.

Variasi bahasa dilihat dari segi waktu secara diakronis (historis) disebut juga sebagai dialek temporal. Dialek tersebut adalah dialek yang berlaku pada kurun waktu tertentu. Perbedaan waktu itu pulalah yang menyebabkan perbedaan makna untuk kata-kata tertentu. Hal ini disebabkan oleh karena bahasa mengikuti perkembangan masyarakat pemakai bahasanya. Itulah mengapa bahasa bersifat dinamis, tidak statis.

Dari segi pemakai, bahasa dapat menimbulkan kebervariasian juga. Istilah pemakai di sini adalah orang atau penutur bahasa yang bersangkutan. Variasi bahasa dilihat dari segi penutur oleh Pateda (1987: 52)dibagi menjadi tujuh, yaitu glosolalia (ujaran yang dituturkan ketika orang kesurupan), idiolek (berkaitan dengan aksen, intonasi, dsb), kelamin, monolingual (penutur bahasa yang memakai satu bahsa saja), rol (peranan yang dimainkan oleh seorang pembicara dalam interaksi sosial), status sosial, dan umur.

Variasi bahasa dilihat dari segi situasi akan memunculkan bahasa dalam situasi resmi dan bahasa yang dipakai dalam tidak resmi. Dalam bahasa resmi, bahasa yang digunakan adalah bahasa standar. Kesetandaran ini disebabkan oleh situasi keresmiannya. Sedangkan dalam situasi tidak resmi ditandai oleh keintiman.

Bahasa menurut statusnya meliputi status bahasa itu sendiri. Hal ini berarti bahwa bagaimanakah fungsi bahasa itu serta peraanan apa yang disandang oleh bahasa. Sebuah bahasa, bahasa Indonesia, dapat memiliki berbagai macam status apakah ia sebagai bahasa ibu, bahasa nasional, bahasa resmi, bahasa pemersatu, atau bahasa negara.

Sedangkan Kridalaksana (1984: 142) mengemukakan bahwa ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaiannya yang dibedakan menurut topik, hubungan pelaku, dan medium pembicaraan. Jadi ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaianya, yang timbul menurut situasi dan fungsi yang memungkinkan adanya variasi tersebut.

Ragam bahasa menurut topik pembicaraan mengacu pada pemakaian bahasa dalam bidang tertentu, seperti, bidang jurnalistik (persuratkabaran), kesusastraan, dan pemerintahan. Ragam bahasa menurut hubungan pelaku dalam pembicaraan atau gaya penuturan menunjuk pada situasi formal atau informal. Medium pembicaraan atau cara pengungkapan dapat berupa sarana atau cara pemakaian bahasa, misalnya bahasa lisan dan bahasa tulis. Sehingga, masing-masing ragam bahasa memiliki ciri-ciri tertentu, sehingga ragam yang satu berbeda dengan ragam yang lain.

Pemakaian ragam bahasa perlu penyesuaian antara situasi dan fungsi pemakaian. Hal ini sebagai indikasi bahwa kebutuhan manusia terhadap sarana komunikasi juga bermacam-macam. Untuk itu, kebutuhan sarana komunikasi bergantung pada situasi pembicaraan yang berlangsung. Dengan adanya keanekaragaman bahasa di dalam masyarakat, kehidupan bahasa dalam masyarakat dapat diketahui, misalnya berdasarkan jenis pendidikan atau jenis pekerjaan seseorang, bahasa yang dipakai memperlihatkan perbedaan.

Sebuah komunikasi dikatakan efektif apabila setiap penutur menguasi perbedaan ragam bahasa. Dengan penguasaan ragam bahasa, penutur bahasa dapat dengan mudah mengungkapkan gagasannya melalui pemilihan ragam bahasa yang ada sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu, penguasaan ragam bahasa termasuk bahasa gaul remaja menjadi tuntutan bagi setiap penutur, mengingat kompleksnya situasi dan kepentingan yang masing-masing menghendaki kesesuaian bahasa yang digunakan.

2.3 Bahasa Gaul, Slang, dan Prokem

Terdapat dua situasi yang menggolongkan pemakaian bahasa di dalam masyarakat, yaitu situasi resmi dan tidak resmi. Bahasa yang digunakan pada situasi resmi menuntut penutur untuk menggunakan bahasa baku, bahasa formal. Penggunaan bahasa resmi terutama disebabkan oleh keresmian suasana pembicaraan atau komunikasi tulis yang menuntut adanya bahasa resmi. Contoh suasana pembicaraan resmi adalah pidato, kuliah, rapat, ceramah umum, dan lain-lain. Dalam bahasa tulis bahasa resmi banyak digunakan dalam surat dinas, perundang-undangan, dokumentasi resmi, dan dan lain-lain.

Situasi tidak resmi akan memunculkan suasana penggunaan bahasa tidak resmi juga. Kuantitas pemakian bahasa tidak resmi banyak tergantung pada tingkat keakraban pelaku yang terlibat dalam komunikasi. Dalam situasi tidak resmi, penutur bahasa tidak resmi mengesampingkan pemakaian bahasa baku atau formal. Kaidah dan aturan dalam bahasa bahasa baku tidak lagi menjadi perhatian. Prinsip yang dipakai dalam bahasa tidak resmi adalah asal orang yang diajak bicara bisa mengerti. Situasi semacam ini dapat terjadi pada situasi komunikasi remaja di sebuah mal, interaksi penjual dan pembeli, dan lain-lain. Dari ragam tidak resmi tersebut, selanjutnya memunculkan istilah yang disebut dengan istilah bahasa gaul.

Ismail Kusmayadi (Pikiran Rakyat, 2006) mengkawatirkan terkikisnya bahasa Indonesia yang baik dan benar di tengah arus globalisasi. Kecenderungan masyarakat ataupun para pelajar menggunakan bahasa asing dalam percakapan sehari-hari semakin tinggi. Dan yang lebih parah makin berkembangnya bahasa slank atau bahasa gaul yang mencampuradukkan bahasa daerah, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

Saat ini bahasa gaul telah banyak terasimilasi dan menjadi umum. Bahasa gaul sering digunakan sebagai bentuk percakapan sehari-hari dalam pergaulan di lingkungan sosial bahkan dalam media-media populer serperti TV, radio, dunia perfilman nasional, dan digunakan sebagai publikasi yang ditujukan untuk kalangan remaja oleh majalah-majalah remaja populer. Oleh sebab itu, bahasa gaul dapat disimpulkan sebagai bahasa utama yang digunakan untuk komunikasi verbal oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti halnya bahasa lain, bahasa gaul juga mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut dapat berupa penambahan dan pengurangan kosakata. Tidak sedikit kata-kata yang akan menjadi kuno (usang) yang disebabkan oleh tren dan perkembangan zaman. Maka dari itu, setiap generasi akan memiliki ciri tersendiri sebagai identitas yang membedakan dari kelompok lain. Dalam hal ini, bahasalah sebagai representatifnya.

Dari segi fungsinya, bahasa gaul memiliki persamaan anatara slang, dan prokem. Kosa kata bahasa remaja banyak diwarnai oleh bahasa prokem, bahasa gaul, dan istilah yang pada tahun 1970-an banyak digunakan oleh para pemakai narkoba (narkotika, obat-obatan dan zat adiktif). Hampir semua istilah yang digunakan bahasa rahasia di antara mereka yang bertujuan untuk menghindari campur tangan orang lain. Bahasa gaul remaja merupakan bentuk bahasa tidak resmi (Nyoman Riasa, 2006)

Oleh karenanya bahasa gaul remaja berkembang seiring dengan perkembangan zaman, maka bahasa gaul dari masa ke masa berbeda. Tidak mengherankan apabila bahasa gaul remaja digunakan dalam lingkungan dan kelompok sosial terbatas, yaitu kelompok remaja. Hal ini berarti bahwa bahasa gaul hanya digunakan pada kelompok sosial yang menciptakannya. Anggota di luar kelompok sosial tersebut sulit untuk memahami makna bahasa tersebut.

Fathuddin (1999: i) mengungkapkan bahwa slang merupakan bahasa gaul yang hidup dalam masyarakat petutur asli dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam obrolan antar teman, atau dalam media seperti teve, film dan besar kemungkinan dalam novel saat memaparkan suasana sosial tertentu.

Selanjutnya, Alwasilah (1993: 47) menyatakan bahwa penggunaan slang adalah memperkaya kosa kata bahasa dengan mengkomunikasikan kata-kata lama dengan makna baru. Pemakaian slang dengan kosakata yang sama sekali baru sangat jarang ditemui. Slang merupakan kawasan kosakata, bukan gramar atau pengucapan.

Bahasa Slang oleh Kridalaksana (1982:156) dirumuskan sebagai ragam bahasa yang tidak resmi dipakai oleh kaum remaja atau kelompok sosial tertentu untuk komunikasi intern sebagai usaha orang di luar kelompoknya tidak mengerti, berupa kosa kata yang serba baru dan berubah-ubah. Hal ini sejalan dengan pendapat Alwasilah (1985:57) bahwa slang adalah variasi ujaran yang bercirikan dengan kosa kata yang baru ditemukan dan cepat berubah, dipakai oleh kaum muda atau kelompok sosial dan profesional untuk komunikasi di dalamnya.

Slang digunakan sebagai bahasa pergaulan. Kosakata slang dapat berupa pemendekan kata, penggunaan kata alam diberi arti baru atau kosakata yang serba baru dan berubah-ubah. Disamping itu slang juga dapat berupa pembalikan tata bunyi, kosakata yang lazim diapakai di masyarakat menjadi aneh, lucu, bahkan ada yang berbeda makna sebenarnya.

Bahasa prokem biasa juga disebut sebagai bahasa sandi, yaitu bahasa yang dipakai dan digemari oleh kalangan remaja tertentu (Laman Pusat Bahasa dan Sastra, 2004). Sarana komunikasi seperti ini diperlukan oleh kalangan remaja untuk menyampaikan hal-hal yang dianggap tertutup bagi kelompok lain atau agar pihak lain tidak dapat mengetahui apa yang sedang dibicarakannya. Bahasa prokem itu tumbuh dan berkembang sesuai dengan latar belakang sosial budaya pemakainya. Tumbuhkembang bahasa seperti itu selanjutnya disebut sebagai perilaku bahasa dan bersifat universal. Artinya bahasa-bahasa seperti itu akan ada pada kurun waktu tertentu (temporal) dan di dunia mamapun sifatnya akan sama (universal).

Kosakata bahasa prokem di Indonesia diambil dari kosakata bahasa yang hidup di lingkungan kelompok remaja tertentu. Pembentukan kata dan maknanya sangat beragam dan bergantung pada kreativitas pemakainya. Bahasa prokem berfungsi sebagai ekspresi rasa kebersamaan para pemakainya. Selain itu, dengan menggunakan bahasa prokem, mereka ingin menyatakan diri sebagai anggota kelompok masyarakat yang berbeda dari kelompok masyarakat yang lain.

Kehadiran bahasa prokem itu dapat dianggap wajar karena sesuai dengan tuntutan perkembangan nurani anak usia remaja. Masa hidupnya terbatas sesuai dengan perkembangan usia remaja. Selain itu, pemakainnya pun terbatas pula di kalangan remaja kelompok usia tertentu dan bersifat tidak resmi. Jika berada di luar lingkungan kelompoknya, bahasa yang digunakannya beralih ke bahasa lain yang berlaku secara umum di lingkungan masyarakat tempat mereka berada. Jadi, kehadirannya di dalam pertumbuhan bahasa Indonesia ataupun bahasa daerah tidak perlu dirisaukan karena bahasa itu masing-masing akan tumbuh dan berkembang sendiri sesuai dengan fungsi dan keperluannya masing-masing.

2.5 Sejarah Pemakaian Bahasa Gaul

Bahasa prokem awalnya digunakan para preman yang kehidupannya dekat dengan kekerasan, kejahatan, narkoba, dan minuman keras. Istilah-istilah baru mereka ciptakan agar orang-orang di luar komunitas tidak mengerti. Dengan begitu, mereka tidak perlu lagi sembunyi-sembunyi untuk membicarakan hal negatif yang akan maupun yang telah mereka lakukan (Laman Wilkipedia Indonesia, 2005).

Para preman tersebut menggunakan bahasa prokem di berbagai tempat. Pemakaian bahasa tersebut tidak lagi pada tempat-tempat khusus, melainkan di tempat umum. Lambat laun, bahasa tersebut menjadi bahasa yang akrab di lingkungan sehari-hari, termasuk orang awam sekalipun dapat menggunakan bahasa sandi terebut.

Karena begitu seringnya mereka menggunakan bahasa sandi tersebut di berbagai tempat, lama-lama orang awam pun mengerti maksud bahasa tersebut. Akhirnya mereka yang bukan preman pun ikut-ikutan menggunakan bahasa ini dalam obrolan sehari-hari sehingga bahasa prokem tidak lagi menjadi bahasa rahasia.

Sebuah artikel di Kompas berjudul So What Gitu Loch….(2006: 15) menyatakan bahwa bahasa prokem atau bahasa okem sebenarnya sudah ada sejak 1970-an. Awalnya istilah-istilah dalam bahasa gaul itu untuk merahasiakan isi obrolan dalam komunitas tertentu. Oleh karena sering digunakan di luar komunitasnya, lama-lama istilah-istilah tersebut jadi bahasa sehari-hari.

Lebih lanjut, dalam artikel tersebut juga disebutkan bahwa pada tahun 1970-an, kaum waria juga menciptakan bahasa rahasia mereka. Pada perkembangannya, para waria atau banci lebih rajin berkreasi menciptakan istilah-istilah baru yang kemudian ikut memperkaya khasanah perbendaharaan bahasa gaul.

Kosakata bahasa gaul yang berkembang belakangan ini sering tidak beraturan dan cenderung tidak terumuskan. Bahkan kita tidak dapat mempredeksi bahasa apakah yang berikutnya akan menjadi bahasa gaul.

Pada mulanya pembentukan bahasa slang, prokem, cant, argot, jargon dan colloquial di dunia ini adalah berawal dari sebuah komunitas atau kelompok sosial tertentu yang berada di kelas atau golongan bawah (Alwasilah, 2006:29). Lambat laun oleh masyarakat akhirnya bahasa tersebut digunakan untuk komunikasi sehari-hari.

Terdapat berbagai alasan kenapa masyarakat tersebut menggunakan bahasa-bahasa yang sulit dimengerti oleh kelompok atau golongan sosial lainnya. Alasan esensialnya adalah sebagai identitas sosial dan merahasiakan sesuatu dengan maksud orang lain atau kelompok luar tidak memahami.

Kompas (2006: 50) menyebutkan bahwa bahasa gaul sebenarnya sudah ada sejak tahun 1970an. Awalnya istilah-istilah dalam bahasa gaul itu digunakan untuk merahasiakan isi obrolan dalam komunitas tertentu. Tapi karena intensitas pemakaian tinggi, maka istilah-istilah tersebut menjadi bahasa sehari-hari.

Hal ini sejalan dengan laman Wilimedia Ensiklopedi Indonesia (2006), yang menyatakan bahwa bahasa gaul merupakan salah satu cabang dari bahasa Indonesia sebagai bahasa untuk pergaulan. Istilah ini mulai muncul pada akhir ahun 1980-an. Pada saat itu bahasa gaul dikenal sebagai bahasa para bajingan atau anak jalanan disebabkan arti kata prokem dalam pergaulan sebagai preman. Lebih lanjut dalam Pikiran Rakyat, tercatat bahwa bahasa gaul pada awalnya merupakan bahasa yang banyak digunakan oleh kalangan sosial tertentu di Jakarta, kemudian secara perlahan merambah kalangan remaja terutama di kota-kota besar.

Dalam sebuah milis (2006) disebutkan bahwa bahasa gaul memiliki sejarah sebelum penggunaannya popular seperti sekarang ini. Sebagai bahan teori, berikut adalah sejarah kata bahasa gaul tersebut:

1). Nih Yee...
           Ucapan ini terkenal di tahun 1980-an, tepatnya November 1985. pertama kali yang mengucapkan kata tersebut adalah seorang pelawak bernama Diran. Selanjutnya dijadikan bahan lelucon oleh Euis Darliah dan popular hingga saat ini.
2) Memble dan Kece
           Dalam milis tersebut dinyatakan bahwa kata memble dan kece merupakan kata-kata ciptaan khas Jaja Mihardja. Pada tahun 1986, muncul sebuah film berjudul Memble tapi Kece yang diperankan oleh Jaja Mihardja ditemani oleh  Dorce Gamalama.
3) Booo....
           Kata ini popular pada pertengahan awal 1990-an. Penutur pertama kata Boo…adalah grup GSP yang beranggotakan Hennyta Tarigan dan Rina Gunawan. Kemudian kata-kata dilanjutkan oleh Lenong Rumpi dan menjadi popular di lingkungan pergaulan kalangan artis. Salah seorang artis bernama Titi DJ kemudian disebut sebagai artis yang benar-benar mempopulerkan kata ini.
4) Nek...
           Setelah kata Boo... popular, tak lama kemudian muncul kata-kata Nek... yang dipopulerkan anak-anak SMA di pertengahan 90-an. Kata Nek... pertama kali di ucapkan oleh Budi Hartadi seorang remaja di kawasan kebayoran yang tinggal bersama neneknya. Oleh karena itu, lelaki yang latah tersebut  sering mengucapkan kata  Nek... 
5) Jayus
           Di akhir dekade 90-an dan di awal abad 21, ucapan jayus sangat popular. Kata ini dapat berarti sebagai ‘lawakan yang tidak lucu’, atau ‘tingkah laku yang disengaca untuk menarik perhatian, tetapi justru membosankan’. Kelompomk yang pertama kali mengucapkan kata ini adalah kelompok anak SMU yang bergaul di kitaran Kemang.
           Asal mula kata ini dari Herman Setiabudhi. Dirinya dipanggil oleh teman-temannya Jayus. Hal ini karena ayahnya bernama Jayus Kelana, seorang pelukis di kawasan Blok M. Herman atau Jayus selalu melakukan hal-hal yang aneh-aneh dengan maksud mencari perhatian, tetapi justru menjadikan bosan teman-temannya. Salah satu temannya bernama Sonny Hassan atau  Oni Acan sering memberi komentar jayus kepada Herman. Ucapan Oni Acan inilah yang kemudian diikuti teman-temannya di daerah Sajam, Kemang lalu kemudian merambat populer di lingkungan anak-anak SMU sekitar.
6. Jaim
           Ucapan jaim ini di populerkan oleh Bapak Drs. Sutoko Purwosasmito, seorang pejabat di sebuah departemen, yang selalu mengucapkan kepada anak buahnya untuk menjaga tingkah laku atau menjaga image.
 itu
7. Gitu Loh...(GL)
           Kata GL pertama kali diucapin oleh Gina Natasha seorang remaja SMP di kawasan Kebayoran. Gina mempunyai seorang  kakak bernama Ronny Baskara seorang pekerja event organizer. Sedangkan Ronny punya teman kantor bernama Siska Utami. Suatu hari Siska bertandang ke rumah Ronny. Ketika dia bertemu Gina, Siska bertanya dimana kakaknya, lantas Gina ngejawab di kamar, Gitu Loh. Esoknya si Siska di kantor ikut-ikutan latah dia ngucapin kata Gitu Loh...di tiap akhir pembicaraan.

2.4 Ciri- ciri Bahasa Gaul

Ragam bahasa ABG memiliki ciri khusus, singkat, lincah dan kreatif. Kata-kata yang digunakan cenderung pendek, sementara kata yang agak panjang akan diperpendek melalui proses morfologi atau menggantinya dengan kata yang lebih pendek seperti ‘permainan – mainan, pekerjaan – kerjaan.

Kalimat-kalimat yang digunakan kebanyakan berstruktur kalimat tunggal. Bentuk-bentuk elip juga banyak digunakan untuk membuat susunan kalimat menjadi lebih pendek sehingga seringkali dijumpai kalimat-kalimat yang tidak lengkap. Dengan menggunakan struktur yang pendek, pengungkapan makna menjadi lebih cepat yang sering membuat pendengar yang bukan penutur asli bahasa Indonesia mengalami kesulitan untuk memahaminya. (Nyoman Riasa)

1. Tambahan awalan ko.

Awalan ko bisa dibilang sebagai dasar pembentukan kata dalam bahasa okem. Caranya, setiap kata dasar, yang diambil hanya suku kata pertamanya. Tapi suku kata pertama ini huruf terakhirnya harus konsonan. Misalnya kata preman, yang diambil bukannya pre tapi prem. Setelah itu tambahi awalan ko, maka jadi koprem. Kata koprem ini kemudian dimodifikasi dengan menggonta-ganti posisi konsonan sehingga prokem. Dengan gaya bicara anak kecil yang baru bisa bicara, kata prokem lalu mengalami perubahan bunyi jadi okem. (komasp)

2. Kombinasi e + ong

Kata bencong itu bentukan dari kata banci yang disisipi bunyi e dan ditambah akhiran ong. Huruf vokal pada suku kata pertama diganti dengan e. Huruf vokal pada suku kata kedua diganti ong.

3. Tambahan sisipan Pa/pi/pu/pe/po

Setiap kata dimodifikasi dengan penambahan pa/pi/pu/pe/po pada setiap suku katanya. Maksudnya bila suku kata itu bervokal a, maka ditambahi pa, bila bervokal i ditambahi pi, begitu seterusnya.

2.5 Distribusi Geografis Bahasa Gaul

Bahasa gaul umumnya digunakan di lingkungan perkotaan. Terdapat cukup banyak variasi dan perbedaan dari bahasa gaul bergantung pada kota tempat seseorang tinggal, utamanya dipengaruhi oleh bahasa daerah yang berbeda dari etnis-etnis yang menjadi penduduk mayoritas dalam kota tersebut. Sebagai contoh, di Bandung, Jawa Barat, perbendaharaan kata dalam bahasa gaulnya banyak mengandung kosakata-kosakata yang berasal dari bahasa sunda.

BAB III

3. 1 Jenis Penelitian

Penelitian tentang Pemakaian bahasa gaul antartokoh film remaja Indonesia ini berkaitan dengan suatu gejala kebahasaan yang sifatnya alamiah. Artinya data yang dikumpulkan berasal dari lingkungan nyata dan situasi apa adanya, yaitu dialog antartokoh film. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hal ini disebabkan oleh karena data yang terkumpul dan dianalisis dipaparkan secara deskriptif .

Metode penelitian deskriptif berbeda dengan metode perskriptif. Metode penelitian deskriptif memiliki beberapa ciri, antara lain (1) tidak mempermasalahkan benar atau salah objek yang dikaji, (2) penekanan pada gejala aktual atau pada yang terjadi pada saat penelitian dilakukan, dan (3) biasanya tidak diarahkan untuk menguji hipotesis. Begitu sebaliknya dengan metode penelitian perspkriptif.

Hal ini sejalan dengan pendapat Arikunto (1990: 194) yang menyatakan bahwa penelitian deskriptif tidak dimaksudkan untuk menguji suatu hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel, gejala atau keadaan. Dalam penelitian ini, data yang terkumpul berupa kata-kata dan dalam bukan dalam bentuk angka. Maka dari itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Alasan lain bahwa penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif adalah (1) penyajian hasil penelitian ini berupa penjabaran tentang objek, (2) pengumpulan data dengan latar alamiah, (3) peneliti menjadi instrument utama.

3. 2 Subjek Penelitian

Berkaitan dengan hal di atas, yang dikaji dalam penelitian ini adalah pemakaian bahasa gaul remaja dalam dialog antartokoh film remaja Indonesia. Hal tersebut meliputi pola bentuk morfologis dan pola makna bahasa gaul tersebut. Sedangkan subjek dari penelitian ini adalah tokoh-tokoh film remaja ketika berdialog

3. 3. Data Penelitian dan Sumber Data

Data dari penelitian ini berupa kata yang digunakan dalam berkomunikasi antarsatu tokoh dengan tokoh yang lainnya. Sumber data dari penelitian ini adalah percakapan antartokoh sebagai interaksi komunikasi.

3. 4 Instrumen Penelitian

Peneliti disebut sebagai human interest mana kala peneliti tersebut berperan sebagai sebagai instrument utama. Di dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai peneliti utama. Sebagai instrument tambahan atau pelengkapnya, peneliti dibantu dengan perlengkapan computer dan CD atau DVD film remaja Indonesia.

3. 5 Teknik Pengumpulan Data

Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik observasi sebagai teknik utama. Observasi dilakukan dengan cara simak-catat, yaitu peneliti mencatat data bahasa dan konteksnya yang meliputi (1) topiknya, (2) suasananya, (3) tempat pembicaraan, serta (4) lawan bicaranya.

Melalui teknik observasi, dengan cara pengamatan partisipan oleh peneliti sendiri, maka akan diperoleh data yang wajar dan alami. Berikut adalah hal-hal yang diperlukan dalam observasi (1) gambaran keadaan tempat dan ruang berlangsungnya pembicaraan, (2) pelaku-pelaku yang terlibat, (3) aktivitas atau kegiatan saat berlangsungnya percakapan, dan (4) topik dari isi pembicaraan. Selanjutnya, observasi dalam penelitian ini meliputi

a) Persiapan

Persiapan ini adalah tahap paling awal dari observasi. Tahap persiapan ini dimulai dari mempersiapkan peralatan dan perlengkapan untuk mencatat situasi atau keadaan percakapan yang tengah berlangsung. Peralatan dan perlengkapan yang dimaksud berupa alat-alat tulis untuk mencatat.

b) pelaksanaan

Tahap pelaksanaan dalam penelitian ini dilakukan secara bertahap. Artinya, data yang berhasil tercatat pada tahap pertama, akan diulangi lagi pada tahap berikutnya untuk menentukan informasi tambahan. Tahap pertama dalam pelaksanaan ini selanjutnya disebut sebagai tahap eksplorasi, yaitu proses pencatatan data penelitian dari dialog antartokoh dalam filmremaja. Tahap kedua disebut sebagai tahap terseleksi. Tahap ini dilakukan pemutaran ulang film untuk mendapatkan informasi yang khusus serta pengecekan dalam kamus bahasa gaul.

c) pemantapan observasi

Langkah terakhir dari pengumpulan data ini adalah pemantapan observasi. Pemantapan observasi ini berupa pengecekan ulang data-data yang sudah berhasil terekam. Kegiatan pemantapan ini dilaksanakan beberapa kali sampai benar-benar memperoleh data yang memadai.

3.6 Teknik Analisa Data

Teknik deskriptif yang dipakai dalam penelitian ini menghasilkan tiga macam analisis data, yaitu sebagai berikut:

1. Menganalisis pemakaian bahasa gaul dalam film remaja Indonesia

Pemakaian bahasa gaul tersebut meliputi:

a) bahasa yang digunakan

b) konteks yang terdapat dalam komunikasi tersebut

c) hubungan antara unsur-unsur linguistik

2. Pengklasifikasian bahasa gaul remaja berdasarkan bentuk dan kelasnya

a) bentuk verbal kebahasaannya

b) proses pembentukannya

About these ads

242 Komentar »

  1. Fera Said:

    Tolong kirim e-mail tentang pembahasan penelitian ini.trims

  2. ILDA Said:

    tolong kirimin aku daftar pustaka penelitian ini. Thanx

  3. Furqon Said:

    Aq tertarik bgt ma penelitian ini. kl bs tlng kirim seluruh hasil penelitian ini termasuk bab pembehasan dan daftar pustakanya. kl bs cepat ya …. kirim ja ke soehoc_gie@yahoo.com

  4. zia Said:

    Wah keren nih penelitiannya..
    klo boleh saya mau lihat pembahasannya..
    jika tidak keberatan tolong kirim ke email saya..ziiia_oing@yahoo.com
    terima kasih

  5. Thaya Said:

    Aku tertarik banget sama penelitian ini. kalo bisa tolong kirim seluruh hasil penelitian ini termasuk bab pembahasan dan daftar pustakanya. Aku tunggu ya ……….. Thx

    • rini santoso Said:

      kirimi daftar pu$taka

  6. niya Said:

    Bis, Gobis.. Akiu nyilih daptar puztaka moe yo.
    kapan ngopi bareng, Somad Says.
    salam gemplang bersama.

  7. Rabetsa Kariono Said:

    Salam
    Tolong kirimkan contoh skripsi linguistik sebagai bahan referensi dalam penulisan skripsi saya.
    anda dapat mengirimkannya ke alamat email saya yaitu obetdoel20033@yahoo.com.

    Bantuannya, saya ucapkan terima kasih.

  8. sasa Said:

    bagus tapi kuarang bagus ???

  9. nafis Said:

    tolng kirim email ini lengkap dg daftar pustakanya, ke lamat email saya, sebagai inspirasi dalam penulisan penelitian saya.. tolong sebelum akhir maret yah

  10. martini Said:

    pembahsannya bagus. Pertanyaan saya gimana caranya bisa nonton premier film-film Indonesia? trims atas jawabannya. Balas ke email saya ya……tinigsm@yahoo.co.id

  11. Rabetsa Kariono Said:

    Aku seneng banget sama penelitian ini. kalo bisa tolong kirim seluruh hasil penelitian ini termasuk bab pembahasan dan daftar pustakanya ke email aku (obetdoel20033@yahoo.com)
    Thx

  12. pepi Said:

    bisa kirim ke emailku ga,pembahasannya. aku juga lagi penelitian soal bahasa gaul tapi dengan media SMS.tolong ya!!!!

  13. pepi Said:

    sory ketinggalan emailku goforealgirl@yahoo.com.thx ya

  14. arum Said:

    wah…thx god…akhirnya aq bs dpt jg teori tmbhn tntg bhasa slang,duh aq sgt amat mnta tlg blh ga tlg krimin aq daftar pustaka pnlitian ini,cz skrg aq lg skripsi dgn judul “HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN BAHASA SLANG PADA IKLAN RADIO DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA KONSUMEN REMAJA”PLEASE….PLEASE MINGGU INI TRAKIR DEADLINEQ….PLEASE…AQ ANAK PSIKOLOGI…PLEASE…NTAR KL AQ LULUS AQ JANJI AQ AKAN TEMUIN LANGSUNG UNTUK BERTERIMAKASIH…

  15. arum Said:

    MAV KTINGGALAN EMAILQ arume_huggy@yahoo.com,pls…..help me thx a lot…

  16. ade gantenk bukittinggi Said:

    au ah !!!!!!!
    yang pentink gw kangen banget ma cewek pujaan hati gw
    NIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII……………………………………………………………….IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII…………………………………IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII………………………………………………..IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA………………………………..AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  17. citra Said:

    tertarik banget ama bahasannya..
    bisa minta tolong hasil penelitian ama yang paling penting daftar pustakanya…

    penting bgt…

    thx before ….

    email :
    dwicitra_y@yahoo.co.id

    • karolina Said:

      saya pingin lanjutan skripsi bahasa gaul remaja indonesia

  18. aris Said:

    sip banget nih penelitiannya, kebetulan aku lagi nyari artikel ini. Tolong kirim semua hasil penelitian sam daftar pustakanya ke damai_5@yahoo.com. Please…help me…tolong ya…

  19. BEMO Said:

    menurut inyong boso gaul iku enak banget dinggo speak lantaran loba jalma anu make boso gaul………. inyong mulih disik yaaaaaaaaaaaaaaa…….

  20. anja Said:

    Gw tertarik abizz ma penelitian ini.. Tolong kirimin lengkap ama daftar pustakanya ke email gw yach… Coz, bisa jadi referensi yang bagus buanget.. Thx y kk..(^_^)

    • aris kusyana Said:

      sama w jg tertarik bgt ma penelitian ini,di jawa barat

  21. anja Said:

    Uups lupa ne alamat emailnya k’ bizarre.hermione@gmail.com
    Thx b4

  22. tycha Said:

    penelitiannya bagus banget, tolong kirimin lengkap beserta daftar pustakanya ya…..Makasih

  23. ancha Said:

    aku tertarik baget dengan hal ini, tolong yang lengkap. thx b4

  24. diyah Said:

    aku jg mau liat pembahasannya donk,,kirim ke sukaungubgt@yahoo.com yaaa
    makasiihhh

  25. Ratih Said:

    Saya saat ini akan menyusun skripsi, rencananya judul skripsi saya itu mengenai penyimpangan penerapan bahasa jurnalistik pada media massa cetak khusus remaja, studi kasus terhadap penggunakaan “bahasa gaul” pada suplemen Belia di Harian Umum Pikiran Rakyat. Kalo ada pertanyaan, boleh ya saya bertanya soal bahasa gaul ini.
    Terima kasih.

  26. ndeZo Said:

    gw mo bikin tugas ni tolong dnk ditambah pembahasannya trus dilengkapi ya tyus kirim ke eLiyasweetcookiest@yahoo.co.id yaaa………
    makacyyy

  27. LhEY Said:

    bagus bangedh bahasannya, Mbak. Nolong bangedh buat orang-orang males buat bahan contekan proposal, seperti akuh. hahhahahha…

  28. rijal Said:

    hasil dan pembahasannya donk….

  29. rijal Said:

    eitzzzz…..pengen liat hasil dan pembahasannya donk,ada tugas nc^_^….kirim ke rijal_nineties@yahoo.com y!!!!secepatnya,hehehehe

  30. endah Said:

    eh om tolongin gue juga donk….
    kasih tau pembahasan ama hasil analisis email aja kegue di mamabearlove@yahoo.com
    plz gue juga lagi cari bahan buat skripsi neh
    mohon bantuannya
    gue ucapin banyak terimakasih buat om.
    gue tunggu yah email nya
    thx

  31. Rina Said:

    aku juga sedang nulis skripsi tenntang penggunaan bahasa gaul dalam novel remaja berbahasa jerman.makasih kalau tulisan ini banyak membantuku,tapi aku memerlukan pendapat ahli dalam bahasa Jerman. bisa bantu aku dak??
    makasih ya..kabaririna@yahoo.com

  32. nieza Said:

    duh teteh…bahasan nya bagus. T.O.P B.G.T dech,
    aq minta daftar pustaka dari pembahasan ini dunks…
    penting bangeeeeet….tuk ngebantu buat makalah ujian akhir semester.pliiiiiiizzz……..
    mohon balez secepatnya ke: nieza_asy@yahoo.com
    qu tunggu ya mbak .
    makaciiih.

  33. Vina Said:

    uwwaaa… thx God \^O^/ bisa nemuin blog keren kayak gini…
    vina minta tolong donk kirimin bab analisis n daftar pustakanya….
    penting banget niiyy, coz vina juga lg ngerjain skripsi bahasa slangnya jepang.. cuma sumber datanya pake komik…
    thx a lot yah inspirasinya….

    i’ll waiting for ur email…
    tengkyu………… ^u^

  34. dykadut Said:

    maap..sebelumnya…gw dyka..sebenarnya penelitian gw dah acc,cm blom dikumpulin (TGL 2 Juli gt) tapi gw msh mo perbaiki lg, judulnya jg sama tapi ttg imitasi bahasa gaul oleh remaja melalui radio gt…klo boleh kirimin versi lengkapnya dong penelitian ini…ke Hendyka.a@gmail.com plus daftar pustakanya ya….
    oiya mo nanya, klo lo seumpama di sidang n trus ditanya kenapa judul ini yang diambil?knapa bahasa gaul?jawaban lo apa?mohon bantuannya
    deg..degan..ni mo sidang…doain gw sukses ya…AMIN
    THANKS in ADVANCE…A Lot…

  35. maria mahdalena Said:

    hi…
    tak sengaja aq buka jurnal skripsi dan terbuka lah olh q halaman ini, dan ini sangat membuat aq tertarik krn aq ada rncana mo adakan penelitian ttg perbedaan gaya bahasa ato bahasa gaul dlm bahasa jerman dan bahasa indonesia, klo bisa aq minta tlg, tlg kirimin aq artikel ini lngkap dengan kajian pustaka dan daftar pustakanya. dan klo bs lg klo ada yg menyangkut ttg bhs jerman. bkn mau nyontek tp mo liat dan membuat yg lbh baik. Belajar dr org lain kan adlah guru jg
    makasi ya

  36. maria mahdalena Said:

    aq jg mo liat pembahasanya.

    Pokoknya aq minta tlg kirimin ke emaila aq ya di : implus_maria@yahoo.co.id
    sebulmnya dan sesudahnya… q ucapkn makasi banyak

  37. aroel Said:

    sumpah keren banget skripsinya!begitu detail dan mudah banget dicerna maknanya. memang tanpa kita sadari kita telah menggunakan bahasa gaul dalam kehidupan sehari-hari. walaupun hal itu sama sekali tidak di ajarkan disekolah. tatapi walaupun begitu kita tidak melupakan bahkan sampai menghilangkan bahasa ibu. dan bahasa gaul merupakan kekayaan bahasa kita juga. karya ini telah memberikan inspirasi bagi aku untuk melakukan penelitian yang sama. maka dari itu kalau ada informasi tentang terbitan baru tentang bahasa gaul ini, mungkin bisa di kirim ke emailku di aroel_fly@yahoo.com. thanks.

  38. yunda Said:

    tolong kirim skripsi lengkapnya dong ke email ini,,please ya..

  39. darma Said:

    siiip skripsix

  40. ViNa Said:

    hohoho…………………………………………..
    skripsi yang cool boo…
    vina minta daftar pustakanya dunkz…, buat tambahan referensi..
    coz skrg juga lagi neliti bahasa gaul Jepang tp dalam komik…

    thx a lot 4 ur attention…

    GO GO bahasa gaul!!! \>O</

  41. iga Said:

    wow, ne skripsi boleh dibilang jadi inspirasi aku untuk ngelanjutin penelitianku, so aku mohon tolong kirim bab pembahasan dan daftar pustakanya…
    ke emailku cemplok_20@yahoo.com
    thanks before…

  42. idien Said:

    tolong ya kirim dari judul sampe kesimpulan
    .. soalnya menarik bagt buat refrensi qu. tang u. secepatnya tak tunggu..makasih seblm nya. kirim ke email ini ya.. idien_oke@yahoo.com

  43. ViVie Said:

    toLong kiRin skripSi in sLengkap2nya,,bwt referensi skripsi aQ,,tHx
    penting bgt

  44. farid Said:

    kereeennnnnn abiz, gue tertarik banget ma skripsi lu, bisa ga minta daftar pustakanya, thaaannnnks bnaget kalo mo ngirim ke email gue
    farid

  45. Ratih Said:

    Saat ini saya sedang mengerjakan skripsi tentang bahasa di majalah remaja dan suplemen remaja di koran harian. Bolehkah saya meminta pembahasan skripsi di atas. Tolong, bantu…KIrim saja ke rat_rini@yahoo.com. Terima kasih banyak sebelumnya…

  46. Uzan Said:

    thank’s banget ya…. uraiannya tentang bahasa gaulnya. aku salut abis ma apa yang ada di atas. kalo bisa aku minta sedikit ilmunya dong! mumpung aku lagi semester akhir. BENER BRO AKU SALUT BANGET MA ULASANNYA. kalo boleh tahu di mana alamat lengkapmu. kirimin CV mu di emailku. THANK’S ABIS

  47. rika fitri Said:

    salam
    aduh bagus deh skripsinya, aku mahasiswi simester lima, aku mau cari judul skripsi ni dari sekarang tapi aku masih pening dengan judulnya, tolong bagi2 ilmunya dong aku ingin buat judul tentang sastra. kalau bisa kirimini daftar pustakan dan bab pembahasannya tentang bahasa gaul remaja indonesia ke Rk_fitri@yahoo.com

  48. canthy Said:

    halo..
    aku mahasiswa semester akhir, lagi bingung buat proposal nich..skripsiku judulnya pola penyingkatan nama tempat, lokasi, dan lembaga di DIY. kamu bisa kasih masukkan. kalo bisa kirimi daftar pustakanya aja dech

  49. cenur Said:

    makasih ya….lagi pusing-pusingnya cari referensi eeeee…..ujug2 kamu muncul seperti dapat harta karun.

  50. Nourma Said:

    Mbak…sy sangat tertarik dengan tulisan kk, tp tlg kiirm bab pembahasan dan daftar pustakanya karena sy mo nyusun skripsi tentang bahasa gaul jg…sy mahasiswa yg kuliah universitas di Kabupaten please..please disini sangat kurang referensi ttg pembahasan tersebut..please kirim ke Email saya shine_1902@yahoo.co.id thanks a lot…

  51. nita maniz Said:

    tolong kirimin daftar pustakanya ke email ku donk… plisss banget… aku butuh secepatnya buat referensi skripsiku… secepatnya ya… makasih….

  52. Richardo Said:

    Selamat siang, saya adalah salah satu mahasiswa yang sedang menulis skripsi. topik pembahasan yang saya tulis mirip dengan apa yang sdr/i tulis yakni mengenai bahasa gaul untuk itu saya mohon dan minta penjelasan mengenai daftar pustaka dan catatn kaki dr skripsi yang sdr/i tulis. untuk itu sya mohon tolong secepatnya mengirim catatan kaki dan daftar pustaka dari penulisan di atas ke email saya Nasen_girl@yahoo.com

  53. aira Said:

    saya adalah salah satu mahasiswi yang sedang menulis skripsi. topik pembahasan yang saya tulis mirip dengan apa yang sdr/i tulis yakni mengenai bahasa gaul untuk itu saya mohon dan minta penjelasan mengenai daftar pustaka dan catatn kaki dr skripsi yang sdr/i tulis. untuk itu sya mohon tolong secepatnya mengirim catatan kaki dan daftar pustaka dari penulisan di atas ke email saya aira_adi@yahoo.com

  54. anton setiawan Said:

    waduuh sip bangeet tuh skripsisnya aku mau dong pembahasan dan kesimpulan erta daftar pustakanya..thanks buangeet ya

  55. nita Said:

    kirimin daftar pustakanya n underlying theorynya donk…
    butuh banget nih…

    plisss….

    secepatnya ya…
    makasih banget nget nget…

  56. nita Said:

    oya kirim aja ke emailku ya … nitaluvdyka@yahoo.co.id

  57. rhil anjelow Said:

    krim donnnnk ciri2 dan fungsinya butuh buangat nihhh. g pake lamaaa yaaaaaaaaaaaaa

  58. ambir Said:

    waduuuhh,, thx braaaat nh bwtt sumbangan artikelnya!!
    jadi terbantu dah nyari bahannya.
    oiya, bs dksh tau referensi buku/dafpusnya ga?

    mksh bgt nh.
    dtnggu yaa..

  59. ambir Said:

    oiya, blh dkrimn pmbhasan plus dafpusnya k emailku g??
    thx bgt yaa…

  60. Luthfiandi_zet Said:

    Gw bukan siapa2. Cuma gw suka banget baca. Tulisan kamu keren banget. Gw mau hasilnya dong. Gw di pepey_zet@yahoo.co.id. Plisss kirimin ya.

  61. dheazy Said:

    mmmmmmmmmm
    bagus banget penelitian kamu…and sekarang aku juga lagi nyusun…tuh bisa jadi tambahan referensi aku…kalo boleh aku minta tolong ma kamu kirimin dunk seluruh penelitian kamu ampe daftar pustaka kamu…ke email aku ya pleseeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
    nie email aku
    cute_usagi07@yahoo.com

  62. rezky Said:

    asalam.saya tertarik dengan karya anda dan terima kasih, cerita ini merupakan sejarah yang makin lama ditinggalkan ma qta2 semua. pokoke sip.

  63. Drajat Said:

    Thank berat buat karyanya, jadi tambah referensi nih, kebetulan aku lagi banyak tugas nih tentang komunikasi melalui penggunaan bahasa verbal dan non verbal. Aku suka banget baca karya ANDA ini, bener-bener SUKA…., kalo ntar aku udah beres, orang pertama yang aku kabari adalah DIKAU…..

  64. wilda Said:

    at d first sight, makyuzzzzzz! boleh dunk kirimi aku kompletna skripsi anda. literatur na juga. pasti ngebantu banget dalam penyusunan tugas variasi bahasa yang sedang ke kerjakan. pls krm secepatna, maturnuwun……

  65. fmkl Said:

    SARWONO
    Medio November 30,2007
    Terima kasih atas karyanya ,apalagi karyanya sangat menarik sekali
    sehinggga menambah wawasanku dalam dunia penelitian kalauboleh
    karya anda sosialisasikan menjadi sebuah buku waaaah pasti laris
    aku doain dari jauh

  66. edi Said:

    kalau boleh tolong aku dikirimi skripsi ini lengkap sebagai bahan referensi untuk skripsi aku maksih tak tunggu ya

  67. kusen atmajaya Said:

    katrok lu….!
    sangat Ndeso

  68. adi Said:

    wah skripsi ini deket banget dengan skripsi yang gw susun. bisa tolong kirimin ga? kalo ga bisa, ya referensinya aja deh, terutama yang berkaitan dengan teori remaja, identitas, aktualisasi diri, bahasa gaul, dsb. judul buku ama pengaranya aja yg gw butuh. plis plis plis plis.

    thx

  69. uchiha Said:

    kak thanks y………..
    he ge. tugaz q ada tambahan..^^
    kapan2 tlgin yang laen leh kn kak?
    God Blezzzzzzzz u

  70. atmi Said:

    wah, ok banget buat dijadiin contoh scrip linguistik. aku kebetulan sedang mengerjakan judul yang sama. kak, tolong kirimkan pembahasan dan daftar pustakanya ya,, by: p3 Bengkulu

  71. maya feronika Said:

    judulnya bagus.
    tolong dong q lg bingung cari judul tentang analisis buku neh, novel, cerpen ato roman gitu……..
    makasih…………

  72. miko Said:

    bagus sih…….but,9mn mo nyari referensinya coba kLo daftar pustaka 9a ada!!! kan pengen tau ju9a..

  73. RIO BOSS Said:

    mau donk skripsinya bagussssssssssssss bgt! tq Allah Ridho

  74. rizqi Said:

    bagus ya!?

    please minta filenya dong

    trims b4….

    yunda_uciha@yahoo.co.id

  75. wiko Said:

    Alhamdulillah..
    kebantu euy,,

    bs kirimin refrnsi buku/dafpusnya g?
    plis bgt, n thx bgt yak..

    email aj: ir_btw@yahoo.co.id

    sabar mnunggu dah..

  76. Eny Maryati Said:

    bisa minta dikirim lengkap gak? Sekalian refernsinya. Makasih, soalnya aku IRT yang lagi skripsi, sibuuuuuuuuuuuukkkkkkkkkkk trus skripsi ini sangat bagus buat referensi. skali lagi makasiiiiiiiiiiiiii banget.

  77. rina satagih Said:

    bisa minta dikirim lengkap gak? Sekalian refernsinya. Makasih, soalnya aku IRT yang lagi skripsi, sibuuuuuuuuuuuukkkkkkkkkkk trus skripsi ini sangat bagus buat referensi. skali lagi makasiiiiiiiiiiiiii banget.

  78. riefa Said:

    Deu.. salut banget deh ama penelitian ini..! kirimin seluruh hasil penelitian dan daftar pustakanya dong!
    buat referensi skripsiqu. thanks ya.

    -riefa-

  79. syarif Said:

    klo mbak berkenan aku juga minta hasil penelitian dan daftar pustakanya?soalnya aku lagi nyari referensi skripsi istri aku yg karena suatu hal tdk dapat mengerjakan skripsinya sendiri.tolong!

  80. de_utty Said:

    teteh butuh bantuan nihh
    akunjg ingin meneliti bahada gaul jepang tapi bukan dari komik
    tapi di dalam lirik lagu2 jepang
    mohon informasinya ya..
    ttg penelitian teteh sbgai referensi
    doumo arigatou gozimasu

  81. ida Said:

    dari semua film remaja disni q seneng n lw bisa twerusin berkarya demi bangsa remaja

  82. doraemon iya Said:

    mas, tolong kirimin dong kelanjutan dari skripsinya, Bab IV, Bab V dan daftar pustakanya…kirim ke email inlcude_bla12@yahoo.com. klu bisa kirim secepatnya mas…makasih..

  83. manzo Said:

    hi mas yg ngelola ni website,bleh minta tolong gk neh….kbtln sodara saya lg persiapan mw ngajuin skripsi&dia ngambil jurusan bhs indonesia.krn keterbatasan waktu dia (udah berkeluarga punya anak 2+ngajar di SD) jd gk da waktu di bwt browsing d internet. mk’a melalui website ni saya mw minta tolong ma org yg ngelola ni website bwt ngirimin bbrp contoh judul skripsi b indonesia k email silausey@yahoo.com …terima kasih sblm’a.

  84. Any Yuliarti Said:

    mas tolong kirim contoh skripsi lingusistik dong……. ke email ku ke Peto_kucluk@yahoo.co.id

  85. linda Said:

    kapan traktirane boz!

  86. tolong dong kirimkan pembahasannya dan hasil penelitiannya coz bangus banget Said:

    skripsinya sangat bagus sekali,bisa gak saya minta kirimkan pembahasaannya dan hasil penelitiannya

  87. tolong dong kirimkan pembahasannya dan hasil penelitiannya coz bangus banget Said:

    kirimkan ke alamat ini chio_ano22@yahoo.co.id
    kirimkan secepatnya yah

  88. fanny Said:

    Gw boleh minta keseluruhan skripsi ini g? Gw butuh buat referensi skripsi gw…. termasuk daftar pustaka nya. Please…..kirim ke email gw, klo bisa secepatnya gw akan agt berterima kasih… Thx b4..

  89. dhita Said:

    tuolong saya saya butuh, hehehehe maklum belum punya bahan juga judul, kalau boleh saya minta tuch keseluruhan skripsi ? pleaseeeeeeeeeeeeeeeeeeeee soallnyaaaaa butuh banget. sekali lagi terima kasih banyak. wassalam pokoknya secepatnya dikirim biar cepat selelsai

  90. dhita Said:

    lupa ini alamat email saya dhita_cantik@yahoo.com jangan lupa di kirim yach soalnya butuh banget.

  91. inge Said:

    tolong ya, please tolong kirim contoh bab 2 and buku2 refernsi nya.. thx u

  92. intan Said:

    tolong kirim pembahasan n daftar pustaka ya…aku lagi buat skripsi tntg bahasa gaul juga nehh…please bgt ya.tolong kirim via email ke: in_lessmug@yahoo.co.id

  93. Thamrin Said:

    gw minta tolong nih, boleh ga saya minta dikirimi skripsi ini lebih lengkap ke email gw, please deh gw butuh buth betul soalnya ada penelitioan gw tentang interferensi bahasa remaja, tolooooong ya?

  94. titiek Said:

    huhm…mm akhirnya ku menemuKannya…… pas banget.. Tik skrg lg skripsian kajiannya sosiolinguistik… ni bgs bgt buat + referensi…but pembahasannya kok nda ada.. kalau boleh n sempet ngebaca pesan ni..kirimin ya.. makasih mas or mbak..

  95. Cey Said:

    tolong kirimkan bab pembahasan dan penutupnya di emailku donk..coz aku lagi butuh neh untuk skripsiku…trims..

  96. Alo karyati Said:

    Aku butuh makalah tentang bahasa gaul atau slank yang dipergunakan oleh orang Jepang

  97. bebek cekcih Said:

    waaaaah,,,boleh minta pembahasannya lebih lengkap nggak??? kirim ke emailq yaaach?? makasiy bangeeeeet,,, reward menunggu,,, ^^

  98. SLANG Said:

    huuu ………… nggak lengkap…… ! nggak bagus ………… !

  99. mas sunuy Said:

    wow….. uapiktenan skripsi anda !!!
    mudah-mudahan menambah pengetahuan bagi kita semua

  100. Selvita Permata Said:

    Boleh gak minta contoh skripsi yang pakai metode penelitian kualitatif? tapi kalo boleh yang sifatnya personal gitu..
    thank’s sebelumnya ya……….

  101. fajar Said:

    tolong kirim lengkapnya

    swastucko_78koe@yahoo.co.id

  102. abcal Said:

    boleh minta yang lengkap???kutipan penting ini sangat berguna untuk membantu pembuatn skripsi saya yang telah terinspirasi. trims atas bantuan-nya.

  103. fahrul Said:

    tlong dong krimi yang lebih lengkap lagi dong …….

  104. LaraZ Said:

    wAduuhh!!

    Raz mau donk bahasan lengkapnya,, dari awal sampe daftar pustaka.
    Buat bantu-bantu ide mau coba bikin skripsi masalah bahasa slang English di kalangan remaja Indonesia. Tolong dikirim asap ya.
    ke email raz,, k.laraskartika@yahoo.com
    Thank Kyu!

  105. DIAN Said:

    TOLONG DONG CONTOH SKRIPSI BAHASA DAN SASTSRA DIKIRIMKAN KE EMAIL KU KAREENA AKU MAU SKRISI NE !!!

  106. arif prabowo Said:

    Tolong dong saya dikirimi skripsi lengkapnya. Saya butuh sekali pertolonganmu untuk menyelesaikan juga skripsiku tentang bahasa gaul. Trim. Tuhan memberkatimu. Amin

  107. aslich achmaddum Said:

    wah……kayak gini yg lg Q cari2. Q merasa terima kasih bgt kalo d kirimi hasil penelitian n yg penting dftr pustakanya.maklum, Q dah smster akhir ni, so lg berburu referensi.
    ni email-Q: mazayik@yahoo.com
    sblume thx bgt atas penelitiannya, cz sgt berharga tuk perkaya khazanah keilmuwan bahasa kita.

  108. reYfa Said:

    hayyyyyyyyyyyy
    aku masih semester 5 neh tapi aku pengen banget mempelajari penelitian kamu aku minta tolong dong kirimin aku juga ya
    makasiiiiiiih banget kalo kmu mau ngirim ke email ku.

  109. arief mahardian Said:

    setelah itu bagaimana pembahasan selanjutnya……? mohon dapat dikirim ke email saya … terima kasih sebelumnya

  110. aDa sJah Said:

    aLLo..

    ko gag lNgkap sii sKripsi’a..??

    tLong kRmin iiang lngkaP’a iia??
    xLo bSa cPtan..

    tHx

  111. TRISTAN (BASTRA UM) Said:

    Q BTUH BNGETZ NIE BAHASAN….!

    DA LANJUTAN E GAG….????

    BUWAD KERJAIN TUGAS AKHIR SEMERTER…….

    TOLONG KIRIM YOU….

    PLEASE…..

    (TITAN_BAKERO@YAHOO.CO.ID)

  112. nury Said:

    please krmin yg lengkap dong ke alamat emailq nury_green@yahoo.com skrg aq jg lg buth referensi nih masalah lg nyusun jg, mana aq kesusahan bgt dapt referensi, skripq jg berhubungan dgn slang.. makasih bnyk.. please ya dikirimin…

  113. Royan Said:

    gue minta Daftar pustakanya ya !!asli bagus bngt SKripsi lw!aktual&faktual

  114. cottonon Said:

    saya minta isi dari skripsi di atas untuk makalah saya, boleh?

    bagus sekali loh….

  115. said maulana Said:

    tolong minta bab berikutnya donk…

  116. said maulana Said:

    maaf mbak/mas… gw lupa ngasih email gw… gw butuh banget bantuan dari mbak/mas… ni email gw samhel2426@yahoo.co.id.. makasih banyak..

  117. Poerwa Said:

    Salam Mbak,

    Boleh ga minta tolong di email daftar pustakanya?

    Kebetulan saya juga sedang mengerjakan skipsi dengan topik yang agak mirip tapi bahannya berbeda
    terima kasih

    poerwa@pejalanjauh.zzn.com

  118. Nanang firdaus Said:

    waduh pas banget gue lagi butuh banget refresnsi buat skripsi gue.
    paling nggak gue dapat inspirasi, cos masih bingung gimana caranya bikin skripsi..

    biasa mahasiswa baru……
    baru nemu…..!

  119. Sigit Said:

    Tolong banget, aku butuh pembahasan dan kesimpulan penelitian ini. Buat penelitian bahasa gaul pada tabloid remaja di Bandarlampung.
    Tolong kirimin lewat email secepatnya ya. ini alamtnya,
    saint.arbai@gmail.com
    Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih.

  120. Alya Said:

    mbak minta tolong dunk kirimin daftar pustakanya ke FS lya..makacee ya mbak

  121. Lya Said:

    Mbak,tolong bantuin saya dunk ,saya butuh daftar pustakanya mbak n kalo bisa lengkap hasil penelitiannya mbak ,saya pengen membandingkan dengan bahasa gaul remaja jepang.tolong kirimkan ke email saya dunk mbak chi_alya@yahoo.com.maaf merepotkan mbak ya..makasih banyak ya mbak .

  122. ayangatus seket Said:

    aku butuh dung pembahasan dari skripsimu…
    mohon bantuannya yak!!thanks b4

  123. echa imutz Said:

    tolong di kasih contoh-contoh cerpen yang berbahasa gaul dari para mahasiswa yang gaul…………..OK Choey,,,,,,,,,,,,,,,,!!!!!

  124. eka Said:

    tolong kirim pembahasa skripsi ini .. untuk acuan penulisan,,thank you

  125. EGGA Said:

    Tolong kirim daftar pustaknya dunk, klo boleh n g’ ngrepotin sekalian ma pembahasannya. matur nuwun, terimakasih

  126. yudi Said:

    Terima kasih, Bang…..
    Tulisan Abang sangat berguna bagi penelitian saya.
    Kebetulan saya dapat tugas meneliti tentang keragaman bahasa Indonesia, khususnya tentang bahasa remaja.
    Sekalia lagi, terima kasih ya, Bang….

  127. yudi.physics Said:

    Ohh.. Ma’af, Mbak!
    Bisa tidak saya minta juga pembahasannya?
    Sekalian juga dengan daftar pustakanya juga ya, Mbak…
    Ma’af banget ya, Mbak…. Kemarin ada “kesalahan teknis”…..
    Terima kasih, Mbak…

  128. natall Said:

    mass . bs kirim daftar pustakanya gg ?? bwt acuan referensi ku . ak ad ujian take home . txu ! kirim ke lollipolii@yahoo.com .. txu :)

  129. natall Said:

    oiaa masss . tlg kirim scepatnya yyaa .
    tlg pbahasannya jg .
    bwt referensi ak .
    hehe :)
    txu mas !

  130. sulaimansyah Said:

    assalamu’alaikun……….
    saya iman kebetulan saya mengajukan skripsi tentang bahasa gaul film remaja berjudul virgin, mungkin ada persamaan dan perbedaan dalam penelitian saya. saya hanya minta tolong bisa kah mengirimkan saya referensi atau daftar pustaka yang anda punya ke email saya…hanya daftar pustakanya saja selebih saya yang mencarinya….

  131. opi Said:

    mas,,,mksh bgt y bwat infona, kbtln lg bikin penelitian kcl tentang bhsa gaul, kl blh, aku minta dftr pustakanya dwnk….thx b4!

  132. resti Said:

    blh aq mnt data lgkpnya ttg skripsi ini?????????????plz bntuin aq, lg ksulitan bgtz cr referensi………….tlg krm kemailq y plzzzzzzzzzzzzz

  133. MISBAH FARIZ Said:

    Ak lagi buat makalah nich…. Aku minta tolong untuk dikirimkan daftar pustakanya… bisa kan???? pleassssssssssseeee…

  134. mahendra Said:

    keren…. bisa buat referensi skripsi q nichh…..

    tolong kirimin file attachmentnya dunk…….

    plissssssssssssssss….. mahendra_armanda@yahoo.com

  135. ulfah Said:

    aku numpang liat2 buat kerjain tugas yah…

  136. shufa Said:

    tolong kirimin skripsi yang pake metode kualitatif dan kuantitatif……….pleace Q gy bingung banget wat tugas.

  137. nizarullah Said:

    mbak tolong dunk dikirim file attachment untuk skripsi bahasa gaul, tolong ya buk ya

    za_niza@yahoo.com

  138. de2w Said:

    wahhhhh, bagus bagt tuh.. penelitiannya..

    bu, ana mau minta pendaoat nih? kalo’ ana mau ngajuin judul skripsi tt film-film trsbt untuk media pambelajaran drama di kalangan siswa SMA kira2 cocok gak ya…
    ,ohon balas segera, bantuannya sangt mendukung kelancaran skripsi saya…
    oya kira2 judul yang cocok seperti apa yaaa?

  139. de2w Said:

    wahhhhh, bagus bagt tuh.. penelitiannya..

    ane mau minta pendaoat nih? kalo’ ane mau ngajuin judul skripsi tt film-film trsbt untuk media pambelajaran drama di kalangan siswa SMA kira2 cocok gak ya…
    mohon balas segera, bantuannya sangt mendukung kelancaran skripsi saya…
    oya kira2 judul yang cocok seperti apa yaaa?

  140. de2w Said:

    wahhhhh, bagus bagt tuh.. penelitiannya..

    ane mau minta pendaoat nih? kalo’ ane mau ngajuin judul skripsi tt film-film trsbt untuk media pambelajaran drama di kalangan siswa SMA kira2 cocok gak ya…
    mohon balas segera, bantuannya sangt mendukung kelancaran skripsi saya…
    oya kira2 judul yang cocok seperti apa yaaa?oyaa sekalian referensinya yaa

  141. riezzzz Said:

    aku seneng bgd adx skripsi ini cz mbantu q bwt KTI akhr SMA ini…….

    pusingQ????

    be te dweh…

  142. risnaimran Said:

    saya senang membaca skripsi ini. apa ada file lengkapnya. tolong dong kirimin ke emailku di risnaimran@yahoo.com

  143. cici Said:

    assalamu’alaikum..
    aku sangat terbantu dengan skripsi ini…
    aku lagi ngerjain skripsi tentang bahasa gaul.
    aku mohon ‘tolong’ donk kirimin bab 4 & 5 nya juga,
    aku ga nyontek koq,, sebagai referensi skripsi ku,
    cozz, aku lagi pusing banget neh,
    tolong sekalian daftar pustakanya juga yahhh….
    pleasssseee……..
    god bless you.
    alamat emailku: yosi.cham@yahoo.com
    afwan.

  144. Kristiani Said:

    Thx… dengan adanya skripsi ini sangat membantu gw buat ngerjain tgs skul!
    thx….
    BGU!

  145. nita Said:

    kk,mohon kirimin saya bab penelitian data sama daftar pustakanya,soalnya saya kuliah di kabupaten yang masih pas2an dalam bidang teknologinya dan saya sangat berharap bisa kk bisa mengirimnya secepat mungkin Thx. G B U

  146. nita Said:

    alamat email saya:nita_margaretha@yahoo.com

  147. yana Said:

    Sebelumnya salam kenal, aku seneng banget sama penelitian ini. kalo bisa tolong kirim seluruh hasil penelitian ini termasuk bab pembahasan dan daftar pustakanya untuk bahan skripsiku aku tunggu secepatnya kalau bs dlm bulan maret ini. tx ke email aku (sp.yana@yahoo.co.id)

  148. Gagan Said:

    Hi..kk..
    bgus y penelitiannya..
    bisa tolong dikirimin daftar pustakanya ;-)
    thanx b4..
    gkaur89@yahoo.com

  149. vega Said:

    wah….pembahasannya menarik.
    aku boleh minta pembahasannya lebih lengkap ga????
    buat perbandingan skripsiku sebagai kajian relevan. plizzzz…….
    tolong kirim ke email Q ya h_zulfaega@plasa.com

  150. sisca Said:

    hiii..
    salam knal ya.. q lg bingung baunget + pusing bgt ma skripsi q…judulnya (variasi bahasa gaul dlm film…. kajian kosakata,makna & gaya bahasa)q pusin krn kekurangan bahan itilah jwban nya…heee…. skripsi mu ok bgt…
    tlong q yaaa… tolong kirimin bab pembahasan n daftar pustaka na ke email q yaa…. please bgt… q prlu bgt… mkch…
    sca_d07@yahoo.co.id

  151. fuad satria Said:

    bagus nich penelitian, minta data lengkapnya ya kk ^^.. please

  152. lea Said:

    salam kenal…

    pembahasannya menarik ni…
    boleh minta kata pengantar n dafrat pustakanya?, cz q bkin pembikinan makalah ni? n gpl yac?? heheee…

    • sherlly Said:

      kenapa gak dikirimin bang??? kirimin dunk…butuh bgt ne buat referensi aq….bales ya bag ke email aq (sherlly_amoy@yahoo.co.id) tengkyuuuu,,,,,,,,,,

  153. yane Said:

    aku mau daftar pustakanya dong..
    ada tgs karya tulis bwat selasa tgl 5 mei 2009 nihh !!
    tlg bantuu ku yaa, kirimin segera daftar pustakanya..
    makasiii

    ryane_ak@yahoo.com

  154. dian Said:

    bisa bantu aku ga…aku minta tlg dong,kpn bisa ngobrol bareng….
    hub aku d email ini ya…d_e_p13@yahoo.com,thank b4

  155. ANJA Said:

    teteh, salam kenal yah…
    aku butuh banget neh daftar pustaka untuk bahasa gaul dan sarannya juga kalo ga keberatan.
    soalnya aku juga lagi meneliti bahasa gaul tapi dalam novel..
    mohon bantuan untuk DAFTAR atau Referensi buku yang berkaitan dengan bahasa slang / gaul.
    trimssss…………
    bisa hub aku di email ini
    poet2_12@ayahoo.com

  156. ibeth Said:

    mmm,, aku juga lagi mau buat skripsi tentang bahasa slang,,tapi dengan metode kuantitatif
    penggunaan bahasa slang ini indikatornya apa aja yah? atau indikator penggunaan bahasa secara keseluruhan.
    trus bahaasa slang ini punya dimensinya gak? atau sub variabelnya.
    thx before…bales ke emailku yah…. pliiiissssss
    trimakasih banyak
    -orenji_ibeth@yahoo.com-

  157. Ali Badrunsyah Said:

    TeOPe BeGeTe dah… ^___^
    Plis kirimin semua pembahasan plus daftar pustakanya lengkap ya…
    Tenkyuuuuuuuu…………………. :-))

  158. HaMida Said:

    tolong kirimin contoh skripsi lengkapnya dong… aku perlu banget neh… makasih ya…

  159. sherlly Said:

    krimin dung bang bab 4 dan 5 skalian dengan daftar pustakanya. penting bgt ne bang buat tugas aq. tengkyuuuuu,,,,,,,,,,,,,,,,,

  160. sherlly Said:

    bang kok gak jadi dikirimin seh bang??? bantuin aq dunk,,penting bgt buat referensi aq. bales yach,,ke email aq (sherlly_amoy@yahoo.co.id)

  161. vie Said:

    skripsi ini menarik untuk dibahas, aq blh donk minta skripsi selengkapnya. coz aq suka membahas dunia anak jalanan.
    tlg di bls scptnya y????

  162. Akmal Choliq Said:

    bagus banget penelitian ini, kenapa gak ditampilkan lengkap, takut dikopi ya ! banyak lo yang pingin skripsi seperti itu !!!

  163. petty Said:

    skipsi ini keren bget, jd inspirasiku.
    tlong krimin data yg lgkap ke email ku ya.
    thanks..

  164. tiara amartani Said:

    skripsi nya bagusss.. bisa tolong kirim lanjutannya gak ke email saya.. terima kasih.,.,.,

  165. AKMAL CHOLIQ Said:

    kalau boleh aku pingin skripsi ini lengkap mulai bab 1 sampai Penutup, berapa biayanya ?

  166. redaktur www.lubisgrafura.co.cc Said:

    Terima kasih sudah posting di laman ini, semoga bermanfaat. salam buat keluarga.

    Lubis Grafura
    http://www.lubisgrafura.co.cc

  167. andie Said:

    bang tulung dunk…kirim referensinya….
    buth banget….semga Tuhan membalas kebaikan abang yang mau membantu saya…..
    email saya bang…
    andiez88@yahoo.com

  168. aZha Said:

    Tolong dikirim ke azha_abed@yahoo.com dong skripsinya dengan lengkap buat referensi skripsiku… Makasih ya atas bantuannya……..

  169. Arul Said:

    Bisa tolong kirimi softkopi skripsinya ke emailq arul.0205@gmail.com
    mau dibuat contoh skripsi.
    Thanks yaw..

  170. alsafar octobrian Said:

    assalamu alaikum….
    Mas saya anak kendari…kebetulan liat postingnya…cos aq lg sbuk cri referensi skripsi aq…tp skripsi au tenang bahasa waria…mungkin abang bs kirimin ke alsya_chico@yahoo.co.id . pembahasan, hasil dan daftar pustakanya…tolong yah bang yg lengkap, bt referensi aq…
    kan abang ngomong kalo ni bt referensi bgi penulis lain…
    thanks before….

  171. tya Said:

    tolong kirim daftar pustaka dung ……………aku tunggu ya. oh ya judul nya menarik banget loh………

  172. sintha Said:

    saya mendapat tugas makalah tentang bahasa gaul anak-anak muda jaman sekarang….
    tapi saya bingung harus memulai dari mana yuah???
    hehehehehe….
    makalahnya bisa diperbanyak nggak,cz menurut saya masih kurang lengkap,,
    btw,thank’s buat info makalahnya!!!

  173. masdikin Said:

    kk aku minta tolong ya kirimin skripsi yg lengkapnya ke emailku,soalnya aku lagi butuh bgt nie skripsi yg bgs kaya punya kk,pliss ya q butuh bgt.

  174. Nisa Said:

    aq boleh minta penelitian ini yg lengkap gak?please..buat referensi..terima kasih..
    kirim ke email aq aja yah..
    inilahaku.nisa@gmail.com

  175. anisah Said:

    im soory w ktinggalan informasi nieh

  176. zackiey Said:

    Kirimkan isi skripsi tersebut dengan lengkap. saya ingin tau sejauh mana p[enggunaan bahasa gaul ts. terima kasih.

  177. melani surbakti Said:

    saya suka dengan skripsinya, boleh gak saya minta dikirimin hasil penelitian karena saya juga mau berhadapan dengan skripsi. pleas…….

  178. zulkifli Said:

    bisa mitak daptar pustaka gak please…. saya butuh daftar pustaknya.

  179. nurma Said:

    bs krm pembahasannya tdk??tlng bgtt….

  180. Christina Said:

    tolong kirimkan hasil penelitian dan pembahasan serta kesimpulan dan daftar pustaka…temanya mengacu pada skripsi yang sedang saya buat tentang gaya bertutur anak remaja dalam sinetron televisi. Tolong segera dikirim ke email saya ya chr1271n4@yahoo.com referensi dari anda akan sangat membantu saya, Terimakasih banyak.

  181. CANTY Said:

    boleh minta pembahasannya g n daftar pustaka???
    bagus bgt nech skripsina…………………….
    makasih..
    canty_sweety@yahoo.co.id

  182. rais Said:

    mbak saya juga lagi nulis tentang bahasa gaul dalam tatanan bahasa indonesia (eyd), dan saya menemukan blog ini sebagai bahan refrensi, sebab saya melakukan penelitian ini di palembang jadi kayak campur kode antara bahasa palembang, bahasa gaul dengan bahasa indonesia kajian ini saya lihat di pembahasan punya mbak ini bisa mintak tolong mbak…

    bahan refrensi saya dari kamus gaul debby sahertian, kamus bahasa palembang dan bahasa indonesia, serta angket penelitian di kambang iwak, dan daerah gor.

    joko_bodo98@yahoo.com

  183. mam Said:

    wow udah 3 thn yah,,

    selain bahasa gaul, ternyata pneampilan (style) baik cara berpakaian, potongan rambut, cara berjalan , duduk,cara berpacaran dll. dalam sebuah produksi film, bisa menjadi contoh juga loh ka,, bagi remaja ditanah air.
    mungkin bisa dilanjutkan artikel ini dengan membahas masalh tersebut. terutama dengan tema seperti ” remaja seperti apa yang dianggap gaul?”. disana dibahas semua permasalahn dalam kehidupan remaja.

    thnks

  184. ahox Said:

    hahahhaa boleh22

  185. risyda Said:

    boleh minta lanjutan’y gk ??
    perlu bgt nh bwt di kumpulin sebelum tgl 10 march…
    thx

  186. karolina Said:

    tolong kirimin lanjutannya dan daftar pustakanya y
    trima kasih

  187. zhora Said:

    tolong kirimkan lanjutannya, yaitu bab IV, DAN DAFTAR PUSTaKANYA YA,Saya perlu untuk referensi skripsi saya.tlog kirim ke e mail saya
    zhora_caem89@yahoo.com,tq b4

  188. sya tertarik sekali dengan jdul skripsi anda. dan jdul anda in akan saya jadikan jdul skripsi sya nanti.

    yang mau sya tanyakan, mengapa anda ambil jdul skripsi ini?
    sya minta balasan dari saudara ……, karna sya memerlukan sekali jawaban atau alasan anda mengenai judul skripsi yang anda buat ini.

    terima kasih,….. WASSALAM

  189. atina Said:

    wawaw,penelitian yg bgs,kebetulan saya jg sedang meneliti ttg bahasa gaul dalam bahasa prancis, mungkin bisa belajar dari sistematika penelitian skripsi mas,kalau boleh, bisakah mengirim copy lengkap skripsi panjenengan?
    terima kasih byk sebelumnya,

    atina,
    atina.handayani@yahoo.co.id

  190. UNY RAHAYU Said:

    penelitian yang bagus ya mas…bisa g kirim kan daftar pustakanya..ada tugas ni..minggu ini…tolong ya mas
    email saya: Uny_r@ymail.com
    tolong ya mas…

  191. hai y6 dah bwat ni skripsi…..km cerdas bgd yuah,dan kayak nya skripsi km mdah di pahami,,,,Q pgen loh sprt km,yang dah bisa bkn skripsi oEa Q ni mch scool loh,cls 2 sma,dan Q dpt t6z buat KARYA ILMIAH dan tu jg sebagian dr skripsi,dan tu jg kt gr Q,So Q ta tolong ma km lanjutn bab IV nya yuah!kirim ke e-mail Q,mkch….

  192. Edy Suwantooro, SE, S.Pd. Said:

    Luar biasa, Saya sangat salut atas judul dan materi penyampaian skripsi ini, saya sebagai guru seni dan budaya sedikit banyak menyentuh juga dalam pelajaran saya. Mohon kiranya saya dikirim skripsinya secara lengkap di e-mail saya, edy_sys70@yahoo.com

  193. eva Said:

    thanks banget atas skiripsimu,,,jujur aq salut dng bhsax aq jg smtra melakukan penelitian bhsa gaul,,,aq minta tlng di kirimkan contoh penyussunan instrumen penelitian bahasa slang/proken alias bhsa gaul ini dong,,aq tunggu ya mas,,bisa g aq minta dikirimkan beso,,,maturnuwun…ini emailqu…..jaefamusdi@yahoo.com aq juga minta daftar pustakax dong,,,,,,,

  194. Ria fitri ma'rifa idrus Said:

    Mba’ tolong dunk cantumkan daftar pustaka na,,,????
    pleaseeeee,,,,bgt…

  195. Ria fitri ma'rifa idrus Said:

    Mba’ tolong dunk cantumkan daftar pustaka na,,,????
    pleaseeeee,,,,bgt…
    ini emailQ ,,,yhasayangpangeran@rocketmail.com

  196. Jabon Said:

    bahasa gaul itu yang gimana yach..??

  197. nila Said:

    gue jadi pengen

  198. anwar Said:

    tolong minta daftar pustaka untuk penelitian ini dong, thanks
    kirim ke email ini ya hairul.anwar15@gmail.com

  199. Irma Septiani Said:

    kirim ke email aku dong mba skripsi lengkapnya,,,,,

  200. nur qomari Said:

    bagus, tapi kenapa ini kaya’ membahas tentang bahasa film………….
    tapi emang benar semua kehidupan kita terkadang digmbarkan oleh film………
    thans a lot

  201. habibah Said:

    mas tolong kirim sekenario ttg arti seorang kekasih ,
    ke e-mail saya atw ke FB saya .
    tx .

  202. hey, tolong beri beberapa contoh cerpen berbahasa gaul.. tugas mendadak ini..
    Terimakasi

  203. adisura Said:

    mas mau nanya itu menurut kridalaksana (1984:142) itu bukunya judulnya apa yah???plis bales ke email donk….thanx u

  204. rara Said:

    skripsinya ok banget…. bisa jadi inspirasi tuh.t tlng donk kirimin bab 4 n bab 5nya. thanks ya…

  205. sheila Said:

    saya sangat tertarik sama skripsi kamu dan saat ini jga lg melakukan penelitian skripsi tentang penggunaan bahasa gaul bagi remaja ditinjau dari sisi fenomenologi remaja

    aku boleh tau gak kesimpulan penelitian kamu ni gimana???
    gak usah kirimin lengkap…cuma hasil kesimpulannya gimana aja soalnya mau Q pake sebagai referensi studi pendahuluan yang sudah ada

    makasiiiii bgt yawh

  206. sheila Said:

    uppps…lupa

    e mail saya di sherry_imut@yahoo.com yak…tengkyuu

  207. Tisa Said:

    salam,
    wah,keren bgt Mas, karya mu sumber inspirasi banyak orang. slamat jg atas apresiasi dari para pembaca. boleh tis minta daftar pustakanya? jika berkenan, mohon kirim ke email tis,y.

    nurtisni@gmail.com

    makasih,
    salam.

  208. septykurnia Said:

    mz mnt kesimpuan ma daftar pustaka y tow
    biar komplit
    banyak tugas nie……..
    mndadak agi
    d cantumkan ea…..
    mksh sbeumy…………..
    heeeemmmmmmm

  209. mintak hasil lengkap and daftar pustaka ya donk…………please…….di tunggu ia??? thank a lot

  210. ima Said:

    keren nih………………….mintak tlg emailin dong hasi bab selanjutnya ama daftar pustakanya……………please…………buat rujukan tugas akhir nih…….thank a lot before friend………. ^^

  211. nani Said:

    klo ada tolong gan kirim pembahasan dan daftar pustakanya, cz skirpsi agan menarik banget. mkasih bnyak sebelumnya….

  212. ratih Said:

    Bisa tolong dikirimkan skripsi lengkap dengan daftar pustakanya. Sebagai petunjuk untuk saya, thanks. ditunggu ASAP

  213. abraham Said:

    mantep,,tpi yg lengkap dong,,bwat rev,,,mksig

  214. grecia Said:

    tolong minta lengkapnya n daftar pustakanya ada? tx ya…

    email aja stefani_grecia_17@yahoo.com

  215. Sadar Udin Said:

    tolong kirimkan lengkapnya beserta daftar pustakanya. tolong bgt ya, saya tertarik ni dgn penelitian ini. terima kasih

  216. wahyu Said:

    minta lengkapnya ma daftar pustakax, untuk bahan referensi penelitian saya, tolong kirimkan ke email saya wahyubagushk@yahoo.com
    Terima kasih..

  217. wilda Said:

    tolong kirimkan data lengkapnya ke email saya. terima kasih.
    manix_girlz@yahoo.com

  218. rudi Said:

    kebetulan saya lgi mw coba penelitian tntang bhasa slang,,cma msih kurang bahan y,,bisa ga kirim pembahasan y lengkap,,ke email syamsudinrudi47@yahoo.co.id
    bt temen2 yg lain klau punya sumber yg lain saya sngat senang klau mw berbagi,,heheh

  219. Nona Grezya Said:

    mbak…tolong krim pmbhasannya yang lebih lengkap ke email q ya…!!!please,,,cz q btuh bgt bwt bhan skripsi q.
    mkasihhh,,,,

  220. fadel Said:

    tolong bisa kirimin pembahasan penelitian. ke email saya fadel_khairi07@yahoo.com. makasih sebelumnya
    saya berminat banget dengan penelitian ini

  221. Abdy Said:

    Subhanallah………. bisa share k email-q juga ga ???
    q tertarik buat penelitian ini,,,

  222. meka Said:

    alhamdulillah,,
    akhirnya nemunya referensi tentang bahasa gaul,,,
    bisa minta tolong kirim ke e-mailku tidak pembahasan dan daftar pustakanya, karena aku juga lagi meneliti tentang bahasa slang,,
    ini e-mailnya mecca_andriyani@ymail.com
    tolong ya mbak,,,
    maksih :)

  223. errin Said:

    tolong kirimin pembahsannya ke emali ku ini yaa,,, neni_errin93@ymail.com

  224. tita Said:

    kak bisa gk d krm dngn lengkap..coz q like bngat dngan pnlitian ini..

  225. Salihin Az Said:

    assalamumualiakum … alhamdulillah dengan berkat dan rahmat allah swt, memelalui program bahasa gaul saya salut saya semuanya.

  226. Ari Said:

    ehhm skripsi nya bgu bgtzz..oy minta daftar pustak’y dong ama pembahasannya juga kirim ke ke email ku yh scepat’y…

  227. Ari Said:

    ehhm skripsi nya bgu bgtzz..oy minta daftar pustak’y dong ama pembahasannya juga kirim ke ke email ku yh scepat’y…Ari_Speed89yahoo.co.id

  228. abu ayun Said:

    kalau boleh, minta daftar pustakanya. Soalnya cari bukunya sulit. abuayun1115@gmail.com.
    Trims.

  229. rini santoso Said:

    kirimi daftar pu$taka

  230. ranting Said:

    di kupas sampai habis, trims.

  231. Yudith Said:

    Boleh minta referensi/daftar pustakanya? (email: yudhishitra_bagaskara@yahoo.co.id

  232. virna Said:

    pliss kirimin pembahasan lengkapnya dong help vynananana@gmail.com

  233. Dias Said:

    Bisa minta pembahasan lebih lengkapnya ke email: diasyooo@yahoo.com. makasih :)

  234. jurgenhanssu Said:

    Tugas akhir gue juga tentang bahasa Gaul di kalangan remaja SMA Jayapura saat ini, Thanks yah sangat membantu…

  235. icil Said:

    mau dong dikirimkan daftar pustaka lengkapnya.. sebab untuk bahan skripsi nih.. cieciel@ymail.com


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 72 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: