Transkripsi Naskah Film “Ada Apa Dengan Cinta?”

Transkripsi Naskah Film “Ada Apa Dengan Cinta?”

ADEGAN 1
Setting            : di sebuah kamar Cinta
Deskripsi Suasana    : Alya sedang menceritakan masalahnya kepada keempat temannya tentang ayahnya yang telah memukulinya.
1.    Cinta    : (1)Ya ampun, Alya.
2.    Alya    : (1) Ini mending nggak usah dibahas.
3.    Maura    : (1) Kok nggak usah dibahas sih?
4.    Cinta    : (1) Loe inget nggak kalau kita pernah nulis album di buku ini. (2)
Masalah, salah satu diantara kita adalah masalah kita semua.(3)
Musuh di salah satu diantara kita adalah musuh kita semua.
5.    Alya    : (1) Tapi, bokap gue berantem sama nyokap, bukan sama gue.
6.    Cinta    : (1) Tapi, kamu kan dah sering jadi korban kayak gini, Al.
7.    Alya    : (1) Gimana sih, gue ngejelasin ke elo semua? (2) Terserah deh elo
sekarang mau percaya apa nggak. (3) Bokap gue kalau udah
ngamuk kayak gitu kayak orang nggak sadar, tau nggak?
(4) Abis ngamuk, dia bisa nangis kayak anak kecil. (5) Nyesel
abis. (6) Nyiumin kaki nyokap gue, melukin gue.
8.    Cinta    : (1) Oke, ya udah deh Al. (2) Asal loe tau, persahabatan kita juga
nggak main-main. (3) Dan kita juga jadi saksi kok. (4) Loe itu
kalau ada masalah di share, jangan disimpan sendiri. (5) Loe
telepon ke rumah gue, jam berapa aja gue temenin, gue angkat,
ngobrol ama gue. (6) Loe dateng ke rumah sini jam berapa aja,
gue bakal bukain pintu Al. Ya Al, ya? (7) Kita sahabat elo, bener
nggak?
9.    Alya    : (1) Ya dah deh jangan bahas ini terus, gomongin yang lain,
please, please.
10.    Cinta    : (1) Oya, udah denger puisi yang mau gue kirim ke lomba?
11.    Semua    : (1) Mana-mana?
12.    Cinta    : (1) Gitar, gitar.
13.    Karmen    : (1) Puisi yang baru?
14.    Cinta    : (1) Iya, mudah-mudahan semua suka. (2) Soalnya ini tentang kita
berlima. (3) Judulnya, Aku Ingin Bersama Selamanya.
15.    Karmen    : (1) Bagus banget.
16.    Cinta    : (1) Suka, tapi ya?
17.    Alya    : (1) Bagus.
18.    Milly    : (1) Ei, ei udah lama nggak ngedance.
Mereka berlima akhirnya berdansa.

ADEGAN 2
Setting            : di lapangan sekolah
Deskripsi Suasana    : seorang guru membacakan hasil pengumuma pemenang lomba baca puisi
1.    Guru    : (1) Anak-anak, tujuan lomba menulis puisi yang setiap taun
telah kita adakan adalah agar kita tetap sadar bahwa kita memiliki
satu kekayaan yang tidak ternilai harganya, yaitu bahasa
Indonesia.
2.    Karmen    : (1) Ta, loe pasti menang deh, yakin.
3.    Guru    : (1) Dan, dewan juri yang diketuai oleh Taufik Bagaskoro alias
saya sendiri.
4.    Milly    : (1) I love you, Pak Taufik!
5.    Guru    : (1) I love you too. (Milly celingukan) telah diputuskan bahwa
pemenangnya adalah Rangga.
Para siswa kecewa karena pemenangnya bukan Cinta, yang sudah sering menjuarai lomba menulis puisi. Sementara itu, Rangga sebagai pemenang tidak kunjung datang.

ADEGAN 3
Setting            : di belakang sekolah
Deskripsi Suasana    : Pak Wardi, pesuruh sekolah, terburu-buru memberitau Rangga bahwa puisinya menang.
1.    Pak Wardi    : (1) Ngga, Ngga, kamu dicari Pak Taufik., mau dikasih hadiah,
karena puisimu menang, Ngga.
2.    Rangga    : (1) Saya nggak pernah ikutan lomba.
3.    Pak Wardi    : (1) Itu lho, puisi yang ditempel di kamar saya. (2) Itu kan
daripada nggak ada yang baca, saya kirimin aja ke panitia. (3) Eh,
menang Ngga.
4.    Rangga    : (1) Alah.
5.    Pak Wardi    : (1) He, bener ini.

ADEGAN 4
Setting            : di mobil
Deskripsi Suasana    : membicarakan rencana menonton konser.
1.    Maura    : (1) Eh, ngomong-ngomong kita nanti jadi nonton konser nggak?
2.    Milly    : (1) Ih, jadilah.
3.    Karmen    : (1) Jadi dong, anti deh kalo nggak.
4.    Maura    : (1) Aduh, Maura dah nggak sabar pingin beli baju baru.(2) Siapa
tau, Yuki ngelirik gue.
5.    Karmen    : (1) Gila, please dong Mor. (2) lease dong Maura, bener-bener
amburadul ah. (3) Tolong dong Maura.

ADEGAN 5
Setting            : di ruang editing madding.
Deskripsi Suasana    : membicarakan pemenang lomba puisi.
1.    Maura    : (1) Cie, kayaknya dalam banget menghayati puisi sebagai
pemenang.
2.    Cinta    : (1) Eh.
3.    Alya    : (1) Emang puisinya bagus banget ya Ta?
4.    Cinta    : (1) Mmm, bagus-bagus. (2) Ya, asal nggak plagiat aja.
5.    Milly    : (1) Emang plagiat apaan sih ta?
6.    Maura    : (1) Milly, please dong. (2) Plagiat itu, nyontek punya orang.
7.    Milly    : (1) Mereka nyontek punya orang dong Ta?
8.    Cinta    : (1) Nggak, nggak, kalo Milly. (2) Gue bilang kalo. (3) Tapi, gue
rada tersinggung ama ini orang ni. (4) Masalahnya kalau dia bisa
nulis dari dulu, kenapa nggak pernah ngasih tulisan ke mading
kita? (5) Berarti dia kan nggak nganggap mading kita eksis.
9.    Maura    : (1)  Iya, ya.
10.    Karmen    : (1) Trus, rencanan elo apaan Ta? (2) Kalau anaknya belagu, sini
deh gue yang ngadepin.
11.    Cinta    : (1) Gini-gini deh, pokoknya yang paling penting kita harus cepet-
cepet ketemu dia. (2) Trus, kita wawancarai dia.

ADEGAN 6
Setting            : di perpustakaan.
Deskripsi Suasana    : Cinta hendak mewawancarai pemenang lomba menulis puisi.
1.    Rangga    : (1) He, berisik tau nggak?
2.    Siswa I    : (1) Sok jenius, rese’ banget loe.
3.    Penjaga    : (1) Rangga?
Cinta mendatangi Rangga.
4.    Rangga    : (1) Ada apa?
5.    Cinta    : (1) Rangga ya? (2) Gue mau ngucapin selamat ya buat elo.
6.    Rangga    : (1) Selamat kenapa?
7.    Cinta    : (1) Sebagai pemenang lomba puisi taun ini.
8.    Rangga    : (1) Saya nggak pernah ikutan lomba puisi, apalagi jadi pemenang.
(2) Maaf ya saya lagi baca.
9.    Cinta    : (1) Gue kan belum selesai ngomong.
10.    Rangga    : (1) Baru saja gue ngelempar polpen ke muka orang gara-gara dia
berisik di ruang ini. (2) Saya nggak mau polpen itu balik ke muka
saya gara-gara saya berisik sama kamu.
11.    Cinta    : (1) Gue pingin ngomong sebentar kok.
12.    Rangga    : (1) Ya dah, ngomong di luar.
Cinta dan Rangga keluar ruangan.
13.    Cinta    : (1) Ngapain di luar? (2) Di sini aja deh.
14.    Rangga    : (1) Ya udah deh, cepetan. (2) Mau ngomong apaan?
15.    Cinta    : (1) Mading mau mewawancara elo.
16.    Rangga    : (1) Buat apa?
17.    Cinta    : (1) Kita perlu profil elo sebagai pemenang lomba puisi taun ini.
18.    Rangga    : (1) Tapi saya kan sudah bilang, saya itu nggak pernah ikutan
Lomba puisi.
19.    Cinta    : (1) Ya, terserah elo deh. (2) Tapi, menurut jurinya elo yang
menang.
20.    Rangga    : (1) Ya kalau gitu wawancara dewan jurinya.
21.    Cinta    : (1) Ha? (2) Maksud elo?
22.    Rangga    : (1) Ya, jelas kan kata-kata gue!
23.    Cinta    : (1) Jadi elo nggak mau di wawancara nih?
24.    Rangga    : (1) Nggak!

ADEGAN 7
Setting            : di ruang editing madding.
Deskripsi Suasana    : Cinta menceritakan kekecewaannya kepada teman-temannya.
1.    Cinta    : (1) (marah) rese’! (2) Apa dia itu superstar? (3) Sekalian aja gue
wawancara Duta Sheila On 7 atau konsernya Dewa kek. (4) Gila,
nyebelin banget, tau nggak loe?
2.    Milly    : (1) Kenapa Ta?
3.    Cinta    : (1) Tulis Mil, cowok yang namanya Rangga adalah cowok yang
sombong banget. (2) Lagak gak karuan. belagu banget. (3)
Pokoknya cowok yang musti dijauhin. (4) Tulis di buku curhat.
4.    Milly    : (1) Oh, di buku curhat ya Ta?
5.    Karmen    : (1) Loe dipegang-pegang sama dia?
6.    Alya    : (1) Ta, ta, tarik nafas dulu Ta. (2) Biar bisa ngomong yang bener.
7.    Cinta    : Sebel banget gue. (2)Orangnya tu sok bintang, tau nggak loe
8.    Milly    : (1) Kita lagi ngomongin siapa sih?
9.    Cinta    : (1) Dengerin ya, kalau gue bilang dia tu dah mati rasa. (2) Sok
cuek, tau nggak loe. (3) Udah kayak sastrawan besar, gitu. (4)
Belagu banget, gue yakin banget tu anak nggak ada temennya.
(5) Pasti nggak gaul sama sekali.
10.    Alya    : (1) Emang dia bilang apa sih?
11.    Cinta    : (1) Dia bilang, nggak mau diwawancara. (2) Masak bukan dia
pemenangnya. (3) Gue disuruh wawancara dewan juri. (4) Kurang
ajar nggak sih?
12.    Karmen    : (1) Mana sih anaknya, gue timpal deh sekarang.
13.    Cinta    : (1) Nggak, nggak usah gitu juga sih Men. (2) Soalnya dia entar
ngerasa penting lagi.
14.    Milly    : (1) Oh, gue tau, gue tau. (2) Kita lagi ngomongin pemenang
lomba puisi itu kan. (3) Siapa namanya?
15.    Alya    : (1) Rangga. (2) Jadi bener ni Ta, nggak ada wawancara
pemenang?
16.    Memet    : (1) (masuk ruangan) Memet mau ngumpulin.
17.    Karmen    : (1) Apa sih Met?
18.    Memet    : (1) Cinta, sudah dengerin nggak lagu buat Cinta waktu itu dari
Memet?
19.    Cinta    : (1) Ya udah, makasih ya.
20.    Memet    : (1) Ya, ini mau ngumpulin cerpen buat madding.
21.    Karmen    : (1) Ya udah. (2) Trus, kamu keluar dulu ya. (3) Kita lagi rapat
penting.
22.    Memet    : (1) Tapi entar tolong itu dimuat ya?
23.    Karmen    : (1) Ya,ya.
24.    Memet    : (1) Ya, bener ya? (2) Cinta baca ya?
25.    Karmen    : (1) Trus, gimana, kita samperin tu anak rame-rame? (pintu
terbuka). (2) Loe itu bolak-balik kayak….
26.    Borne    : (1) (masuk ruangan) Ada apa sih, sori kalao gue ganggu. (2) Gue
cuma mau nanya, entar sore jadi pergi Ta?
27.    Cinta    : (1) Mmm, ya udah nanti ditelepon dulu, sorean.

ADEGAN 8
Setting            : di kamar.
Deskripsi Suasana    :Alya sedang mencurahkan hatinya kepada Cinta.
1.    Cinta    : (1) Halo?
2.    Alya    : (1) Ta, masih bete nggak Ta?
3.    Cinta    : (1) Ya, gitu deh. (2) Gak tau, orang itu nyebelin banget, tau nggak
sih. (3) Baru tau gue ada orang kayak dia ya. Dari mukanya aja
gak ngenakin. (4) Loe tau nggak, bukunya aja dah sok antik. (5)
Gue rasa itu uma biar kelihatan lebih intelek aja, tau nggak.
4.    Alya    : (1) Iya, iya gue denger. (2) Nggak, gue nggak pa-pa. Kayaknya
elo yang lagi bermasalah ya? (3) Bukannya elo ada janji sama
Borne? (4) Ya udah deh, ntar kelamaan ngobrol sama gue loe lupa
siap-siap lagi ya, bye.

ADEGAN 9
Setting            : di rumah Cinta.
Deskripsi Suasana    : Cinta hendak pergi.
1.    Cinta    : (1) Mas, nanti kalo misal ibu nanyain, bilangin aku ke mal bentar
yah?
2.    Kakak Cinta : (1) Oke.
3.    Cinta    : (1) Dah!
4.    Borne    : (1) Hai Cinta. (2) Eh, kita langsung nonton aja ya? (3) Soalnya
filmnya mainnya bentar lagi nih. (4) Jadi, nanti abis film kita
masih banyak waktu buat nongkrong. (5) Kenapa sih?
5.    Cinta    : (1) Kalau nggak nonton nggak pa-pa kan?
6.    Borne    : (1) Tapi loe mau pergi kan?
7.    Cinta    : (1) Yam au. (2) Cuman, nggak mau nonton. (3) Nggak pa-pa kan?

ADEGAN 10
Setting            : di mal.
Deskripsi Suasana    : Cinta menhindar dari Borne, agar ia bisa mencari buku seperti milik Rangga.
1.    Cinta    : (1) Loe mau ke bagian otomotif?
2.    Borne    : (1) Emang kenapa?
3.    Cinta    : (1) Nggak, gue cuma mau nyari buku buat bahan mading
besok. (2) Ntar loe bete lagi. Ntar ya? Mbak, Mbak, Aku-nya
Kusumanjaya ada nggak, Mbak?
4.    Penjaga Toko: (1) Aku-nya Kusumanjaya? (2) Mmm, buku lama ya?
5.    Cinta    : (1) Ya.
6.    Penjaga Toko: (1) Nggak ada.

ADEGAN 11
Setting            : di ruang mading.
Deskripsi Suasana    : Rangga mencari Cinta.
1.    Rangga    : (1) Bisa ngomong sebentar? (2) Nggak bisa?
2.    Cinta    : (1) Masalahnya apa dulu nih? (2) Kita ngobrol di luar aja. (3) Ada
apa?
3.    Rangga    : (1) Maksudnya apa nih?
4.    Cinta    : (1) Surat gue dibaca juga? (2) Kirain mau baca-bacaan penting
aja, karya sastra.
5.    Rangga    : (1) Kamu ini kenapa sih? (2) Tersinggung, gara-gara saya nggak
mau diwawancara? (3) Ya udah, wawancara sekarang. (4) Nggak
usah manja.
6.    Cinta    : (1) Enak aja loe ngatain gue manja. (2) Elo mau diwawancara
sekarang? (3) Basi! (4) Madingnya udah mau siap terbit (Rangga
pergi). (5) Liat tu cowok, plin-plan banget tu, kenapa tu?
7.    Alya    : (1) Tapi Ta, loe harus tetep wawancara dia kan?
8.    Cinta    : (1) Gue males banget, tau nggak? (2) Ya udah, gampang tinggal
cari data-data doang di tata usaha atau wali kelasnya. (3) Udah gak apa-pa. (4) Kita kerjain sekarang deh.

ADEGAN 12
Setting            : di sekolahan
Deskripsi Suasana    : Rangga kehilangan buku Aku-nya kusumanjaya.
1.    Krebo    : Men, loe nyari apaan loe men?
2.    Rangga    : Nyari buku, judulnya Aku. Lihat nggak?
3.    Krebo    : Gue sih ngertinya komik.

ADEGAN 13
Setting            : di kantin.
Deskripsi Suasana    : membicarakan keterlembatan Cinta.
1.    Maura    : Loe telat amat sih hari ini?
2.    Cinta    : Hai girl?
3.    Maura    : (1) Kagak mau on time. (2) Kenapa sih akhir-akhir ini telat
melulu?
4.    Karmen    : Tau loe. Predikat bangun siang siang kan punya gue, Ta?
5.    Maura    : Jangan berebut gitu dong. Ketawa sih elo, Ta. Apaan?
6.    Cinta    : Marah ya, predikatnya diambil? Nggak tau gue akhir-akhir ini.
Gue rada-rada nggak bisa tidur gitu, tau nggak sih loe. Oke,
kalau gue rasa kamar perlu di dekor deh, ya? Lagian kemarin gue
kan baca karya Chairil Anwar, dia bilang begini, tau nggak aku
susah tidur, orang. Orang gonggong, anjing gonggong, dunia
jauh mengabur. Pas banget kan? Pas banget kan? Pas banget
sama nasib gue. Sama banget tau
nggak loe. Itu keren banget kalo bisa bikin kata-kata gitu. Serius
gue!
7.    Milly    : Serius, gue juga serius.
8.    Karmen    : Eh Ta, loe makan deh bakso tuh enak banget, elo tau nggak?
9.    Cinta    : Iya, gue laper nih, sebentar.
10.    Maura    : Baksonya enak loe Ta.
11.    Alya    : Gue juga Ta, sekalian pesenin.
12.    Milly    : Maksudnya apa sih anjing menggonggong, apa segala macam itu?

ADEGAN 14
Setting            : di kelas.
Deskripsi Suasana    : Rangga menemukan buku yang dicari.
1.    Rangga    : Apaan nih?
2.    Krebo    : Tau!
3.    Rangga    : Wah, ketemu nih.
4.    Krebo    : Nemu buku kayak ketemu cewek cakep aja loe.

ADEGAN 15
Setting            : di sekolah.
Deskripsi Suasana    : Rangga mengucapkan terima kasih kepada Cinta
1.    Rangga    : (1) Cinta.
2.    Cinta    : (1) Manggil? (2) Kenapa? (1) Mau ngajak berantem lagi?
3.    Rangga    : (1) Ah, nggak. (2) Saya mau ngucapin terima kasih sama kamu.
(3) Sempet kebingungan juga nyariknya. (4)  Buku langka
soalnya.
4.    Cinta    : (1) Lalu?
5.    Rangga    : (1) Lalu, kok senyum?
6.    Cinta    : (1) Lalu apa?
7.    Rangga    : (1) Ya udah, gitu aja. (2) Makasih ya.
8.    Cinta    : (1) Hei, kamu itu kalo lagi kebingungan tu lebih nyenengin ya?
(2) Kamu bingung aja terus.
9.    Rangga    : (1) Kamu?
10.    Cinta    : (1) Ha?
11.    Rangga    : (1) Ya kamu. (2) Biasanya ngomongnya loe-gue?
12.    Cinta    : (1) Males terus. (2)  Ngomong-ngomong, dulu belinya dimana?
13.    Rangga    : (1) Buku ini? (2) Di toko loak. (3) Kalo cari di toko buku besar,
nggak ada.
14.    Cinta    : (1) O, kalo saya dulu ya ke penerbitnya, jadi ya….
15.    Rangga    : (1) Kamu punya juga?
16.    Cinta    : (1) Hmm, ya punyalah.
17.    Rangga    : (1) Suka nggak?
18.    Cinta    : (1) Hmm, suka banget. (2) Apa lagi pas di endingnya pas Chairil
Anwar ngerasa berjalan di atas pasir.
19.    Rangga    : (1) Ya, yang dia ngerasa ada sosok dirinya di sebelahnya.
20.    Cinta    : (1) Ya, ya, ya trus dia ngomong sendiri.
21.    Cinta dan Rangga : Bukan maksudku tuk berbagi/nasib, nasib/adalah
kesendirian masing-masing.
22.    Cinta    : (1) Sayang, Kusumanjayanya keburu meninggal.
23.    Rangga    : (1) Eh, kalau kau suka puisi-puisinya Chairil Anwar yang lainnya
ada. (2) Tuh di toko buku langganan saya.
24.    Cinta    : (1) Ohya? (2) Dimana?
25.    Rangga    : (1) Di Kwitang.
26.    Cinta    : (1) O, Kwitang. (2) Udah lagi pingin ke sana. (3) Cuma, belum
sempat aja.
27.    Rangga    : (1) Sore ini saya mau ke sana. (2) Jangan salah sangka dulu. (3)
Saya nggak ngajak kamu kok. (4) Kalau mau ikut ya silakan,
kalau nggak juga nggak pa-pa.
28.    Cinta    : (1) Iya nggak sih. (2) Saya juga nggak ngira kamu bakal ngajak
nge-date.
29.    Rangga    : Iya, saya juga mastiin aja nggak salah sangka.
30.    Cinta    : Mmm, entar sore ya. Lihat entar deh.

ADEGAN 16
Setting            : di toko buku Kwitang.
Deskripsi Suasana    : Rangga dan Cinta bersama ke toko buku loak di Kwitang.
1.    Limbong    : Eh Rangga, lagi mimpi apa gue?
2.    Rangga    : Kenapa emangnya Bong?
3.    Limbong    : Aneh kali, bawa cewek?
4.    Rangga    : Alah. Cinta, kenalkan ini Limbong. Konglomerat buku bekas di
sini.
5.    Cinta    : Cinta.
6.    Limbong    : Limbong.
7.    Rangga    : Lihat-lihat aja dulu, Ta.
8.    Limbong    : Silakan.
9.    Rangga    : Sastra ada di sebelah sana.
10.    Limbong    : Gimana kau? Sudah dapat bukunya? Udah nggak ada.
11.    Rangga    : Udah. Itu dia yang nemuin.
12.    Limbong    : He he he. Macam Rhoma taun 70-an aja kau ini. Berawal dari
buku berlanjut ke malam Minggu. Ohya Ngga, ah ini yang kau
cari. Apa ini? Nyok?
13.    Rangga    : New York?
14.    Limbong    : Ya, New York. Kamu pingin pergi ke sana?

ADEGAN 17
Setting            : di lapangan sekolah.
Deskripsi Suasana    : Keempat teman Cinta mencemaskan Cinta yang belum datang.
1.    Maura    : Duh, Cinta kemana sih?
2.    Milly    : Tau nih, Pas Bandnya aja mau mulai.
3.    Memet    : Hai semua?
4.    Karmen    : Kok justru Nobita sih yang dateng.
5.    Memet    : Gue bawa bungkus CD buat baca contekan.
6.    Maura    : Loe mau nyanyi juga?
7.    Memet    : Ya jelas dong. Eh ya, si anu mana? Si Cinta?

ADEGAN 18
Setting            : di toko buku.
Deskripsi Suasana    : pertengkaran Rangga dan Cinta.
1.    Cinta    : Ya ampun.
2.    Rangga    : Kenapa Ta?
3.    Cinta    : Aduh, gue lupa janji sama anak-anak nonton konsernya Pas hari
ini.
4.    Rangga    : Nggak ada kamu, Pas tetep manggung kan?
5.    Cinta    : Jangan gitu dong, tapi aku kan sudah janji ama temen-temen
sejak kapan tau.
6.    Rangga    : (1) Kamu ini pingin nonton, karena kamu pingin nonton apa
nggak enak sama temen-temen kamu?
7.    Cinta    : Ya, dua-duanya. Saya pulang duluan aja ya?
8.    Rangga    : Kayak nggak punya pendirian aja.
9.    Cinta    : Ha, apa kamu bilang?
10.    Rangga    : Iya, nonton harus sama-sama, pulang sekolah sama-sama,
Berangkat juga sama-sama. Apa namanya kalo bukan
mengorbankan kepentingan pribadi kepentingan yang kurang
prinsipil?
11.    Cinta    : Rangga, ini sangat prinsipil!
12.    Rangga    : Ohya?
13.    Cinta    : Heh, apa juga gue ngomong sama loe.  Elo punya temen aja
nggak.
14.    Rangga    : Paling tidak, saya tidak bergantung sama siapa-siapa. Ya udah
deh, mendingan kamu susul teman-teman kamu. Bisa pulang
sendiri?
15.    Cinta    : Apa tu maksudnya?
16.    Rangga    : Ya, perempuan kayak kamu gak pantes aja jalan di tempat kayak
gini sendirian.
17.    Cinta    : Perempuan kayak gue? Perempuan kayak gimana tu maksud
loe? Rugi gue buang-buang waktu sama loe.
18.    Limbong    : Ha ha ha. Rangga, bodoh sekali kamu Rangga. Jangan kamu pikir
Cewek yang marah itu bener-bener marah. Nggak, itu Cuma
taktik buat memancing inisiatif kamu. Ayo, kejar. Ayo. Kamu
perhatikan ya, kalau dia sampaiu nengok kemari, berarti dia
beraharap kau mengejarnya. Perhatikan ini (dalam hitungan ke
lima, Cinta menoleh ke arah Rangga). Ayo kejar, cepet. Ayo
kamu  jangan, ayo. Bagaimana sih? Ini hanya tipu, tipu. Ayolah,
lari.

ADEGAN 19
Setting            : di halaman sekolah.
Deskripsi Suasana    : Cinta datang ketika konser Pas sudah dimulai.
1.    Cinta    : Hai?
2.    Maura    : Kapan loe datang Ta?
3.    Cinta    : Kan, tadi sama-sama?
4.    Maura    : Ah, bercanda loe.
5.    Cinta    : Nggak, tadi terlambat. Ya, tadi terlambat.

ADEGAN 20
Setting            : di rumah Cinta.
Deskripsi Suasana    : Alya ke rumah Cinta, menceritakan masalahnya.
1.    Alya    : Ta, gue tidur di sini ya?
2.    Cinta    : Kenapa Al?
3.    Alya    : Biasalah, kabur sama nggak dapat jatah.
4.    Cinta    : (1) Loe gak bisa, nganggep biasa gitu dong, Al. (2) Loe harus
ngomong sama nyokap loe.
5.    Alya    : (1) Percuma, Ta. (2) Gue dah sering banget ngomongin ini sama
nyokap gue, kalau kita tu bisa hidup tanpa bokap gue. (3) Tapi,
yang udah-udah malah gue yang dimarahin. (4) Nyokap gue
bilang, gue nggak pengertian. (5) Nyokap gue bilang, gue egois.
(6) Gue nggak ngerti, Ta. (7) Kan nyokap gue masih cinta sama
bokap gue yang jelas-jelas tiap hari mukulin nyokap gue, mukulin
gue. (8) Semua berantakan, hancur.
6.    Cinta    : Kenapa loe nggak bilang am ague dari tadi? Elo kalo ada apa-apa
ngomong sama gue.
7.    Alya    : Selama ini loe dah terlalu banyak mbantu gue Ta. Gue nggak mau
ngebebani elo.
8.    Cinta    : Tapi, elo tu nggak ngebebani gue apapun.
9.    Alya    : Elo nggak ada acara?
10.    Cinta    : Nggak, kenapa?
11.    Alya    : Borne nggak dateng?
12.    Cinta    : (1) Gila apa loe. (2) Kalo misal Borne dibiarin dateng ke sini,
malem-malem Minggu gini? (3) Dah merasa pacar beneran nanti
dia (Cinta menyanyi).
13.    Alya    : Ta, loe bikin lagu dari puisinya Rangga ya?
14.    Cinta    :  (1) Ih , gue tu nggak ngerti deh ama dia tu. (2) Kesel banget, tau
nggak loe. (3) Gue ama dia. Baru aja deket, bawaan gue dah
nyolot.
15.    Alya    : Lagi bareng dia maksud loe?
16.    Cinta    : Loe dah nuduh gua jadi ama dia?
17.    Alya    : Tu, kok loe jadi ngira gue yang nuduh?
18.    Cinta    : Ya, apa?
19.    Alya    : Jadi, loe tadi pergi sama Rangga?
20.    Cinta    : Cuma bentar, itu juga Cuma nyari bahan-bahan buat madding.
Pasti cuma sekali itu aja. Itu juga karena terpaksa banget.
21.    Alya    : Tak apa Ta, tapi loe pergi sama Rangga kan?
22.    Cinta    : (1) Mmm, tapi bukan ngedate. (2) Jangan bilang si Maura dan si
Karmen, si Milly, please.
23.    Alya    : Cinta, sama gue pakek rahasia-rahasia segala. Kayak gue ini siapa
aja. Jadi, loe ngapin aja?
24.    Cinta    : Ngapaian aja lagi. Ya, kesimpulannya gue lebih perlu orang kaya
Maura, Karmen, kaya Milly, kayak Alya untuk jadi sahabat gue di
dunia ini daripada orang nyebelin kayak Rangga gitu. Soalnya,
terus terang aja, elo berempat tu udah bener-bener baik sama gue.
Loe berempat tu sahabat gue sejati, tau nggak? Percaya deh, Al.
Kalau ada apa-apa cerita ya ke gue.
25.    Alya    : Ya.

ADEGAN 21
Setting            : di lapangan basket.
Deskripsi Suasana    : Rangga menjelaskan kejadian di toko buku kepada Cinta.
1.    Rangga    : Bisa bicara sebentar?
2.    Cinta    : Kita ngomong di sana.
3.    Rangga    : Saya mau minta maaf sama kamu yang di Kwitang kemarin.
4.    Cinta    : Maaf apaan?
5.    Rangga    : Saya ngerasa agak keterlaluan.
6.    Cinta    : Bagian mana yang keterlaluan?
7.    Rangga    : Yang jelas, saya sudah bikin kamu marah. Makanya, saya minta
maaf ke kamu.
8.    Cinta    : Ya udah dimaafin.
9.    Rangga    : Temen-temen kamu pasti nggak suka ya saya di sini?
10.    Cinta    : Kok loe njelek-njelekin temen-temen gue lagi sih?
11.    Rangga    : Kau sendiri malukan, ngobrol sama saya di sini?
12.    Cinta    : Kok jadi gitu sih?
13.    Rangga    : Ya, kalau kamu nggak malu, kenapa kamu nggak berani lihat
mata saya? Ngeliatin ke kanan, ke kiri. Risih ya?
14.    Cinta    : Pikiran loe, jelek amat sih?
15.    Rangga    : Saya Cuma pingin baca pikiran anak-anak gaul kayak kamu,
bukan teman-teman kamu.
16.    Cinta    : Udah bisa baca pikiran anak-anak gaul? Terus, sekarang loe
sudah berani vonis kita nggak punya kepribadian, nggak
prinsipil? Nah, sekarang kalo elo ngerasa aneh di tempat-tempat
ramai kayak gini, tu salah siapa? Sekarang gue Tanya, salah gue?
Terus, kalao elo sekarang nggak punya temen sama sekali kayak
sekarang tu, salah siapa? Salah gue? Salah temen-temen gue,
salah gue, gue Tanya? Loe cuma pingin nyakitin gue,
tau nggak loe. Loe itu nggak mau minta maaf. Loe itu Cuma
pingin nyakitin gue, njelek-njelekin gue ama temen-temen gue.
Loe gue bilang ya. Loe itu bener-bener sakit jiwa.

ADEGAN 22
Setting            : di belakang sekolah.
Deskripsi Suasana    : Borne mengeroyok Rangga.
1.    Borne    : Ada urusan apa loe sama Cinta?
2.    Rangga    : Oh, urusan pribadi.
3.    Borne    : Iya, gue tau. Tapia pa?
4.    Teman Borne: Loe nggak usah nanya deh. Loe jawab aja.
5.    Rangga    : Jadi, kamu yang boleh nanya?
6.    Teman Borne: He, loe tau? Borne ini pacarnya Cinta. Loe jangan macem-    macem ama Borne. Kalau loe macem-macem ama Borne, loe harus ngadepin gue, dan dia, dan dia. Ngerti?

ADEGAN 23
Setting            : di lapangan basket.
Deskripsi Suasana    : Perasaan Cinta yang sedang cemas.
1.    Maura    : Borne kemana sih Ta?
2.    Cinta    : Hah?
3.    Maura    : Borne kemana?
4.    Cinta    : Nggak tau.

ADEGAN 24
Setting            : di belakang sekolah.
Deskripsi Suasana    : Borne menghajar Rangga.
1.    Borne    : Gini aja kesepakatannya. Kalo elo kalah lawan gue, loe janji loe
gak bakal ngeganggu Cinta lagi.
2.    Rangga    : Saya yakin nggak ada yang ngerasa keganggu, kecuali kamu dan
bodyguard ini.
ADEGAN 25
Setting            : di sebuah mobil.
Deskripsi Suasana    : Gosip tentang keluarga Rangga.
1.    Milly    : Lama nih.
2.    Maura    : Lama sekali. Elodah dengar cerita tentang Rangga?
3.    Cinta    : Apaan?
4.    Maura    : Katanya sih, papanya bermasalah gitu.
5.    Cinta    : Masalah apa sih maksud loe?
Moura hanya mengangkat kedua bahunya.

ADEGAN 26
Setting            : di kamar Cinta.
Deskripsi Suasana    : Cinta memastikan cerita tentang keluarga Rangga ke Borne.
1.    Borne    : Gue sendiri nggak tau persisnya tujuan kegiatan dia itu apa.
Tapi, asal loe tau aja, keluarga Rangga itu berbahaya.
2.    Cinta    : Ohya?

ADEGAN 27
Setting            : di lorong kelas.
Deskripsi Suasana    : mereka berlima sedang bercanda, sementara Cinta masih penasaran dengan sosok Rangga.
1.    Milly    : Kamu entar, kalau misalnya mandi, trus ada macan, kamu buka
celana kamu. Kamu nungging, ngomong macan-macan.
2.    Cinta    : Eh, gue bentar. Gue harus ambil naskah di atas bentar ya.
3.    Karmen    : Ngapain sih Cinta?
Cinta menuju kelas Rangga.
4.    Krebo    : Oh, si Rangga. Gak ada yang tau. Dah dua hari nggak masuk.
5.    Cinta    : Kemana?
6.    Krebo    : Pulang kampong kali, ke Mars. Kumpul keluarga besarnya.
Keluarga alien. Ha ha ha.
7.    Cinta    : Ya udah deh.
ADEGAN 28
Setting            : Di tangga.
Deskripsi Suasana    : Cinta mencari tau keadaan Rangga kepada Pak Wardiman.
1.    Cinta    : Pak Wardiman! Lho, Pak Wardiman kok cuek sih sama saya.
2.    Pak Wardiman: Lho, masak saya suruh manggil-manggil neng Cinta kayak
cowok kelas tiga aja?
3.    Cinta    : Hmm, Pak. Pak, tau Rangga kemana nggak?
4.    Pak Wardiman: Hah?

ADEGAN 29
Setting            : di rumah Rangga.
Deskripsi Suasana    : Cinta berkunjung ke rumah Rangga untuk mencari tau tentang berita yang dia dengar dari Borne.
1.    Cinta    : Rangga.
2.    Bapak Rangga    : Siapa Ngga?
3.    Rangga    : Temen sekolah.
4.    Bapak Rangga    : O, silakan.
5.    Rangga    : Duduk Ta, kok bisa sampai di sini?
6.    Cinta    : (1) Iya, kata Pak Wardiman, kamu sakit parah digebukin orang.
(2) Gimana sih ceritanya?
7.    Rangga    : (1) Dikerjain kamu sama Pak Wardiman. (2) Dia itu memang
suka gitu, bikin sensasi. (3) Kayak yang lomba puisi kemarin, kan
dia yang ngirimin puisi saya ke panitia.
8.    Cinta    : Trus, itu kenapa jadi begitu bentuknya?
9.    Rangga    : Oh ini? Kemarin, waktu turun di bus Bulak Rante, trus ada
tawuran. Trus, dikeroyokin kayak gini.
10.    Cinta    : Hmm.
11.    Rangga    : Kok belum dijawab sih?
12.    Cinta    : Hmm?
13.    Rangga    : Kok bisa sampai sini? Kenapa? Merasa kehilangan saya ya?
Kangen, berantem sama saya?
14.    Cinta    : Hmm? Serius ya, kalo elo mikirnya kayak gitu, mending saya
pulang aja.
15.    Rangga    : Jangan, jangan. Bercanda (Ayah Rangga datang)
16.    Bapak Rangga    : Saya Yos Rizal.
17.    Cinta    : Cinta Om.
18.    Bapak Rangga    : Cinta? Wow, nama yang bagus.
19.    Cinta    : Makasih Om.
20.    Bapak Rangga    : Ayo diminum.
21.    Cinta    : Kok, Om yang bikin sih On?
22.    Bapak Rangga    : Memangnya siapa yang bikin? Cinta mau bikin buat kami
berdua? Heh monyet, katanya kamu mau masak. Jadi
nggak?

ADEGAN 30
Setting            : di lapangan basket.
Deskripsi Suasana    : Keempat temannya mengkhawatirkan perubahan sikap Cinta.
1.    Karmen    : (1) Mil, bener? (2) Tadi dah nelpon ke rumah Cinta?
2.    Milly    : (1) Bener kok.
3.    Karmen    : (1) Jadi, bener, dia nggak ada di rumah?
4.    Milly    : (1) Nggak.

ADEGAN 31
Setting            : di dapur.
Deskripsi Suasana    : Cinta menemani Rangga memasak, sambil mencari keterangan tentang diri Rangga dan keluarganya.
1.    Cinta    : (1) Waw!
2.    Rangga    : (1) Kamu pasti nggak bisa masak.
3.    Cinta    : (1) Bisa!
4.    Rangga    : (1) Masak apa? (2) Masak air?
5.    Cinta    : (1) Masak mie instant. (2) Nggak ada yang bisa saya Bantu ya?
6.    Rangga    : (1) Apa ya, ini deh dipotong.
7.    Cinta    : (1) Ini? (2) Ah motong-motong doang sih bisa. (3) Ehm,
emangnya lagi nggak ada pembantu?
8.    Rangga    : (1) Ada sih, cuma lagi pulang kampung. (2) Ada saudaranya yang
melahirkan apa.
9.    Cinta    : (1) Trus, kalo ibu kemana?
10.    Rangga    : (1) Ehm, ini potongnya agak miring sedikit bisa nggak?
Sementara itu, di lapangan basket, keempat temannya sedang membicarakan perubahan sikan Cinta.
11.    Maura    : (1) Eh, loe tau nggak sih, si Cinta kenapa sih?
12.    Alya    : (1) Lagi bingung soal Borne kali?
13.    Milly    : (1) Iya, loe sih maksa-maksa dia terus biar cepet-cepet jadian ama
Borne.
14.    Maura    : (1) Alah, kok jadi gue yang salah sih?
Sedangkan Cinta masih di Dapur dengan Rangga.
15.    Cinta    : (1) Aduh, deh.
16.    Rangga    : (1) Kenapa sih?
17.    Cinta    : (1) Pedes, aduh deh.
18.    Rangga    : (1) Coba.
19.    Cinta    : (1) aduh, aduh. (2) Pedes banget lho, sumpah.
Akhirnya mereka menyelesaikan memasaknya.
20.    Rangga    : (1) Kamu suka musik kayak gini?
21.    Cinta    : (1) Asyik juga.
22.    Bapak Rangga    : (1) Siap-siap, Cinta, siap-siap.
23.    Cinta    : (1) Siap-siap kenapa Om?
24.    Bapak Rangga    : (1) Untuk makan. (2) Cuma, masakannya tidak seasick
musiknya Cinta.
25.    Cinta    : (1) Tapi, baunya udah enak gini kok Om.
26.    Bapak Rangga    : (1) Masakannya emang Cuma dua macem. (2)
Maklumlah, makan di rumah pensiunan yang tidak pernah
menerima uang pensiun.
27.    Cinta    : (1) Maksud Om?
28.    Rangga    : (1) Dia orang bandel sih.
29.    Bapak Rangga    : (1) Hus, monyet!
30.    Cinta    : (1) Siapa yang bandel emangnya?
31.    Rangga    : (1) Siapa lagi.
32.    Cinta    : (1) Bandel gimana?
33.    Rangga    : (1) Taun ‘96 bikin tesis tentang kebusukan orang-orang di
pemerintahan. (2) Ya, sama saja cari mati. (3) Ya mending, kalo
cuma di pecat. (4) Dituduh komunislah, terlihat gerakan maker
lah.
34.    Cinta    : (1) Lho, tapi bukannya sekarang udah reformasi Om, jadi udah
nggak masalah lagi kan?
35.    Bapak Rangga: (1) Apanya yang reformasi, Cinta?
Seseorang melempar dua bom ke rumah Rangga.
Rangga    : (1) Kamu nggak pa-pa? (Rangga menejar pelempar bom, tetapi
gagal) Pengecut!

ADEGAN 32
Setting            : di depan perpustakaan.
Deskripsi Suasana    : Rangga mengajak Cinta ke Kafe.
1.    Cinta    : (1) Rangga, kemarin dah ketemu siapa yang ngelempar bom?
2.    Rangga    : (1) Ah, mending juga nggak ketauan, daripada ketauan
dihukum aja nggak.
3.    Cinta    : (1) Hmm.
4.    Rangga    : (1) Kamu nggak masuk?
5.    Cinta    : (1) Mau ngembaliin ini.
6.    Rangga    : (1) Udah, itu nggak usah dibalikin. (2) Buat kamu kok.
7.    Cinta    : Serius?
8.    Rangga    : Ya, kalau kamu suka.
9.    Cinta    : Suka banget.
10.    Rangga    : Kemarin, saya belum cerita ya sama kamu. Mereka tu, setiap
malem Minggu, manggung di Blues Kafe.
11.    Cinta    : Ohya?
12.    Rangga    : (1) Mau nonton bareng? (2) Nanti malem saya mau ke sana.
13.    Cinta    : Mmm?
14.    Rangga    : Kok mikirnya lama?
15.    Cinta    : Mmm, nanti sorean di telepon lagi deh.
16.    Rangga    : Ok, saya tunggu ya?
17.    Cinta    : Ya udah deh.

ADEGAN 33
Setting            : di kamar Cinta.
Deskripsi Suasana    : Cinta sedang mencari cara untuk membatalkan janji dengan teman-temannya. Cinta ingin pergi bersama Rangga.
1.    Cinta    :  (1) Ra. Cinta nih, Ra. (2) Kayaknya gue nggak bisa ikutan deh,
Ra. (3) Tau nih, abis tiba-tiba kepala jadi pusing banget nih. (4)
Ya, kasih tau gue mau ke dokter deh. (5) Ya abis gimana dong?
(6) Namanya juga sakit, mau diapain lagi? (7) Nggak pa-pa ya?
(8) Bilangin sama anak-anak. (9) Sori banget ya. (10) Have fun
ya. Dah. (Cinta menutup teleponnya, dan kembali menelpon ke
rumah Rangga). (11) Rangga?

ADEGAN 34
Setting            : di rumah Cinta
Deskripsi Suasana    : Cinta bingung antara pergi dengan Rangga atau menemai Alya yang sedang dalam masalah.
1.    Cinta    : (1) I’m coming!
2.    Ayah Cinta: (1) Jangan malem-malem
3.    Cinta    : (1) Oke bos!
4.    Ibu Cinta    : (1) Cinta, dari Alya.
5.    Cinta    : (1) Bentar bu, ya.
6.    Ibu Cinta    : (1) Bentar ya Alya.
7.    Cinta    : (1) Pak, tunggu sebentar ya Pak (taksi Cinta menunggu di luar).
(2) Halo, Al nggak ikut sama yang lain? Halo?
8.    Alya    : (1) Gue ke rumah loe, sekarang ya?
9.    Cinta    : (1) Kenapa Al?
10.    Alya    : (1) Ngobrol sebentar aja ya. (2) Boleh nggak?
11.    Cinta    : (1) Ha? Hmm, ya gimana ya Al ya? (2) Gue lagi mau berangkat
nih. (3) Mau pergi. (4) Ke dokter, ke dokter. (5) Hallo? Al?
12.    Alya    : (1) Ta, gue perlu banget ngomong sama loe.
13.    Cinta    : (1) Aduh, gimana ya Al ya? (2) Nih, gue pas banget ni mau pergi
ni. (3) Pas banget ni. (4) Ni, di depan taksi baru, nungguin lama
tu. (5) Ya udah, gini deh. (6) Abis ini gue ke rumah loe deh ya?
(7) Abis tu gue, kalau nggak sekalian aja tidur di rumah loe. (8)
Ya, Al ya? Alya?
14.    Alya    : (1) Oke Ta.
15.    Cinta    : (1) Ya dah. Ya Al ya, gue pergi dulu ya?

ADEGAN 35
Setting            : di kafe.
Deskripsi Suasana    : Cinta menyanyikan sebuah lagu bersama penyanyi kafe.
1.    Cinta    : (1) Siapa sih, gitarisnya?
2.    Rangga    : (1) Namanya Rama. (2) Rama!
3.    Cinta    : (1) Kok dipanggil sih?
4.    Rangga    : (1) Dia suadara saya. (2) Kenalin nih, Cinta.
5.    Rama    : (1) Halo, Rama.
6.    Cinta    : (1) Cinta.
7.    Rama    : (1) Jadi, ini yang namanya Cinta nih?
8.    Cinta    : (1) Kamu udah cerita apa saja tentang saya?
9.    Rama    : (1) Ada sih. (2) Dia bilang ada cewek yang nyebelin gitu katanya.
Nonton, gitar tadi?
10.    Cinta    : (1) Tapi saya suka banget lho ama demo lagunya.
11.    Rama    : (1) Makasih, makasih. (2) Ok, tapi kalau dia yang bikin pasti
lebih bagus lagi.
12.    Rangga    : (1) Saya bilang sama dia kalau kamu bisa nggitar.
13.    Cinta    : (1) Ngacau. (2) Bo’ong, bo’ong.
14.    Rama    : (1) Ntar, ntar. (2) Malem, tadi seharusnya sih saya break, tadi
cuma berhubung ada temen. (3)  Temen special dari saudara saya,
Rangga, namanya Cinta. (4) Dia baru sekali ke sini. (5) Ni baru
sekali ke sini. (6) Trus, dia pingin nyanyi satu lagu. (7) Ya, tu. Tu,
anaknya tuh. (8) Tepuk tangan dong buat Cinta.
15.    Cinta    : (di panggung) (1) Sebenarnya sih, nggak bisa nyanyi. (2) Nggak,
tapi saya cuma suka aja. (3) Jadi gini deh, kalau sekarang saya
disuruh nyanyi. (4) Saya nggak tau mau nyanyi apa. (5) Jadi,
mmm, yang lain aja ya. (6) Entar ya?

ADEGAN 36
Setting            : di jalan.
Deskripsi Suasana    : Rangga menceritakan tentang keluarganya.
1.    Cinta    : (1) Tapi, tai kamu marah nggak, puisimu digituin tadi?
2.    Rangga    : (1) Ya nggak lah. (2) Orang jadinya bagus banget kok. (3) Suara
kamu bagus juga ya.
3.    Cinta    : (1) Oya? (2) Makasih. (3) Eh, taksi, taksi. (4) Kok nggak ada
yang mau berhenti sih?
4.    Rangga    : (1) Kita nyebrang aja yuk?
5.    Cinta    : (1) Duh, nggak dapet-dapet nih taksinya. (2) Udah ah, kita
pulangnya jalan kaki aja deh.
6.    Rangga    : (1) Kamu nggak kejauhan?
7.    Cinta    : (1) Ya, lumayan sih. (2) Eh, ada tukang kacang. (3) Beli kacang
yuk? Dah lama tu nggak makan kacang rebus. (4) Pak ada nggak
pak? (5) Kacang rebus.
8.    Rangga    : (1) Cinta, ada taksi. (2) Pak Sriwijaya Golf ya?
9.    Seorang ibu : (1) Nak, taksinya untuk ibu bisa nggak nak ya? (2) Ibu
kemaleman. (3) Bisa ya?
10.    Rangga    : (1) Ohya Bu.
11.    Ibu        : (1) Makasih nak.
12.    Cinta    : (1) Ha ha ha.
13.    Rangga    : (1) Nggak pa-pa nih jalan?
14.    Cinta    : (1) Ya.
15.    Rangga    : (1) Kamu kan nggak biasa jalan. (2) Besok, kalo kakinya
bengkak, saya yang disalahin.
16.    Cinta    : (1) Eh, udah deh. (2) Nggak ngeledek kenapa sih?
17.    Rangga    : (1) Ya, tapi emang bener kan? (2) Di rumah, semuanya pasti
dikerjain pembantu.
18.    Cinta    : Enggak juga. Kalau ada pembantu, kenapa nggak dikasihkan
kerjaan.
19.    Rangga    : Ya, kalau bisa dikerjain sendiri, kenapa harus dikerjain
pembantu?
20.    Cinta    : Ya, kalau misalnya ada pembantu, kenapa harus dikerjain sendiri.
Hayo?
21.    Rangga    : Ehm, Cinta. Aku pingin ngomong sesuatu nih.
22.    Cinta    : Apaan. (Rangga menggoyangkan pohon yang baru saja hujan).
Gimana sih?
23.    Rangga    : Aduh!
24.    Cinta    : (1) Jahat banget sih kamu, kesel tau nggak? (2) Ayah kamu itu
orangnya asik ya, dia mau bikinin minuman buat tamu.
25.    Rangga    : Udah biasa.
26.    Cinta    : Ngga, boleh nanya nggak?
27.    Rangga    : Boleh.
28.    Cinta    : Tapi jangan marah.
29.    Rangga    : Mau nanya soal ibu saya?
30.    Cinta    : He-e.
31.    Rangga    : Ibu dan kaka-kaka saya sudah lama ninggalin ayah.
32.    Cinta    : Boleh tau kenapa?
33.    Rangga    : (1) Ya, nggak tahan kali tinggal sama oaring yang kontroversial
seperti ayah. (2) Mungkin juga nggak tahan diomongin orang-
orang. (3) Atau mungkin juga, kamu tau nggak, ada berapa
orang yang pernah saya ngajak ngomong tentang keluarga. (4)
Ada dua. (5) Mau tau? (6) Pak Wardiman, dan yang kedua
kamu. Jujur, saya malu ngomongin itu ke semua orang. (7) Orang
akan mikir saya anak dari ibu yang nggak bertanggung jawab.
34.    Cinta    : Hus, kamu nggak usah cerita lagi deh. Saya musti juga nggak
usah nanya. Maafin saya ya?
35.    Rangga    : Dah malem, Ta. Saya pulang dulu. Sebaiknya kamu masuk. Dah
malem.
36.    Cinta    : Bye.

ADEGAN 37
Setting            : di rumah.
Deskripsi Suasana    : Cinta terkejut melihat kedua orang tuanya yang hendak ke rumah sakit.
1.    Cinta    : Loh, Bu, Pak. Mau kemana?
2.    Ibu        : Sayang, kita harus ke rumah sakit. Alya….
3.    Cinta    : Alya kenapa Alya?
4.    Ibu        : Tadi, Maura telepon berkali-kali. Katanya Alya masuk rumah
sakit.
5.    Cinta    : Kenapa?
6.    Ibu        : Dia mencoba bunuh diri.

ADEGAN 38
Setting            : di rumah sakit.
Deskripsi Suasana    : teman-teman Cinta kecewa kepadanya.
1.    Maura    : Kemana aja sih lo,Ta?
2.    Cinta    : Sori Mor.
3.    Maura    : Gue nggak butuh permintaan maaf loe. Katanya lo eke dokter.
Trus, nyokap loe bilang, lo eke klub. Gimana sih yang paling
bener sih? Sekarang loe bukan Cuma jago bikin puisi ya, tapi
juga jago acting.
4.    Cinta    : Gue pingin ketemu ama Alya.
5.    Maura    : Nggak bisa. Dia lagi nggak stabil. Loe nggak usah ganggu dia
dulu deh. Mendingan, loe doa banyak-banyak semoga dia panjang
umur. Semoga loe masih sempet minta maaf sama dia.

ADEGAN 39
Setting            : di kamar Cinta.
Deskripsi Suasana    : Cinta tidak lagi mau menemui Rangga.
1.    Ibu Cinta    : Cinta?
2.    Cinta    : (1) Ya Bu.
3.    Ibu Cinta    : (1) Telepon dari Rangga. (2) Sayang, ada telepon dari Rangga.(3)
Mau terima?
4.    Cinta    : (1) Bilangin aku lagi nggak ada Bu.
5.    Ibu Cinta    : (1) Cinta, ibu ngerti, kamu sedang stress soal Alya. (2) Tapi,
jangan jadi gini dong, sayang. (3) Ya?
6.    Cinta    : (1) Aduh Bu, please deh. (2) Aku tu bener-bener lagi nggak mau
ngomong sama dia. (3) Please, dong.

ADEGAN 40
Setting            : di ruang Mading.
Deskripsi Suasana    : Cinta mengurungkan niatnya untuk masuk ke ruang madding, karena ia merasa pertengkaran antara ketiga sahabatnya dan terbaringnya Alya di rumah sakit adalah karena dirinya.
1.    Maura    : Uh! Kacau semua. Uh!
2.    Karmen    : Loe tu kebanyakan ngomel, tau nggak. Gimana nggak kacau?
3.    Maura    : Udah deh, elo nggak usah banyak ngomong deh.
4.    Karmen    : Loe nggak usah marah-marah gitu kenapa sih?
5.    Maura    : Eh, Men. Jangan mentang-mentang loe jago olahraga bisa basket,
sok peman segala macem, gue jadi takut sama loe?
6.    Karmen    : He, mendingan gue tau? Daripada loe kerjaannya nongol terus di
kaca, tau nggak? Asal loe tau….
7.    Maura    : Tau loe!
8.    Milly    : (1) Diem loe berdua! (2) Giliran gue ngomong sekarang. (3) Gue
tau, gue paling tulalit. (4) Loe semua nganggep gue badut,
terserah! (5) Tapi gue tau, itu nggak bener. (6) Diantara kita tu
nggak boleh ada yang berantem. (7) Lihat nih, emang kita pernah
mempermasalahkan siapa yang lebih jago diantara yang lain,
nggak kan? (8) Karena apa, Karena kita tu temenan!
9.    Karmen    : Mil, nggak ada yang nganggep loe nggak bisa apa-apa kok, Mil.
10.    Maura    : Mil, loe tu paling lucu diantara kita. Dan elo yang paling kita
sayang, karena loe nggak pernah marah Mil. Kita tu lagi bingung,
karena Cinta lagi ngaco, gitu aja Mil.
11.    Karmen    : Tenang Mil.
Mereka bertiga berpelukan. Cinta mengurungkan niat untuk masuk ke ruang madding.

ADEGAN 41
Setting            : di lorong kelas.
Deskripsi Suasana    : pertengkaran Cinta dan Rangga.
1.    Rangga    : Cinta! Kamu nggak pa-pa? kenapa sih?
2.    Cinta    : Rangga, kayaknya kita nggak usah ketemu-ketemu lagi.
3.    Rangga    : Maksud kamu?
4.    Cinta    : Pokoknya berhenti deketin saya lagi!
5.    Rangga    : Ndeketin kamu? Kayaknya ada yang gak jelas deh.
6.    Cinta    : Sejak gue ketemu loe, gue berubah jadi orang yang beda. Orang
yang nggak bener.
7.    Rangga    : Inget ya Ta, salah satu diantara kita, itu siapa yang lebih punya
hati atau nggak punya otak? Tapi kamu nggak punya kedua-
duanya deh. Asal kamu tau Ta, kalau diperlakukan kayak gini
sih, saya sudah biasa. Tapi satu, nggak usah ada maaf-maafan
lagi. Saya setuju kita nggak usah berhubungan lagi.

ADEGAN 42
Setting            : di rumah sakit.
Deskripsi Suasana    : Cinta meminta maaf kepada Alya dan teman-temannya.
1.    Cinta    : Maafin gue ya Al ya? Gue tu seharusnya nggak usah pergi. Gue
dah bilang lagi, gue harus selalu ada buat elo semua. Tapi,
sekarang gue bohong, gue pengkhianat sama temen-temen elo
semua. Mereka semua jadi berantem nggak karuan dan yang
paling parah elo Al, elo jadi kayak gini.
2.    Alya    : Nggak, Ta. Elo nggak salah apa-apa. Cuma gue aja yang
bertindak bodoh.
3.    Cinta    : Tapi, seenggak-enggaknya, gue kan?
4.    Alya    : Udah lah Ta. Kalo ngomongin soal hikmah, tindakan bodoh gue
ini mulanya dari nyokap gue.
5.    Cinta    : Ha? Maksud loe?
6.    Alya    : Nyokap gue dah mutusin, untuk ninggalin bokap Ta.
7.    Cinta    : (1) Ya ampun Al, sumpah gue nggak tau. (2) Gue musti seneng,
apa sedih buat elo sekarang. (3) Terus terang gue lega.
8.    Alya    : Ngomong-ngomong malam itu loe pergi kemana Ta?
9.    Cinta    : Ya, loe pasti bisa nebak lah.
10.    Alya    : Pergi sama Rangga ya?
11.    Maura    : Ya ampun Cinta. Ha, apa gue nggak salah dengar nih? Loe pergi
sama Rangga? Loe, bukannya loe sebel sama dia?
12.    Karmen    : Elo kena pelet?
13.    Cinta    : Iya, kena pelet sih enggak. Cuma mungkin ya beda kali dari
semua cowok yang gue kenal. Itu unik.
14.    Milly    : Iya sih. Emang gue rasa unik. Sekali lihat emang ngeselin banget,
tapi berkali-kali lihat, kelihatan cakep banget.
15.    Maura    : Ya udah sana, mendingan loe pergi, cari aja dia sana!
16.    Cinta    : (1) Enggak, enggak. (2) Tapi, sekarang gue sudah sadar Maura,
Men, gue dah sadar. (3) Gue sekarang mau minta maaf, elo semua
mau nggak maafin gue? (4) Gue juga tau, elo semua punya hak
untuk tidak nganggep gue lagi sebagai temen loe. (5) Tapi loe
semua harus tau bahwa sampai kapanpun loe semua bakal gue
anggep sebagai temen sejati gue.
17.    Milly    : Cinta, Cinta. Kita semua marah kayak gini bukan karena, karena
kita semua sayang banget sama loe Ta. Kita semua sayang banget
sama loe.
18.    Maura    : (1) Ta, pokoknya apapun yang dilakuin sama Rangga dan bikin
loe kayak gini lupain aja Ta, karena kita di sini untuk ngebantu
loe, bukan nyalahin loe.
19.    Karmen    : Ya Ta.

ADEGAN 43
Setting            : di kantin.
Deskripsi Suasana    : Keempat sahabat Cinta masih merasakan perubahan dan keresahan pada diri Cinta.
1.    Karmen    : Ta, Ta, Ta. Ya Allah Cinta.
2.    Alya    : Udah deh Ta, kali ini luapin yang namanya gengsi.
3.    Karmen    : Sekarang elo harus jujur sejujur-jujurnya sama kita semua.

ADEGAN 44
Setting            : di lapangan basket.
Deskripsi Suasana    : Cinta mengakui perasaannya kepada Rangga.
1.    Milly    : Loe semua lagi ngomongin apaan sih?
2.    Alya    : Gini deh Ta, lo jujur sama kita semua ya. Loe tolong jawab
pertanyaan ini sesimpel mungkin. Ta, bener loe nggak punya
perasaan apa-apa sama Rangga? Cinta, bener Rangga nggak
pernah sekalipun terlintas dalam pikiran loe?
Cinta menangis.
3.    Maura    : Ya ampun Ta.
4.    Milly    : Ta, Ta. Kok nangis sih Ta? Jangan nangis dong Ta.
5.    Maura    : Loe jatuh cinta sama Rangga?
6.    Cinta    : Gue jatuh cinta ama Rangga. Gue juga bingung gak bisa
ngelupain dia.
7.    Maura    : Udah sayang, udah.
8.    Cinta    : Gue takut loe semua bakal ninggalin gue kalau gue sama dia.
9.    Karmen    : Keterlaluan banget sih lo Ta. Emang loe pikir kita temen yang
kayak gimana sih? Sekarang gini, kita paling ati-ati kalau soal
cowok. Tapi, kan bukan berarti ngatur pacaran sama siapa.
Buktinya tu taun lalu Maura, dia suka sama yang namanya Deni,
Play Boy banget gitu. Inget kan loe waktu dia kena batunya. Apa
kita musuhin Maura? Enggak kan Ta?
10.    Alya    : Udah-udah, Karmen.
11.    Karmen    : Aduh, sori Ta. Barusan gue kelepasan.
12.    Maura    : Udah sayang, sekarang gini aja. Loe cepetan bilang perasaan loe
ke Rangga, sebelum loe nyesel ya?
13.    Cinta    : tapi, tapi nggak bisa.  Dia benci banget am ague. Gue dah
nyakitin dia.
14.    Alya    : Justru itu Ta. Elo jelasin sama dia, kalau waktu itu loe lagi emosi.
Dan kalau Rangga bener-bener sama loe, gue yakin dia pasti bisa
ngerti. Percaya deh.
15.    Karmen    : (1) Kalo menurut feeling gue, loe nemuin Rangga harus
secepatnya, Ta. (2) Pokoknya waktu itu gue pernah lihat Pak
Wardiman sama Rangga tu lagi pelukan. (3) Kayak mau pisahan
gitu loh.

ADEGAN 45
Setting            : di kantin.
Deskripsi Suasana    : Cinta dan teman-temannya mencari informasi tentang Rangga kepada Pak Wardiman.
1.    Cinta dan Teman-teman    : Pak Wardiman, Rangga Mana Pak?
2.    Pak Wardiman : Lho, nggak pamit sama kalian?
3.    Cinta    : Pamit kemana?
4.    Pak Wardiman: Lha wong dia itu pindah sekolah ke luar negeri. Ke Amerika
ke Nyuw?
5.    Cinta dan Teman-teman    : New York?
6.    Cinta     : Berangkat kapan?

ADEGAN 46
Setting            : di parkiran sekolah.
Deskripsi Suasana    : Cinta dan teman-temannya mengejar pesawat yang sebentar lagi berangkat, tetapi mobil mereka terjebak di parkiran.
1.    Cinta    : (1) Aduh, gimana dong Mil?
2.    Milly    : (1) Mepet banget Ta.
3.    Cinta    : (1) Ya udah deh, gimana?
4.    Memet    : (1) Eh, mau pada buru-buru kemana?
5.    Maura dan Karmen    : (1) Anterin, Met!
6.    Memet    : (1) Ya, ya gue anterin. (2) Kemana?
7.    Karmen    : (1) Cepetan Met!

ADEGAN 47
Setting            : di bandara.
Deskripsi Suasana    : Rangga ragu tentang sikapnya yang pergi tanpa pamit kepada Cinta.
1.    Bapak Rangga    : Yakin, kamu nggak mau nelpon Cinta?
2.    Rangga    : Nggak.
3.    Bapak Rangga    : (1) Sekedar say goodbye?
4.    Rangga    : Dia dah say goodbye duluan.
5.    Bapak Rangga    : Uh payah. Gitu aja nyerah.

ADEGAN 48
Setting            : di mobil.
Deskripsi Suasana    : Cinta dan teman-temannya mengejar pesawat yang hendak berangkat.
1.    Maura    : Mil, aduh gimana dong Mil. Kita buru-buru kan?
2.    Memet    : Jangan, jangan Mil. Jangn Mil.
3.    Cinta    : Ayo Mil, cepetan Mil.
4.    Memet    : Ampun, ampun Mil. Ini mobil bokap gue.
5.    Milly    : Diam aja Met.
6.    Maura    : Memet, jangan ganggu konsentrasi Milly. Tau nggak?
7.    Memet    : Duh, duh. Kok gini sih? Kok gini sih?

ADEGAN 49
Setting            : di bandara
Deskripsi Suasana    : Cinta dan teman-temannya berurusan dengan satpam bandara.
1.    Bapak Rangga    : Tadi nyambung nggak sama Cinta?
2.    Rangga    : Ibunya yang ngangkat. Ibunya nggak ada.
Sementara itu Cinta dan teman-temannya dihadang satpam
3.    Satpam    : Dik, dik, tunggu dik.
4.    Karmen    : Ini penting banget Pak. Ntar deh Pak, kita buru-buru.
5.    Milly    : Ini Pak.
6.    Satpam    : Lho, lho. KTP dan SIM ini asli atau palus?
7.    Milly    : Lha ini mobil siapa Pak? Kan mobil saya.
8.    Memet    : Mobil gue.
9.    Maura    : Itu Rangga, Ta.
10.    Cinta    : Rangga!
11.    Cinta dan teman-teman    : Rangga!
Rangga tak mendengar teriakan Cinta dan teman-temannya.
12.    Satpam II    : Lho, ini mau pada kemana dik?
13.    Karmen    : Pak, kita semua mau perlu banget ketemu sama calon penumpang
yang di sana, Pak.
14.    Milly    : Iya, itu Pak.
15.    Satpam II    : Iya, tapi nggak boleh masuk. Ini khusus untuk paa penumpang.
16.    Karmen    : Duh Pak, ini penting banget Pak.
17.    Satpam II    : Penting sekali untuk apa?
18.    Alya    : Pak, boleh bicara sebentar?
19.    Satpam II    : Ya? (Alya membujuk Satpam II) Silakan, Mbaknya ini aja.
20.    Cinta dan teman-teman    : makasih, Pak.
21.    Cinta    : (berlari) Rangga!
22.    Rangga    : Cinta?
23.    Cinta    : Rangga, waktu terakhir aku ketemu sama kamu. Saya nggak
marah sama kamu. Saya marah sama diri saya sendiri. Rangga,
maafin saya. Saya nggak mau kamu ninggalin saya.
24.    Rangga    : Maksud kamu?
25.    Cinta    : Saya sayang banget sama kamu.
26.    Rangga    : Saya juga sayang banget sama kamu, Ta. Sayang sekali.
27.    Cinta    : Kamu nggak jadi pergi kan?
28.    Rangga    : Saya harus pergi, Ta.
29.    Cinta    : Semua ini nggak fair. Ini nggak fair.
30.    Bapak Rangga    : Rangga! (menunjuk jam tangan)
31.    Rangga    : Sebentar, Yah. Baca halaman terakhir.
Cinta akhirnya menmukan jawaban hatinya tersebut dalam bukunya.
32.    Maura    : Kenapa Balik Mil?
33.    Milly    : Memet ketinggalan di bandara.

SELESAI

About these ads

36 Komentar »

  1. Arga Said:

    lho puisi yang dinyanyikan dian sastro pas di kafe mana

  2. Cha Said:

    Thanks you…

  3. pekik Said:

    terimaksih bung.hidup film indonesia!!! :)

    “SALAM KENAL”

  4. awan Said:

    sukses film indonesia buat lah yg lbh berkualitas

  5. sherly Said:

    mana nama pengarangnya

  6. zaenal Said:

    sukses untuk perfileman indonesia, tolong dari segi teknik dan effek lbh d perbaiki

  7. film ni bagus. q gak bosen-bosen nontonnya

  8. mohms hs (hs) Said:

    thanks dah posting nskah ni. ku coppy z! q lg bth bwt rferensi niih.

  9. luckiis Said:

    film paling berkesan ever dari jaman sma dulu

  10. edys Said:

    good

  11. edys Said:

    Dari sekian banyak perfilman indonesia sampai thun 2009 ini,hanya film ada apa dengan cinta inilah yang berbobot.lainy ga ada.
    dari segi setting lokasi,pemeran,jago aktingy,critanya,saya sngat suka.tdak seperti film indonesia saat ini yg ga berbobot,pokoky ga ada yang bisa sampai saat ini melebihi.

    • rodahl Said:

      AADC emang bagus..tapi bukan berarti yang terbaik sepanjang sejarah perfilman Indonesia, bro. Akhir-akhir ini film Indonesia udah mulai berkembang kok. Contohnya aja Laskar Pelangi, King, Garuda di Dadaku, dll. Aku sejujurnya lebih suka film-film tersebut karena ceritanya lebih memotivasi penontonnya untuk berjuang menjadi lebih baik.

  12. upeh Said:

    apa neh jg termasuk film yang berkontroversi?
    thx u

  13. thanks ya dah buat postingnya. gimana ya,supaya naskah film kita itu dapat diorbitkan sutradara?

  14. Rifki aviani Said:

    Huhuhu . . .aku pengen cari puisi and lagu yang dinyanyiin cinta pas d kafe .bsa bantuin gag ?

    • Hanzo Said:

      cari aja di google,, judulnya tentang seseorang

  15. Dinda Indah Karina Said:

    suka deh sama filmnya. apalagi puisinya rangga

  16. nurulliani Said:

    numpang copast ya, wah transkip naskahnya ngebantu banget nih , makasii :)

  17. hens Said:

    karya ini sangat bagus dan membantu saya dalam mengerjakan tugas pengantar sinematograf…

  18. Ares Situmorang Said:

    hai
    Gw pengen tau kalo gw punya naskah cerita untuk film, sebaiknya gimananya
    maksudnya siapa tau bisa jd sebuah film yah, he he
    Indonesia peace

  19. ken Said:

    Naskah film AADC ini anda yah yang menulis? wow hebat! Aku mau coba nulis skenario nih. Yang dibutuhkan apa aja ya? Ada situs web yang bagus tentang contoh naskah skenario gak, ya? lalu kalau sudah jadi dikirim ke mana?

    Tolong dijawab

    Thanks sebelumnya :)

  20. rina Said:

    Keren… ada ada aja nih..

  21. keset Said:

    bagus banget transkripsinya gan..luar biasa..gan, tolong posting transkripsi ayat-ayat cinta juga dunk.. terimakasih sebelumnya..

  22. elis Said:

    bagus ceritanya

  23. riyana Said:

    kalau transkripsi film ekskul, ada nggak?
    terima kasih..

  24. tekcaimael Said:

    Kereennnnnnn !!!!!

    *nonton lagi ahh

  25. Ria Yaya Said:

    gmna ya cara dapetin kaset film nya lagi? mau doooonnggg. info pleaseeee…………………

    • omega Said:

      Nge-You tube aja gan ada kok….
      aq baru aja donlot….

  26. Anis Restu Said:

    angka (1) (2) dan seterusnya itu maksudnya gmn ya kak?

  27. flower Said:

    Thanks a lot ^^ Be Happy^^

  28. bambang Said:

    Naskahanya mantep banget, saya semakin tertarik untuk menggeluti dunia penulisan skenario.
    beri saya kiat-kiat jitu dong dalam menulis scrip dong
    terutama mengenai plot2 nya

    trimakasih…(^_^)

  29. Riduan Duan Said:

    AADC Memang bagus banget ceritanya,,, jd rindu nich ma cinta,,,,, pengen nonton lagi… ceritanya romantis, puitis, unik, dan nambah pengalaman dan wawasan..

  30. Riduan Duan Said:

    Bikin lagi dong film AADC 2

  31. Nabiella Said:

    Flm ini sngat bgus bnget buat anak” remaja zaman sekarang . ~ pokoknya flm ini kerennn baanggettttt deeehh bagi gueee . Ku pengen buat lagi dong flm aads yg ke 2 plieezzzz

  32. memang film ini sangat asik.
    sayang sekali dari dulu film inidi tayangkan baru tadi saya tonton di VCD.
    salam kenal aja buat penulis dan semua pembaca.

  33. film ini bagi saya sangat asik dan meyenangkan untuk anak remaja.
    di dalam film ini ada suka dan duka,sedih dan senang.
    dan sangat banyak asik nya di dalam film ini.


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 71 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: