LOMBA CIPTA PUISI BERHADIAH 45 JUTA

(Diposting oleh: Gola Gong)iambil dari http://www.rumahdunia.net/wmview.php?ArtID=657
LOMBA CIPTA PUISI BERHADIAH 45 JUTA
Direktorat Kesenian Dirjend Nilai Budaya, Seni, dan Film Departemen Kebudayaan dan Pariwisata menyelenggarakan Lomba Cipta Puisi untuk umum berhadiah total Rp45 juta. Lomba yang menghadiahkan Rp15 juta untuk pemenang terbaik pertama dan 15 terbaik masing-masing Rp2 juta tersebut dibuka pengiriman hingga 30 September 2006 (stempel pos)

Menurut Direktur Kesenian Surya Yuga dalam rilisnya, lomba cipta puisi untuk umum itu dimaksudkan menumbuhkembangkan sekaligus menggairahkan kembali penciptaan/penulisan puisi di kalangan masyarakat umum. Sebab, semakin berkembangnya penulisan puisi akan semakin membuka kesempatan para seniman dan masyarakat untuk mencurahkan gagasan dan segala idenya melalui berbagai media dan kesempatan.

“Dengan demikian akan sangat menentukan kesinambungan kehidupan puisi dengan masyarakat penyangganya. Karena itu, kelangkaan dan keterbatasan puisi yang berkualitas sedapat mungkin bisa dihindari. Dan lomba penulisan puisi dapat dipandang sebagai salah satu bentuk kegiatan strategis dalam mengembangkan apresiasi puisi di Indonesia,” jelas dia.

Apalagi, diakuinya, puisi yang dapat menyentuh secara dalam terhadap nilai-nilai kehidupan, pada banyak hal merupakan sarana yang cukup efektif dalam membangun nilai-nilai kemanusiaan yang bermartabat. “Ungkapan yang terdapat dalam puisi dapat mempertajam nilai-nilai kepribadian bangsa dan spiritualitas kehidupan. Dalam konteks kesenian, puisi dapat juga dijadikan sebagai media percerahan sekaligus sebagai pendidikan dan hiburan.”

Lomba cipta puisi bertema bebas tersebut terbuka untuk masyarakat umum. Naskah puisi adalah murni hasil karya sendiri (bukan plagiat ataupun hasil saduran dari naskah manapun), belum pernah dimuat atau dipublikasi di media massa. Identitas pengarang dicantumkan pada lembar tersendiri.

Setiap peserta dibolehkan mengirimkan lebih dari satu judul karya puisi (maksimal 3 karya) dan dikirim sebanyak 6 (enam) rangkap, pada amplop sebelah kiri atas dituliskan “Lomba Cipta Puisi” ke Direktorat Kesenian Direktorat Jenderal Nilai Budaya, Seni dan Film Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Komplek Depdiknas Gedung E Lt.IX Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270.

Dalam lomba ini tidak diadakan surat menyurat, dan keputusan dewan juri dari kalangan penyair dan pakar sastra itu adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. “Pemenang akan diumumkan pada akhir November 2006 melalui website Departemen Kebudayaan dan Pariwisata: http://www.budpar.go.id atau surat pemberitahuan resmi melalui pos.

Naskah pemenang menjadi milik Direktorat Kesenian, namun hak cipta tetap pada penulis. Direncanakan naskah pemenang dan naskah nomitar yang terpilih dari dewan juri akan dikomentasikan sebagai bahan peningkatan apresiasi.(*)

Iklan

43 Komentar »

  1. Debora Said:

    Wah, saya telat nih mau ikutan, saya mau tau hari ini Jumat,20 Oktober 2006. Kapan diadakan lagi ?

  2. eka Said:

    kapan diadakan lagi ya???
    saya menyesal sudah telattt…hiksss

  3. friska Said:

    wah saya bingung puisiku dah nyampai belum ya?tolong dicek ya pak hehehe….sering2 aja ngadain lomba karya sastra..pengumumannya tepatnya tanggal berapa….?

  4. elis Said:

    yah,,,aq jadi orang yg kesekian yg menyesal,,,bisa diadain lagi g,lomba yg brikutnya??(“,)

  5. zaidinoor Said:

    kapan pengumumannya? ini udah bulan novemper…
    tapi.., punyaku juga udah sampe apa belum ya…??

  6. dona ^_~ Said:

    Saya udah kirim puisinya…….

    Tolong dong nama pemenangnya segera diumukan.

    ^_^

  7. kita udah gak sabar nunggu pengumumannya. Salam dari anak-anak Sanggar Sastra Al-AMIEN Madura.

  8. anton, Said:

    apa kita bisa percaya dg lomba spt ini?,penjurian tertutup,kriteria subyektif,penyelenggara dari pemerintah yang sulit bersih dari korupsi

  9. Fauzy Said:

    Bapak panitia saya mau tanya, katanya pengumuman lomba cipta puisi di umumkan di website budpar tapi saya liat kok tidak ada !!!

    kapan ya di umumkan

  10. Chifururu Said:

    kapan ya diumumkannya

  11. muhammad fazri Said:

    asss, saya mo nanya pemenang lomba cipta puisi??? siapa ya… tolong beritahu saya. Atau dimuat dikoran kompas saja.

  12. Lina Said:

    uda diumumin blom sih………..???
    q liat di budpar kok ga ada???

  13. eneng sumiati Said:

    ass kenapa blon ada juga pengumumannya? Mohon kpd pihak terkait untuk segera mengumumkan pemenang lomba ini

  14. oLin Said:

    Uhhh puisiii gw juGa mana niiii?
    padaHaL daH lebiH dr sebuLan gw tUnggUin pengUmumannya

  15. oLin Said:

    emmmmmhhh sebenernya kaPan siii keluar nama pemenangnya?

    dag dig dug niiii

  16. Saya menunggu pengumuman, dari kemaren nyari di websitenya Budpar ko ga ada terus?!

  17. BANGBANG Said:

    kapan nih pengumuman pemenang lomba puisinya?
    saya kan mo traktir anak2 neh….. (kaya menang aja)

  18. alee Said:

    weleh… banyak bener yang bekeluh kesah cari pengumuman pemenang… tapi aslinya aku ndiri juga kebingungan.. yooo seng sabar ae…kalo memang bohong biar yang ngadaian kena adzab dunia…;D

  19. PROGRAM PEMERINTAH TAK PERNAH BERES-BERES. JADI NGGAK USAH DIUMUMIN AJA. SALAM BUAT ALEX R NAINGGOLAN. HORAS. SALAM KEPADA PECINTA PUISI. AKU TUNGGU DI JANUARI_SIHOTANG@YAHOO.COM. HORAS…HORAS…HORAS…DARI TANAH BATAK.

  20. mallendra Said:

    ternyata banyak juga yah yang nunggu pengumuman lombanya…trus kejelasannya gmana?kok gak jelas yah…payah !!!!!

  21. mallendra Said:

    ternyata banyak juga yah yang nunggu pengumuman lombanya…trus kejelasannya gmana?kok gak jelas yah…

    OHya, tolong baca di RECENT POS kalau sebenarnya saya hanya bertugas menyampaikan informasi lomba bukan panitia. Terima kasih (Lubis Grafura)

  22. Syd Said:

    Kemungkinan besar tahun depan diumumkannya.

  23. Mitch Said:

    Darimana Syd lu tau taon depan pengumumannya? Eh nama lu mirip Sid Vicious-nya Sex Pistols ya. Suka musik keras dll, buku, film ? Kontak gw ya. Lumayan bwt ngobrol. Yg laen jg boleh ikutan. Meet me at: amaramis@yahoo.com

  24. Danz Said:

    Mana pengumumannya donk!!!!!!!!!
    Katanya akhir November ko blom ada juga,
    Oh biasa lah Indonesia mah suka kaya githu

  25. tria Said:

    yaa ney………… masak blom ada pengumuannya? katanya akhir november, sekarang dah desember tu…….. aq cari2 di budpar jg gak ketemu!yo wis lah tunggu wae……!!

  26. winni Said:

    kapan ni diadain lagi? kalo remaja atau generasi muda kaya winni ini masih bisa ikutan nggak?kyanya winni dah telat bnget dewh.. winni tunggu y kapan di adain nya lagi

  27. oLin Said:

    aLah ini tu PENIPUAN namanya
    gw cek di BUDPAR.NET

    ga ada tu
    yang namanya lomba cipta puisi 45 juta

    wah kasiian anak bangsa kan
    mau berkarya penuh semangat
    tapi g taunya tu
    BOONG!

    Redaksi:
    Wah, saya juga tidak tahu yakenapa kok pemerintah tidak segera mengumumkannya,
    padahal aku juga ikut lho
    😦

    gw kesel
    seminggu..
    2 minggu
    masih sabar gw liat terus tu web
    nyari pengumumn

    g taunya……… najiz deh

  28. Tentang Aku

    Aku…
    Inilah aku
    Seperti yang kau lihat sekarang
    Aku…
    Seperti bunga liar
    Diinjak…
    Dibenci…
    Bahkan tak pernah disiram
    Tapi…
    Aku tetap hidup dan berbunga
    Aku yang mencintaimu
    Kan tetap tegar
    Meskipun…
    Aku kau sakiti…
    Kau hina…
    Bahkan kau tak pernah memperdulikan cintaku
    Tapi…
    Ku kan selalu berusaha tuk dapatkan
    cinta dan kasih sayangmu

    Sidoarjo,20 Des’06
    Nur Muflikhah

    Redaksi:

    Lagi jatuh cintrong ya?

  29. mohammad cholid Said:

    saya senang sekali dengan membuka situs ini, tapi satu hal yang pengen saya minta, yaitu tentang info lomba cerpen ataupun cipta puisi yang lebih banyak! trims b4

  30. taufik Said:

    Wah Saya kok ga menang ya, kirain dapat juara satu hehe….
    Ya sudah nanti ikut lagi deh……OKZ

    Dari Lubis,
    Oke moga menang ya 😉

  31. oLin Said:

    pemengangnya siiiapa?
    emang udah keluar?
    weqz sudaaa 3 bulan lebihhhh

  32. Edu Badrus Bilapora Said:

    tawakal saja; ada kalah pasti ada menang. ini adalah takdir Allah!

  33. Widya Said:

    Waduuh…waduuh…!!! Gimana ini, sudah bulan Februari koq masih belum ada juga pengumumannya?! Curiga dikorup euy…! Pak SBY, saya khan orang kecil dapet hadiah 45juta lumayan buat sekolah. Tolong urus dong lomba macam kayak begini! Apa perlu saya contact KOMNAS HAM?! ;D

  34. Aaf Said:

    mas…mau tanya, kapan lomba ini diadakan lagi? soalnya saya ada beberapa puisi yang pernah saya buat…dan dari beberapa teman2 saya yang sudah baca mengatakan kalau puisi saya layak tayang.. mohon penjelasannya ya…bisa melalui email saya..

  35. ilmi Said:

    kpn lombanya ada lagi??? mhon infonya ya mas

  36. esbe lubis Said:

    bagus tapi g mana kalo aq ikut

    LIRIKAN SUNYI

    sungai terpanjang setelah Nil
    adalah Cintaku
    seperti saat ini
    aku bersemedi deilekuk alismu
    menunggu lirikan sunyi

    malang
    esbe_lubis@yahoo.com

  37. esbe lubis Said:

    bagus
    tapi
    jangan ampek nipu loo
    dosa
    ikutan yooo

    kalo ada
    hub emel
    esbe_lubis@yahoo.com
    friendster. h3ndi_k@yahoo.com

  38. esbe-LUBIS Said:

    lumayan

  39. esbe-LUBIS Said:

    kembangkan dan teruslah bingung 085655551222

  40. adri Said:

    wah… kalo ada lomba lagi kasih tau dong…
    aku suka bikin puisi ama cerpen…

  41. LUBIS Said:

    bahasa bisu Tuhan

    tangis

    jerit sronen

    ada dimana- mana

    tanda

    tuhan

    adil

    pbsi unisma malang esbe lubis

  42. lubis UNISma Said:

    aku kadang tidak pernah mengerti
    kadang bingungku ber teduh di atas cangkulmu


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: