Berbagai Bentuk Puisi dan Pantun

Kepada: girly_june@yahoo.co.id

Maaf Nila, saya tidak sempat mencarikan dua contoh, tetapi barangkali dengan adanya definisi dari masing-masing bentuk pantun, kamu bisa membuatnya sendiri. Namun, untuk jenis talibun dan syair kamu akan kesulitan mencarinya. Mumpung kamu sedang berada di warnet (on line) kamu coba cari di google dengan kata sandi : talibun, syair, berbagai bentuk pantun, atau jenis pantun. Sekali lagi maaf ya. Mungkin tugas yang lain (nanti) saya bisa membantu lagi. Selamat belajar dan salam buat teman dekatmu.

Lubis Grafura
http://www.lubisgrafura.wordpress.com

Berbagai Bentuk Puisi dan Pantun

1.    Gurindam
Sajak dua baris yang mengandung petuah atau nasihat.
Misal: Baik-baik memilih kawan
Salah-salah bisa jadi lawan
2.    Karmina
Pantun dua seuntai (pantun kilat) baris pertama sebagai sampiran dan baris kedua sebagai isi berupa sindiran dengan rumus rima a-a
Misal: Kayu Lurus dalam ladang
Kerbau kurus banyak tulang
3.    Talibun
Bentuk puisi lama dalam kesusastraan Indonesia (Melayu) yang jumlah barisnya lebih dari empat, biasanya sampai 16-20, serta punya persamaan bunyi pada akhir baris (ada juga yang seperti pantun dengan jumlah baris genap seperti 6, 8, 12)
Talibun adalah sejenis puisi lama seperti pantun karena mempunyai sampiran dan isi, tetapi lebih dari 4 baris ( mulai dari 6 baris hingga 20 baris). Berirama abc-abc, abcd-abcd, abcde-abcde, dstnya.
Ciri-ciri Talibun adalah seperti berikut:-
·    Ia merupakan sejenis puisi bebas
·    Terdapat beberapa baris dalam rangkap untuk menjelaskan pemerian
·    Isinya berdasarkan sesuatu perkara diceritakan secara terperinci
·    Tiada pembayang. Setiap rangkap dapat menjelaskan satu keseluruhan cerita
·    Menggunakan puisi lain (pantun/syair) dalam pembentukannya
·    Gaya bahasa yang luas dan lumrah (memberi penekanan kepada bahasa yang berirama seperti pengulangan dll)
·    Berfungsi untuk menjelaskan sesuatu perkara
·    Merupakan bahan penting dalam pengkaryaan cerita penglipur lara
Tema Talibun
Tema talibun biasanya berdasarkan fungsi puisi tersebut. Contohnya seperti berikut:-
·    Mengisahkan kebesaran/kehebatan sesuatu tempat dll
·    Mengisahkan keajaiban sesuatu benda/peristiwa
·    Mengisahkan kehebatan/kecantikan seseorang
·    Mengisahkan kecantikan seseorang
·    Mengisahkan kelakuan dan sikap manusia
Contoh Talibun
Tengah malam sudah terlampau
Dinihari belum lagi nampak
Budak-budak dua kali jaga
Orang muda pulang bertandang
Orang tua berkalih tidur
Embun jantan rintik-rintik
Berbunyi kuang jauh ke tengah
Sering lanting riang di rimba
Melenguh lembu di padang
Sambut menguak kerbau di kandang
Berkokok mendung, Merak mengigal
Fajar sidik menyinsing naik
Kicak-kicau bunyi Murai
Taktibau melambung tinggi
Berkuku balam dihujung bendul
Terdengar puyuh panjang bunyi
Puntung sejengkal tinggal sejari
Itulah alamat hari nak siang
(Hikayat Malim Deman)

4.    Syair
Syair adalah puisi atau karangan dalam bentuk terikat yang mementingkan irama sajak. Biasanya terdiri dari 4 baris, berirama aaaa, keempat baris tersebut mengandung arti atau maksud penyair (pada pantun, 2 baris terakhir yang mengandung maksud).
Daftar syair
·    Syair Bidasari
·    Syair Ken Tambuhan
·    Syair Kerajaan Bima
·    Syair Raja Mambang Jauhari
·    Syair Raja Siak
Syair disebut juga puisi lama yang tiap-tiap bait terdiri atas empat larik (baris) yang berakhiran dengan bunyi yang sama

Sumber :
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Wikipedia. 2007. Talibun. (online) (http://id.wikipedia.org/wiki/Talibun, diakses pada tanggal 23 Agustus 2007)

Wikipedia. 2007. Syair. (online) (http://id.wikipedia.org/wiki/Talibun, diakses pada tanggal 23 Agustus 2007)

About these ads

176 Komentar »

  1. hany Said:

    saya hany saya pny puisi tp saya pgn puisi di terbikan puisi seluruh dunia tapi gmn ya cara …………………………………….
    ” Embun bergelayut di pagi terkejut
    waktu cepat berganti ramdhan sirna
    di terpa syawl mentari terketuk hati
    nh ingin bersua tapi hanya untain
    kata hati gantikan dosa yang telai ku tual
    bibir merah jambu bergetar maafkan
    buih dosaQ yg lalu
    mohon maaf segenap jiwa&hati……….”

    • yakup Said:

      asu

      • Adinda Said:

        PERKATAAN LHO TU ……….. KRG BAEK……………???

    • secret Said:

      lumayan . . .

      aq jg pny nii…

      hidup adalah mencari arti akan ati diri
      bilakah ia tak selaras dengan mimpi
      maka biarlah aku “berdiri” bukan “berhenti”
      karena hidup sendiri tak kenal kata “kompromi”

  2. lara Said:

    saya ingin contoh-contoh puisi lama dan baru

  3. Erwin Said:

    Ini bukan tandingan, tetapi alternatif. Bagi Anda yang ingin menggali materi tentang bahasa Indonesia, silakan mengunjungi basindo.blogspot.com

    • eRWiN Said:

      koK kyta name nYa sAmA sIiiiiiIIiiiihHhHHHHhhh?????????????????????????

      • Erwin Said:

        mca ciiiiiiihhhh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

        Q g’ prcxa tuuuu……………..

        manx stu nak mna……………..????????????

  4. gilang Said:

    jelek………………………….

    • Adinda Said:

      Emg klk puisinya jlk…. km bs bt puisi……………..???

      • Aldhi Said:

        Perasaan bagus deh :D Gak jelek amat :P

  5. ..... Said:

    Gak seru!!!!

  6. Khairul Said:

    Gak Ashik buat gue…Aku harap ini bisa berkembang menjadi lebih baik dan di minati,dan saya harap di sini harus ada teks puisi yang tercantung di halaman ini…Thanks

  7. nana Said:

    pengen dong di contoh kan puisi yg bermakna romantis gtu tpi jangan terlalu gombal….
    oke…….

  8. CINTHIA Said:

    YANG LUENGKAP DIKIT KNAPA????

    MASIH ADA YG KURANG TUH……………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    PUISI LUMZ ADA………………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • Adinda Said:

      Emg km mau ouisi kyk gmn ……………..

      • totok Said:

        kontole kuro eo mbak eo , , ,

  9. tRa_ Said:

    Puissinya mnAaaA???????
    Kurang LengKap TuuUu,,,,,

  10. PrizZ Said:

    Contoh pantun Modernnya donKKKK!!!!!!
    Apalagi anak-anak sekolah butuh buanggetss……..

    • riska yulviani Said:

      betul ntu… modern dikit napa

      • Adinda Said:

        Emg yg slh ouisinya yg mn e…………

  11. Yuyuy Said:

    Contoh sairnya mana? suka banyak yang butuh

  12. IMAM HANAFI Said:

    TOLOOOOOOOOOOONG DUNG ISINA LEBIH DI LENKAPIN LAGI

    • Adinda Said:

      Blh tp stlh d’bttn km hrs bs ya…….. bt puisi sndr oke……………………

  13. amien Said:

    saya mau contoh contoh puisi nya yg lengkap yah !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! AWAS SMPE NGGAK ?????????????????????

    • Adinda Said:

      Emg km ngancam pa e…………………..????

  14. kiki Said:

    knp puisinya gtu” za….??????????????????????????????????

  15. ica Said:

    tolong dOnk,,Contoh” CerPaeNy ditmBahin,,,,,???!!!!!

  16. Eka Said:

    Contoh mantra+syair ?

  17. rere Said:

    Ada yang tau tentang puisi lama dan puisi baru secara mendetail ga siH!?!?!?!?!!?!?!?!
    kalo ada kirim ke email gw di rizky_cyberstuff@yahoo.co.id

    • vina Said:

      yaaapp .. ada yg tau gaa ?

  18. silvi Said:

    bisa berikan cara buat memper mudah buat puisi?

    • eRWiN Said:

      ya_ dOnkS pLiZZZZZZZZ !!!!!!!!!!!!,gW lage bInguNG niiiiiiiiiiiiiiiiiiHHH !

  19. dedi Said:

    g bgus x……….
    g lengkap!!!

    • Adinda Said:

      Bagus bagus panya yg bagus……. perasaan gk da yg bagus tuh……………

  20. ainur rofiatu irnawati Said:

    kenapa cuman empat yang disebutin padahal masih banyak macam macam puisi lama dan sekarang quw ge butuh nget macam macam puisi lama tersebut

  21. cindy camucu Said:

    alooow..
    kak tolong dung cariin or buatin puisi baru…
    kalo bisa sama informasi tentang bentuk2 puisi baru jugaaa…

    tolong sangad y kak ….

    thx b4….

  22. dick Said:

    very butut……………………………………………………….
    very butut……………………………………………………….
    very butut……………………………………………………….
    very butut……………………………………………………….
    very butut……………………………………………………….
    very butut……………………………………………………….

  23. dick Said:

    jelek……………………………….
    jelek……………………………….
    jelek……………………………….
    jelek……………………………….
    jelek……………………………….
    jelek……………………………….

  24. anarcizzzzzzzzzzzzz Said:

    JJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAADDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUULLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL…………………………………………………………..

  25. none_nick Said:

    apaaan tow !!!!!!!!!!
    quy ga tengiiiiLLLLLLLLL bgt !!!!!!!!!!!

  26. c_ganteng Said:

    butuh puisi baru dan lama nih! tw situsnya dimana ga?

  27. sembarang Said:

    KuRaNg REME…

    dBikin biar Gag nGebosenin Dunk..

  28. vebri_smk_sby Said:

    pren klu punya puisi atau cerpen kirim ya di email q b0ys_smk@yahoo.com……plis bantuin q y

    • Adinda Said:

      Ooooooooooooooooooooooooooooooo……………………..,

  29. gugun Said:

    jelEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEkkkk gilAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

  30. benny Said:

    …..informasi ttg pantun yg anda berikan saya kutip utk http://www.duniasastra.com

  31. m Said:

    kern

  32. fery Said:

    kUraNg lEngKap!!!!!!!! Klo bSa pKe pUisi ArbnYa dOnk!

    • Adinda Said:

      Males emg km bs pki bhs arbnya yoooooooooooooooooooooooooo……………………………………….???????????????????????????????????????????????????

  33. fery Said:

    kLO bsa pke puisi arabnya

  34. fery Said:

    pKe puisi arab donk!!!!!!!!!!

  35. syandri Said:

    hey,,,
    itu puisi apa nyanyian,,?

    norak b-ner,, mana puisinya,,, yg puitis dikit kenapa sech,,,?

  36. syandri is in loce Said:

    tolong ucapanku ini di tampilkan y,, karna ucapan ku ini khusus orang
    yang sangat aq sayangi,,, SARY namanya,,,

    “Sayangilah Orang Yang Mencintaimu Sar,,
    Karna,,
    Orang Yang Engkau Cintai Belum Tentu Menyayangi mu,,,”

    plizzt tampilin,, mungkin dengan ini dya bisa ngerti klo sayang ku ini
    bukanlah permainan,,,, Aku Cinta Kamu Sary,,,,
    plizzt ngerti aq,,, cinta ku khusus untuk kamu,, slamanya,,,

  37. alan Said:

    maaf kak, saya alan. baru nemu nih blog yang seru kaya gini. boleh nih belajar. saya lagi mencari jenis puisi lama dan baru. dan siapa aja pujangga lama dan baru beserta angkatannya. ternyata bahasa indonesia kaya banget yah….bahkan kalau ditelusuri dengan bahasa yang baik dan benar. bahasa indonesia lebih rumit. tapi, apaboleh buat. kalau bukan bangsa sendiri yang mempelajarinya. nanti di duluin sama bangsa lain. dan akibatnya nanti, kejadian lagi seperti kasus kemarin2. yang budaya indonesia bisa nyasar ke negeri tetangga. kan malu. tolong dibantu ya kak…….

    • avrilea Said:

      sim salabim jadi apa prok prok prok… tlng dibantu ya…. hihihi

      • Adinda Said:

        Ya ya ya ya tp klk bs ya…………………………………………

  38. wakakak Said:

    ciaaaaaaaaaaaatttttttttttt
    numpang aja koq,,,,,,,,
    mo liwat nih,,,,,,,,
    tinn tiiiiiiiiinnnnnnnnnnnn………
    heheeeeeee
    dah ya,,,,
    bye,,,,,,,

  39. weny Said:

    aneh bgt….gila lho…

  40. ocha Said:

    ka,menurut saya contoh2 puisi lama blm lengkap..
    salah satunya mantra yang termasuk puisi lama.Saya minta tolong di tambahin lagi dong yaaaaaaaaa…………….

    soalnya saya butuh buat pelajaran B.Indonesia..
    terima kasih,,
    NB:secepatnya di tunggu

  41. no name Said:

    ga asyik nih ga lengkap…….

  42. yudizz Said:

    sory nikkh…

    yng kern donkh… bkn puizzinyoooo!!!!!!

  43. emyou Said:

    hlo…..

    yng kreatif lg downkh….

  44. jangannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn sok lhaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    kreatif dkit dungzzzzzzzzz……………….

  45. nightorgants Said:

    contoh puisi kenyakinan n puisi cinta……
    dunkzzzzzzzzzz………..

    • Adinda Said:

      Neiy ya puisi cinta tp km hrs bt sndri bait baitnya……….
      cinta,cinta itu adalah salah satu isi hati yang mungkin yang tau hanya kita saja tapi kalau perasaan kita tidak ada cinta berarti kita tidak mencintai seseoorang yang mungkin kita hanya bisa hidup sendiri tanpa orang yang menemani tapi jika ada orang yang merasakat cinta kamu pasti kamu tidak akan sendiri dan mungkin kamu bisa dengan dia s’lamanya.

  46. Phey Said:

    Duhhhhh….Tugas na banyag yg btuh contoh Puisi.Tolong lebih lengkap dunk…

    • Adinda Said:

      Ya km bt sndri donk klk km pgn tugas km dinilai 100. Gitu donk jgn malas malas.Malas tu gk baek buat q…………………tp klk bt km q gk ngerti .

  47. daN_Go Said:

    DUHHHHH………!!!! gak ada pantun modern nih?????

    • Adinda Said:

      Klk km mau cari pantun km hrs bt pantun diri jgn kyk org yang gk pny akal sehat

  48. yusup Said:

    soryyyy.eui

  49. nurhaeni Said:

    ka tolong donx bikinin talibun yang baru cz ni tgs dri guru jd penting bgttttttt……..mf

  50. rizkaaaaaaah Said:

    JELEK NAJIS CUIIIH HAHAHA ! GA BAGUS , JELEK GALENGKAP ! GABISA BANTUIN GUA BIKIN PR NI BLOG HUAHAHAHA BAGUSIN DULU BARU BUKA NIH SITENYA , KALO MASIH JELEK GINI JGN DIPUBLIKASIIN DULU SITE JELEK BEGINI MAAAAAAAAAH.

  51. mahenda Said:

    hmm.. lumayan juga penjelasan nya..
    nice info.. blog walking nih.. mampir ke blog saia juga ya..

  52. Ghie Said:

    udah bagus, tapi kalo bisa contohnya dibanyakin.
    gimana kalo setiap jenis dikasih contoh sekaligus pembahasannya?
    mungkin jadi lebih membantu,
    oia blog walking nie,,,,mampir yach..

  53. KINAN Said:

    Ehm…ehm…
    tmbah lg ya puisinya…

  54. aaaa Said:

    contoh pantun syair kya apa sih? kasih contohnya ya makasih

  55. r_iyo Said:

    CoMmeNt di ry0o.wordpress.com

  56. r_iyo Said:

    CoMmeNt di ry0o.wordpress.com

    Tak EnTeni Lho..

  57. r_iyo Said:

    ComMenT d ry0o.wordpress.com

    TaK eNteNi Lho..

  58. yee Said:

    masihh untung ditampilin , menghina lagi .. ckck ..

  59. ethy Said:

    saya ingin contoh dari puisi lama!!

  60. hidayat Said:

    kalau boleh dijelaskan macam-macam puisi

  61. HanZz Said:

    eeweaEEWEwe,…

    Isi Nya yg lengkap donk,…

    Lengkapin lagi ya nak,…

    ^^

  62. hady Said:

    conto2 puisi lama nya kurang banyak. juga cara pemaparannya masih kurang

  63. ammalia Said:

    aduh,,,mkasih inform tentang puisinya neeh,,,coz aq gi btuh banget,,,thanx y

  64. Chilz Said:

    kog gg ad contohe puisi to???
    WAGU

  65. sri rahayu Said:

    bagi” puisinya donk…….!!!!!!

  66. sTrAw_B3rRy Said:

    buatin puisi yg rada aneh dikit donk…..

    yg romantis tapi nyata….

    kayak puisiX kahlil gibran….

  67. sTrAw_B3rRy Said:

    ilove you semuanya

  68. ciztHA Said:

    duh,,cNtH pNtUN mInANGNYA mANA newh????
    Bwt TgZ w tw!!!!

  69. munyil Said:

    bntuind cari contoh2 puisi baru doonk,,

    gii bnyk tgz nii.,

  70. dios Said:

    moi nyet!!!!!!!!!1mana contoh puisi mantra nya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!gw lg bnyk tugas nh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  71. caca Said:

    ca mo puisi cinta yang menarik tolong bantuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuiiiiiiiiinnnnnnnnn donkkkkkkkkk

  72. Kevin Said:

    ANCUR ABIZZZZZZZ

  73. gatuk Said:

    kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

  74. Agung Said:

    hihihi..bgs jg tuh puisi naaaa..

    puutuu2 km jg lutcchuuuu..

    kNaLan YuXXXXXX kuntak me YuPPpPzZzZ @
    si_raja_wanita@plasa.com

  75. dini Said:

    G’……………………

    Luengkap Bangetz………………

    G’ ada Puisi

  76. Amola Said:

    mau Terima puisi dari Q ga?

  77. aninda Said:

    gg asyik banget ih !! puisinya gg ada

  78. yan_law07 Said:

    tolong kirimkan ke emailku puisi yang bertemakan tentang budaya donk,,, mohon bantuannya,,,, tolong kirim di http://www.la_pancana@yahoo.com

  79. rina Said:

    mn puisinX…………………

  80. rina Said:

    Mn puisinya?!?!?!
    g’ seru!!!!!!

  81. pramudya Said:

    mana puisinya?……………………………………….pembohong!!!!!

  82. the punkz bonek Said:

    nie amat juelek cok ak kagk suka raimu koyok asu

  83. yuli Said:

    puisi y lebih menarik lagi donk????????agar lebih bwanyak lagi peminat y,,,,,,n g seru2,,

  84. zha ajj Said:

    saya ingin contoh puisi yang bersajak ab-ab

  85. chelsea Said:

    Puisinya yang bener donk!!!!!!gue ma temen2lagi ada tugas.jadi nyarinya susah.

  86. Ahmad Said:

    Misiii….
    tolong bagi2 puisi karya tahun 1987…
    trims…. :-)

    • Adinda Said:

      Ahmad emg km gk bs bagi2in tu puisi ya………………….???

  87. Ahmad Said:

    mikuuum….
    tolong bagi2 puisi karya tahun 1987 klo ada yang punya jangan di umpetin,,
    triems…

  88. apin Said:

    contoh” puisi yg bgus mna?

  89. bagus Said:

    mantap puisi nya

    boleh nnya ga

    cari kata” baku puisi tu dmna ya :???

  90. nurfadilah Said:

    bisa ga puisi contah puisi lamanya diperbnayak

  91. veronica Said:

    saia butuh contoh nya……….pantun…….

  92. mila Said:

    CONTOH-CONTOH PANTUN KUQ CMA SDIKIT C………………………………

  93. Hukman Shobiyan Said:

    tolong contoh-contoh puisinya tulis juga!biar bahan referensi tugas
    Makasih banyak.

  94. umiimut Said:

    KOK PADA CUMA NGRITIK AJA YA?
    GA GAMPANG TAU BIKIN KEA GINI

  95. My3_tHa Said:

    seru tuch!!!!!!!!!!!!!!hohohoho

  96. My3_tHa Said:

    seru tuch!!!!!!!!!!!
    tambahin contoh-contoh nya juga dunk!!!!!!!!!
    biar tugas cepet selesai????
    hohohohoho,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  97. djemb-djemb Said:

    apiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikkkkkkkkkkkkkkkk………..cuuuuuuuuuuuuuuuuuyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy
    ditambahi pantune

  98. Misterio Said:

    pantune ora asik blas guapleki polllllllllllllll …………………….
    AMSONG POKOK E ……………………………. JAN RA MBEJAJI N RA MBOIS BLAS
    MBOK YO SING APIK TO NEK GWE PANTUN ……………………………………
    HEHEHEHEHEHEHEHEHEHEHEH
    MATUR SEMBAH NUWUN

  99. Misterio Said:

    pantune ora asik blas guapleki polllllllllllllll …………………….
    AMSONG POKOK E ……………………………. JAN RA MBEJAJI N RA MBOIS BLAS
    MBOK YO SING APIK TO NEK GWE PANTUN …………………

  100. dancok jaran ceng gawe pantun

  101. saba Said:

    yang puisi, ode, balada, sama emigrap

  102. aNgGiE Said:

    aDuuuuhhhhhh

    mO carI puisi diciNi kaga Lengkap EuY…

    baNyAkin Atuh Isi coNtoh2na tEh

  103. aNgGiE Said:

    aDuuuuuuuhhhhh isinA neH kUg kaga LengkaP ea,,,

    Kasi contoh2 eanG banYak Atuh…kGa cuMa komentar adj

    hi hi hi

  104. dhea Said:

    heee

    pntun yg brsjak a,a,a,a kok g’ ada ea??

    tlong criin dund

    tgs nich dri gru ktane sruh dwnload lwt intrnet

    bntuin yach

  105. redaktur www.lubisgrafura.co.cc Said:

    Terima kasih sudah posting di laman ini, semoga bermanfaat. salam buat keluarga.

    Lubis Grafura
    http://www.lubisgrafura.co.cc

  106. rheyna Said:

    butuh puisi natural…..
    yang kayak gimana yah???
    ada yang punya?

    • ichoenk Said:

      butuh puisi yang seru hubungi no : 08193735330

  107. nicko Said:

    mnmbm

  108. Yeni Said:

    Gax sru…
    Kash cnth yg detail dunk
    Bt bkin puisi yg bguz
    N cra bc puisi yg bner tu kyak gmna yaaaa???
    Tq

  109. MILDA Said:

    OII dem

    cri tugaz b susah nn

  110. keeta Said:

    mana contoh selokanya????

    butuh nih buat nyari tugas!!!!!

  111. sandi Said:

    susah puisi lama

  112. b0tel Said:

    yank baguz d0nk pntunnye,klw kyk gtu krng komplet,gx seruuuu…………….. gembEEEEEEEEEELL…….!!!!

  113. botol Said:

    Bagus ” tpi yng 4 baris la

  114. pecintapuisi Said:

    all kalo ada yg abek tolong kasih tau dunk puisi yg menggenai politik

  115. diana Said:

    ka, saya ugas dari skulminta contoh puisi tentang perdangangan donk, ni lg ada tgas skul

  116. aleronita Said:

    Keren euy ,,,,,,,,,,,,

  117. winz Said:

    mw tanya..kalo puisi ini bagus ga??

    fajar menyongsong,kokok berbunyi,
    memulai awal menyambung hidup,
    mengawal anak mengejar mimpi,
    memberi bekal,berharap kelak.

    waktu bernyanyi,resah pun tiba
    cemas dan harap ikut merasa
    memberi warna setiap kehidupan
    mengantar hati menuju hidup

    lama tak jumpa kelak tak sampai
    menunggu pulang anak tak sempat
    membuka jendela mencari jawaban
    mendobrak dunia menjemput sang hati

    • Adinda Said:

      Eh pa tu judulnya kq gk da……………

  118. yheLin sterieef Said:

    waw,, puisinya bagus banget..
    ini nieh yang d sebut dgn puisi yang berbobot.
    btw judul dari puisi ini ap nich……?

    • ega Said:

      mank ada puisi

  119. zack Said:

    dooooo……..yeach. mana puisinya ? mohon lebih lengkap!

  120. ega Said:

    bagus gan kaloenurut saya tapi ngga ada puisi ya

  121. Jabon Said:

    puisinya kok gak ada gan …?

  122. fahrudin Said:

    saya suka sama bidang ini … soalnya saya aling suka sama peajaran bahasa indnesia kalau di kelas

  123. Jabon Said:

    eh pantunya juga heh hehe eh

  124. jabon Said:

    by jabon

    wah terimaskih ya

  125. beta Said:

    mana mantranya ? ih kok ga lengkap sih

    kok comment nya pada alay ya ?

  126. farisan Said:

    Blaa>> alay

  127. anan Said:

    hidup ini bagai gelombng kdg diatas kadng dibawah trkadang kta sdh kdng senang

  128. aggid Said:

    hmm,,
    akk anggid…
    akk mo mnta tlg…
    bkinin puisii dund.. .
    puisii tntang bahasa indoo :D

    • Adinda Said:

      Judulnya pa q bs buatin kq…………….

  129. aggid Said:

    oh iaaa/…. agagh cpeedhh dundd.. .
    tgss skull :p puyeng nyari’a

  130. ieka ajha Said:

    Tlo0ong dund . . . Ksih cnTh talibun na yg 6bris ja . . . .truszZ d +lgi . . . .bWt tGas ScHo0l ne . . . !

  131. totok Said:

    ndelodok cok , , ,
    tmbh tak gebLe kon , , ,
    ndelodokkkkkkk , , ,

  132. tita Said:

    ciri-ciri puisi tu gimana?
    bls ya…

  133. tita Said:

    :)

  134. fikri Said:

    hahahaha gokillllllllll

  135. Septina Said:

    contoh puisi modern dong…

  136. misya Said:

    puisi kamu ok la juga

  137. murid bejoe Said:

    mn pantun kilat yg trbaru.,.,???

  138. Qolbi Said:

    kenapa gx ada contoh talibun yg banyak dikit ya yg 6 baris gan

  139. irma Said:

    kranG bGus..

  140. Emmanuel Said:

    kalo mau bikin puisi tinggal di blogspot/wordpress, masmbak. Ntar di publish di pesbuak atau Twitter sampeyan. FYI aja. Jadi ndak harus ribut kek gini. Itu juga yang suka nyela gajelas, ndak malu apa sama yang punya blog ini? –“

  141. Manusia diciptakan dengan akal dan budi pekerti.sebab itu,kita bisa menyiptakan berbagai seni dan budaya.

  142. anita siitumorang XI IPA 2 SMA CAHAYA Said:

    ga dpat” tgas aq nie
    cpekkkkkkkkkkk xxxxxxxxxxxxxxxx

  143. Aldhi Said:

    Bagus deh.. Tapi aku bingung???? -_-


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 70 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: