Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas III SD Negeri Blitar Kecamatan Sukorejo Tahun Ajaran 2006/2007

ABSTRAK

Wijayanti, Ari. 2007. Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas III SD Negeri Blitar Kecamatan Sukorejo Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sumadi, M.Pd (II) Dra. Nurchasanah, M.Pd

Kata kunci: kemampuan menulis, karangan, dan narasi.

Kemampuan menulis karangan narasi merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang harus dikuasai siswa. Karangan narasi merupakan jenis karangan yang berupa runtutan peristiwa yang terjadi dalam satu rangkaian waktu dengan maksud menceritakan dan menggambarkan sejelas-jelasnya peristiwa yang terjadi. Dengan menulis karangan narasi, diharapkan siswa tidak hanya dapat mengembangkan kemampuan membuat karangan namun juga diperlukan kecermatan untuk membuat argumen, memiliki kemampuan untuk menuangkan ide atau gagasan dengan cara membuat karangan yang menarik untuk dibaca.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan aspek kesatuannya siswa kelas III SD Negeri Blitar Kecamatan Sukorejo, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan aspek kelengkapannya siswa kelas III SD Negeri Blitar Kecamatan Sukorejo, (3) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan aspek kepaduannya siswa kelas III SD Negeri Blitar Kecamatan Sukorejo.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data skor hasil karangan narasi siswa. Data yang dibutuhkan berupa skor data produk tentang (1) kemapuan menulis karangan narasi siswa berdasarkan aspek kesatuannya, (2) kemampuan menulis karangan narasi siswa berdasarkan aspek kelengkapannya, dan (3) kemampuan menulis karangan narasi siswa berdasarkan aspek kepaduannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jumlah siswa yang memiliki kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan aspek kesatuannya dengan perolehan nilai ≥ 6 sebanyak 46 siswa (86,79%) dari jumlah keseluruhan sampel sehingga sesuai dengan Standar Ketuntasan Minimal (SKM) 60% dan juga dari kriteria penerimaan hipotesis, maka hipotesis yang diajukan bahwa siswa kelas III SD Negeri Blitar Kecamatan Sukorejo tahun ajaran 2006/2007 mampu menulis karangan narasi berdasarkan aspek kesatuannya dapat diterima/terbukti; (2) jumlah siswa yang memiliki kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan aspek kelengkapannya dengan perolehan nilai ≥ 6 sebanyak 42 siswa (79,24%) dari jumlah keseluruhan sampel sehingga sesuai dengan Standar Ketuntasan Minimal (SKM) 60% dan juga dari kriteria penerimaan hipotesis, maka hipotesis yang diajukan bahwa siswa kelas III SD Negeri Blitar Kecamatan Sukorejo tahun ajaran 2006/2007 mampu menulis karangan narasi berdasarkan aspek kelengkapannya dapat diterima/terbukti; dan (3) jumlah siswa yang memiliki kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan aspek kepaduannya dengan perolehan nilai ≥ 6 sebanyak 24 siswa (45,28%) dari jumlah keseluruhan sampel sehingga sesuai dengan Standar Ketuntasan Minimal (SKM) 60% dan juga dari kriteria penerimaan hipotesis, maka hipotesis yang diajukan bahwa siswa kelas III SD Negeri Blitar Kecamatan Sukorejo tahun ajaran 2006/2007 mampu menulis karangan narasi berdasarkan aspek kepaduannya tidak dapat diterima/tidak terbukti.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar guru Bahasa Indonesia perlu memantau beberapa anak yang taraf penguasaannya masih kurang agar tingkat penguasaan lebih meningkat dan merata untuk semua siswa. Selain itu, disarankan untuk mengadakan penelitian terhadap rumusan masalah yang berbeda.

About these ads

18 Komentar »

  1. Ita Saripati Said:

    Mbak Ari bgus sekali abstrak skripsimu ditayangkan. Boleh gak saya dikirimkan kerangka teori menulis yang Mbak tulis, saya perlu untuk referensi. Terima kasih

  2. ary Said:

    Mba abstraksimu sangat menarik. kalau boleh aku minta landasan teorinya dong. biar aku bisa tau teori-teori yang mba gunakan. trimakasih

  3. nane Said:

    menarik……boleh kasih landasan teorinya????thanks

  4. ayu Said:

    mba,, aku mau tau donk… bgmn cara perhitungan prosentase dari penilaiannya.

  5. irfan Said:

    mba,, skripsinya dimuat juga donk!!!
    aq gy ikut bimbingan nich,,, yang mirip dgn judul skripsi mba.
    plz

  6. Sari Said:

    mbak, aq suka dengan tulisan yang mbk buat. boleh aq minta landasan teorinya. tapi kalau mabak gak keberatan juga, apa boleh aq tau pendahuluan nya???
    thanx before

  7. DANUR MEMINTA TOLONG Said:

    mbak, skripsi yang mbak buat menarik. mbak, sya mau meminta kajian teori untuk menganalisis skripsi mbak. tolong ya mbak. aq mau gunakan sebagai salah satu referensi tugas akhir aku

  8. wewewewe Said:

    hmmmm gk da

  9. Apri Mahendra Putra Said:

    mbak, kl gak keberatan tlg saya dikirimi BAB II buat tambahan referensi saya. saat ini saya sedang menulis tesis. tengkiyu mbak

  10. Dedi Said:

    Pak Apri gimana kabarnya An Nur Pelopor hehehe….

  11. Santy Said:

    ass…
    mbak, saya kebetulan sedang membuat skripsi dengan judul karangan narasi melalui audio visual… saya minta tolong kirim referensi buku yang terbaru ke email santy_tigadaramanis@yahoo.com untuk judul tersebut.. tx a lot

  12. mraffa Said:

    bagus tapi aku ingin lihat karangan dengan detil

  13. mraffa Said:

    mba lihat karyanya dengan detul ya. thanks

  14. fretty Said:

    MBA KLO BZA BUTIN KRANGAN SYA DOONK

  15. chuby Said:

    bgus beudt………

  16. aslm. mbk kbetulan saya sedang membuat skrpsi dgn jdul hmpir sama dengan mbk tetapi dgn mnggunakan media lagu. krimin karyanya dgn detil mbk

  17. yupieoeoe Said:

    mbak bole minta referensinya n dafrar pustakanya gak mbak?wat masukan di proposal saya

  18. tanti damayanti Said:

    karangan anak sd nya mna mbak?


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 72 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: