Tips Agar Sholat Kita Kusyuk dan Sejuk

Tips Agar Sholat Kita Kusyuk dan Sejuk

 

Bismillahirrahmanirrahim

 

Sebenarnya saya hedak menuliskan artikel ini sudah lama, tetapi lha saya sendiri sholatnya belum kusyuk, juga saya bukan kiai yang handal. Terus, berbagai dosa dan kemaksiatan masih saya lakukan. Tetapi, atas dorongan hati nurani yang mendesak, akhirnya saya tuliskan tips agar sholat kita kusyuk.

1.      Mandilah terlebih dahulu sebelum sholat

Ini sangat penting sekali, mengingat bahwa dengan mandi kita bisa mendapatkan kesegaran tubuh dan mengembalikan fitalitas kita. Kecuali isya, kita seharusnya mandi terlebih dahulu. Atau kalau tidak mandi, minimal kita “gerujukan” atau menyiram kepala kita dengan air. Ada tips dari teman untuk yang sulit bangun subuh, siapkan ember atau wadah apapun di samping tempat tidur kita. Kalau terdengar adzan, kita basuh mata kita atau membasuh wajah kita. Setan pasti takut dan lari terbirit-birit.

2.      Menghayati wudlu

Paling tidak kita tahu apa sih makna kita wudlu itu? Tentu saja kita hendak menyucikan diri sebelum menghadapNya, seperti halnya kita mencuci tangan sebelum makan. Kita niatkan yang benar-benar tulus dalam hati kita bahwa kita wudlu untuk membersihkan diri sebelum menghadapNya.

3.      Memakai baju yang tidak biasa diapakai sehari-hari/ baju yang khusus digunakan untuk sholat

Kalau bisa kita menyisihkan satu atau dua baju yang khusus untuk sholat. Kalau bisa warnanya putih atau setidaknya yang polos agar kalau kita berjamaah, tulisan di punggung kita tidak menganggu jemaah yang lain. Dan, kalau bisa warnanya jangan mencolok. Kalau bisa sih warna hitam atau putih.

4.      Matikan/selesaikan  segala sesuatu yang membebani pikiran

Contohnya, HP tolong di non-aktifkan, kompor dimatikan, pokoknya pastikan segala sesuatu yang membebani pikiran kita dalam sholat agar tidak muncul

5.      Ketika mendengar adzan, langsung menyegerakan sholat

Syahdan suatu cerita, syaiton itu kalau mendenagar adzan akan berlari terbirit-biri, kalau tidak, tubuh mereka akan terpotong-potong. Nah, kita aja yang agak bandel. Kalau bisa setelah mendengar adzan langsung cuci muka dan berwudlu. Madni kalau perlu. Dengan begitu kita seperti sudah men-scan program-program virus males yang sudah ditanamkan jin jahat pada pikiran dan tubuh kita.

6.      Berjamaah

Bukankah dengan berjamaah pulsa kita bertambah 27 kali dibandingkan sholat sendiri? Selan itu kita juga bisa menjaga silaturahmi dan kebersamaan sesama muslim loch!

7.      Memberi wewangian

Sebelum memulai sholat, alangkah baiknya kita menyemprotkan wewangian ke sekujur tubuh kita dan sajadah kita. Ya, analoginya seperti kalau kita hendak bertemu dengan orang yang paling kita cintai gitu. Kita kan harus mempersiapkan penampilan sebaik mungkin, kan?

8.      Memaahami isi bacaan sholat

Kalau ada waktu nanti akan saya posting khusus bagaimana memahami dan menghayatibacaan dalam sholat. Tapi untuk sementara silakan baca-baca buku risalah atau tuntunan sholat. Dibaca plus dipahami, jangan dihafalkan.

9.      Berdoa dengan sungguh-sungguh

Berdoalah dengan tulus, siapa tau kita bisa memburaikan air mata. Duh, betapa tenangnya jiwa ini ketika bisa menangis karena Allah taala. InsyaAlloh urutan doa nanti saya carikan sumbernya terlebih dahulu agar bisa kita pelajari bersama-sama.

10.  Tidak melakukan hal-hal yang dilarang agama

Nah, ini dia yang paling sholat. Biasanya, saya tidak tahu persisinya, orang yang banyak melakukan kemaksiatan dan dosa sholatnya tidak bisa kusyuk dan sejuk. Tapi ya, lagi-lagi kembali kepada kehendakNya. Hal ini saya rasakan sendiri termasuk juga teman-teman yang curhat sama saya.

11.  Mencuci perelngkapan sholat seminggu sekali dan membersihaknnya.

Nah ini penting, karena kebersihan sebagian dari iman bukan? Logisnya, kalau tempat kerja kita bersih, pastilah kita akan merasa nyaman dan tenang.

12.  Lain-lain

Ada baiknya kita menjaga stamina lewat olah raga dan minum air putih yang banyak dan makan-makan yang sehat plus HALAL.

 

Mungkin hanya itu saja dari saya. Apabila ada kekurangnnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semua data di atas saya peroleh dari diskusi dengan teman-teman. Saya ucapkan banyak terima kasih banyak kepada rekan-rekan, guru, dan dosen saya yang sudah memberikan masukan yang banyak.

 

Kepada Mashudi (karyawan Gramedia Matos), kepada Bpk. Nurhadi (Dosen Bahasa Indonesia Universitas Negeri Malang/UM), kepada Abdul Aziz (PNS Pajak Jakarta), Supai Rahmat (Sobatku di pulau seberang), Pipink dan Andreaz (teman diskusi dan ngopi), Wijayanti (semoga benar-benar direstui olehNya cintaku kepada), Bejo (Ustat KKN Banjarsari The Rock City), Mas Ainur dan Mbak Ulfa (Karyawan Primagama dan British 5 Internasional), dan semua ustat dan guru kehidupan saya yang enggan dan tak bisa saya sebutkan satu persatu. Semoga ilmu yang kita diskusikan bisa menjadi amalan jariah dan manfaat dunia akhirat.

 

Ok, tunggu posting saya berikutnya tentang “Memahami bacaan dalam sholat” dan “Doa khusuk yang  berlimpah rahmat lewat peluh”

 

J

Lubis Grafura dalam www.lubisgrafura.wordpress.com

 

9 Komentar »

  1. izoel Said:

    bener juga sie………… Tp klo menurut akYu,,,yang penting khan niatnya dulu,,,tul gak?????? Tapi tipsna keren.. Maw coba ahhh… Do’ain berhasil ya…

  2. djizu Said:

    4 thumbs up..!!!!! nice article…

  3. djizu Said:

    4 thumbs up!!! very nice article..!!!

  4. sari Said:

    Assalammualaikum,
    Belakangan ini saya ngga pernah khusu dlm sholat, kadang2 lupa sudah rokaat yg keberapa. Mungkin utk tips no.4 belum bisa saya lakukan karena banyaknya masalah yg saya pikirkan (masalah keluarga, keuangan dsb) hingga terbawa ke dlm sholat saya. Ada tips lain untuk hal ini? Terima kasih.
    Wassalam.

    • satmoki Said:

      sama…saya juga

  5. buladigsite Said:

    good article…. thanks…. salam kenal

  6. Doni Said:

    Assalamualaikum
    Termksh atas tipsny bgs banget dech. Bolehkan tipsnya aku ambil sebgai materi mading skul aku tetep sertain nama kamu kok…
    Wassalamualaikum

  7. nurul Said:

    bagaimana nak padamkan fikiran ketika solat???????
    saya teringin sangat nak rasakan nikmat solat yang penuh kekusyukan.

  8. LIEMSUWITO Said:

    LUMAYAN LAH BUAT TAMBAH ILMU,ORANG YG AWAM SPERTI AKU PASTI BUTUH..


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: