Ajang Kreasi Cerpen Escaeva

Ajang Kreasi Cerpen Escaeva

diambil dari http://www.penulisleaps.com


Ajang Kreasi Kumpulan Cerpen Escaeva merupakan kegiatan yang diadakan oleh para anggota milis EscaevaBookClub sebagai wadah untuk berkarya. Keseluruhan ide dan aturan ajang ini merupakan masukan dari para anggota milis.

Tujuan ajang ini lebih kepada menimba ilmu, saling berbagi, dan bukan semata untuk berkompetisi. Sedangkan koordinator ajang ini dipegang oleh anggota milis, Titon Rahmawan. Ayo ikutan!

Ketentuan Umum

1. Tidak ada pembatasan kepesertaan, siapapun boleh dan bebas mengikuti kegiatan ini. Bukan anggota milis EscaevaBookClub juga boleh mengikuti ajang ini. Namun disarankan agar mendaftar sebagai anggota, agar mudah mendapatkan informasi atau pengumuman lebih lanjut.

2. Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah cerpen, dengan harapan dapat kita peroleh naskah yang berkualitas dalam kuantitas yang memadai untuk dapat dipertimbangkan lebih lanjut kemungkinan penerbitannya.

3. Cerpen merupakan karya asli sendiri dan belum pernah dibukukan dalam bentuk antologi bersama ataupun dalam bentuk antologi tunggal.

4. Cerpen ditulis dalam bahasa Indonesia.

5. Tema bebas, tidak mengandung unsur SARA serta tidak mengandung unsur-unsur yang melanggar norma susila, sopan santun dan agama.

6. Ajang ini tidak memungut biaya apapun.

7. Tidak ada sistem pendaftaran. Bagi siapa pun yang mengirimkan naskah secara otomatis terdaftar sebagai peserta.

Ketentuan Khusus

1. Panjang Cerpen maksimal 8 halaman kertas A4, 2.0 spasi, Times New Roman 12. (mengikuti format cerpen koran)

2. Cerpen dikirim ke alamat e-mail berikut:
titon87@yahoo.com selambat-lambatnya hari Rabu, tanggal 15 November 2006 pukul 24.00 WIB.

3. Peserta diwajibkan menyertakan biodata singkat dan alamat lengkap

4. Cerpen ditulis dalam bahasa Indonesia dan memenuhi kaidah berbahasa yang baik.

5. Tema bebas, tidak mengandung unsur SARA serta tidak mengandung unsur-unsur yang melanggar norma susila, sopan santun dan agama.

Penjurian

1. Penjurian akan dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama oleh para anggota Escaevaer tahap kedua oleh Mas Didik selaku editor kepala Escaeva

2. Pada tahap pertama naskah yang masuk akan dirilis kembali di milis Escaeva untuk memperoleh penilaian langsung dari para anggota milis. Naskah yang dirilis akan dihilangkan identitas penulisnya untuk menghindari subyektifitas penilaian.

3. Penjurian tahap pertama dilakukan dalam jangka waktu kurang lebih dua minggu, yaitu mulai dari tangal 17 November – 31 November 2006

4. Hasil penilaian tahap pertama akan menominasikan cerpen- cerpen yang merupakan kandidat terbaik tergantung dari jumlah cerpen yang masuk maksimal 20 cerpen.

5. Kriteria penilaian memakai skala nilai tertinggi 8 dengan
pecahan angka 0,5

6. Pada tahap kedua cerpen-cerpen terbaik pilihan anggota milis diserahkan kepada pihak Escaeva untuk penilaian lebih lanjut berdasar kriteria standard yang akan ditentukan oleh penerbit. Hal ini sekaligus sebagai penilaian apakah cerpen-cerpen tersebut layak untuk diterbitkan. (Keputusan tidak dapat diganggu gugat)

Hadiah

1. Untuk 3 karya terbaik akan mendapatkan masing-masing 1 buah buku, yaitu salah satu dari judul berikut:
– Kumpulan sajak Nanang Suryadi
– Kumpulan cerita pendek Sapardi Djoko Damono
– Satu buah buku lagi judul menyusul

2. 20 Cerpen kandidat terbaik akan mendapatkan masing-masing 2 buah buku terbitan Penerbit Escaeva, yaitu novel Surat Cinta Saiful Malook dan kumpulan cerita Melihat Jendela Hati.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: