TAHUKAH BAHWA….siapa yang pertama kali sholat?

TAHUKAH BAHWA:

Semua artikel ini diambil dari Hidayah edisi 56 Maret 2006 hal. 236-137

  1. Nama Kayu Bahtera Nabi Nuh Alaihissalam

Dalam Al-Quran kisah ini dapat dilihat di surat Nuh (71). Nama kayu yang dijadikan bahtera oleh nabi Nuh itu bersama umatnya seperti yang dilangsir oleh www.darulnuman.com bahwa bahtera tersebut bernama kayu Kokka. Kayu ini jugalah yang yang dibuat tongkat oleh Nabi Musa as dan Nabi Sulaiman as. Disebutkan juga bahwa kayu ini memiliki banyak khasiat, antara lain sebagai penawar dan penyembuh penyakit. Kayu ini pula disinyalir sebagai kayu yang paling tinggi mutunya di dunia dari sekian kayu yang ada. Waw…hebat banget!

  1. Yang Pertama Kali Mengerjakan Sholat

Setelah Rasulullah “naik ke langit” akhirnya beliau membawa sebuah wahyu untuk umatnya hingga sampai kepada kita: generasi internet. Tahukah? Betul! Wahyu itu adalah perintah sholat. Tetapi siapa sih sebenarnya yang pertama kali mengerjakan sholat? Berikut ulasannya….

Sholat Subuh

Manusia yang melaksanakan sholat subuh pertama kali adalah Nabi Adam as. Ketika Allah menurunkannya ke dunia (setelah di surga), Adam berada di dunia yang sangat gelap. Ia sangat ketakutan. Lantas, ia berdoa kepada Allah hingga fajar datang. Oleh karena itu, setiap fajar hampir pecah, Adam selalu sholat dua rokaat.

Sholat Zuhur

Nabi Ibrahim as pernah mendapatkan perintah dari Allah untuk menyembelih anaknya. Karena saking cintanya kepada Allah, Nabi Ibrahim melaksanakan perintah tersebut. Tetapi Maha Suci Allah dan Maha Pemurah, maka Nabi Ibrahim tidak jadi menyembelih anaknya, Nabi Ismail, sehingga beliau sembahyang sebanyak empat rokaat.

Sholat Ashar

Nabi Yunus as-lah yang pertama kali sholat ashar. Saat itu ia sedang berada di dalam perut ikan Nun. Oleh karena Allah Maha Mengetahui dan Maha Kuasa maka nabi Yunus dapat keluar dari perut ikan Nun. Lantas dirinya dimuntahkan di pinggir pantai. Bersyukurlah beliau, hingga beliau melakukan sembahyang sebanyak empat rokaat.

Sholat Maghrib

Umat nabi Isa pernah dalam keadaan kejahilan dan kebodohan. Allah telah menyelamatkan Nabi Isa dari kaumnya tersebut. Saat itu adalah terbenamnya matahari, yaitu keadaan maghrib. Bersyukurlah Nabi Isa,kemudian beliau sembahyang sebanyak tiga rokaat.

Sholat Isya

Nabi Musa-lah yang pertama kali sholat isya. Saat itu belaiau sedang tersesat di negeri Madyan. Allah telah memberinya jalan yang benar ketika malam menunjukkan waktu isya. Saat itulah beliau bersyukur dan bersembahyang sebanyak empat rokaat.

Semoga bermanfaat, semoga Allah selalu memberi jalan yang benar untuk kita.

Iklan

1 Komentar »

  1. cit my xarah Said:

    thanx banget atas infonya..
    gua baru tau ttg isi artikel ini, dan itu sangat bermanfaatbagiku..


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: