Nilai UAN dan Korupsi yang Makin Tinggi

Nilai UAN dan Korupsi yang Makin Tinggi

 

Pertanyaan:

YAHOO.Shortcuts.hasSensitiveText = true; YAHOO.Shortcuts.doUlt = false; YAHOO.Shortcuts.location = “us”; YAHOO.Shortcuts.lang = “us”; YAHOO.Shortcuts.document_id = -176188549; YAHOO.Shortcuts.document_type = “”; YAHOO.Shortcuts.document_title = “”; YAHOO.Shortcuts.document_publish_date = “”; YAHOO.Shortcuts.document_author = “”; YAHOO.Shortcuts.annotationSet = { lw_1173144143_0: { text: ‘gie_gurlzmutz@yahoo.com’, startchar: 688, endchar: 710, weight: 1, type: [‘shortcuts:/us/instance/identifier/email_address’]} }; YAHOO.Shortcuts.overlaySpaceId = “97546169”; YAHOO.Shortcuts.hostSpaceId = “97546168”; dUh kK yanG caeM,,, emg bnr yuphz gosip klo UAN tch soal’a beda”,, jd gini antara bngku dpan n blkg g sma,, mkn repot dunk!!!!!!!!!!!!!!!!! bnr g????

K mnta bocoran Soal MTK n B. Ing,,, oYa pMrnTah tch knpa doyan bgt nyiksa masyarakat’a??? kta’a biar negara mju lah mkannya nilai UAN diTinggiin pdhal pmerintah ja mash bnyaK bgT yg KORUPSI,,,,, Bwt Depdiknas tolong dunk ada remedialnya, knp ko repot syi, g ush ikt” luar negeri dulu, ursn dch msyarakat n pendidikan jgn bisanya naekin nilai mulu,, oY KK yg caem, please ya kisi”nya akurat,tajam, dan terpercya g????

 

ReplY pLease

gie_gurlzmutz@yahoo.com

Jawaban:

Dear Anggi Rizki Fajarani Nitiamidjaya,

Apa yang Dik Anggi rasakan itu hampir dirasakan oleh siswa tingkat SMP hingga SMA. Dan itu sangat wajar. Pemerintah yang hendak meningkatkan mutu pendidikannya, saya rasa adalah sebuah komitmen yang perlu kita dukung, kita hargai. Lantas, kita jalani sepenuh hati. Kita musti berfikir positif bahwa kebijakan pemerintah adalah sepenuhnya digunakan untuk kebaikan masyarakat juga. Dalam hal ini adalah pendidikan.

Namun, kebijakan untuk membuat soal tidak sama antara satui bangku dengan bangku yang lainnya, saya rasa adalah kebijakan yang kurang tepat. Bagi saya, kebijakan yang semacam itu sudah memberikan pemaknaan bahwa guru/pemerintah sudah tidak percaya lagi kepada siswa. Kalau hal ini terus berlanjut, bagaimana siswa dapat juga menghargai guru atau pemerintah.

Kebijakan yang seharusnya dilakukan pemerintah untuk pendidikan ke depan adalah memberikan rasa jujur mulai dari tingkat SD atau TK. Ini pun tak terlepas dari dukungan para guru dan wali murid. Mulailah sikap ini dari hal-hal yang terkecil. Misalnya, ketika ulangan harian, kita sebagai guru, seharusnya memberikan kebebasan kepada siswa. Tidak perlu tas ditaruh di luar, tidak ada alas untuk lembar jawaban, dsb. Guru seharusnya memberikan pengarahan apa makan dari ujian. Hasil memuaskan sebuah ujian bukanlah sesuatu tujuan akhir. Proses untuk menjadi tahu inilah yang perlu dikembangkan dari saat ini.

Hal tersebutlah yang menggelitik saya memberikan judul tulisan ini Nilai UAN dan Korupsi yang Makin Tinggi. Secara asumsi saja, bahwa korupsi di Indonesia ini adalah berawal dari pola pikir dan pendidikan yang keliru. Kita selama belajar hanya diberitahu yang “benar” dan “salah” bukan diberi “kenyataan”

Sebagai contoh, kalau ada soal seperti ini:

jika kamu menemukan uang Rp100.000,00, apa yang akan kamu lakukan?

a.       lapor ke polisi

b.      dibawa pulang

c.       biarkan saja

d.      dibagi ke teman-teman

jawaban apa yang akan dipilih oleh anak didik kita? Tentu saja akan memilih jawaban “A”. Kita selama ini telah dijejali oleh pernyataan “terpuji” dan “tidak terpuji” . Kita tidak diajari proses menuju “terpuji” dengan “sebuah alasan” Kalau saja ada siswa yang memilih jawaban “B” tentu akan dipersalahkan. Padahal ia punya alasan tertentu, misalnya ia akan memberikan uang itu kepada pembangunan masjid di samping rumahnya. Sementara, jika ia lapor polisi, tentu saja polisi akan “mencatut” uang tersebut. Lantas, jika seperti itu, ketika suatu saat mereka menjabat sebagai pejabat, tidak menutup kemungkinan mereka akan korupsi. Lantas, berdalih pembangunan itu-ini, kalau kepepet akhirnya pura-pura sakit.

Terakhir, mengenai kisi-kisi yang ada di blog ini adalah valid. Artinya, kisi-kisi yang berjudul Standar Kompetensi Lulus (SKL) adalah saya cuplik dari depdiknas, jadi keakuratannya dapat dipertanggungjawabkan. Sementara, prediksi saya untuk bahasa Indonesia akan saya revisi dalam waktu dekat ini.

Oke, buat Anggi dan teman-teman di seluruh nusantara selamab belajar dan berjuang. Masa depan bangsa berada di ujung jemari kalian.

 

Salam Hangat,

Lubis Grafura

 

 

5 Komentar »

  1. ceLLa Said:

    salam kenal….
    aku mau comment nih ttg UN…..
    syarat buat lulus UN kali ini berat banget buat nak SMA…. nilai paling rendah 4.26…. di skul udah di adain try out 2 x tapi hasilnya gak memuaskan…. knp c pemerintah bikin syarat UN berat gt?????? emang na mau murid” pada gak lulus semua…… yah mungkin dari siswa nya juga kurang belajar tapi udah belajar pun hasilnya gak memuaskan…..
    kritik buat pemerintah juga…… jangan bikin murid” jd pada stres donk……

    bLs QlaT….

    ceLLa T_T

  2. adjizu Said:

    adek..adek meskipun saya bukan seorang guru tapi menurut saya nilai segitu 4.26 harusnya bisa lebih menurut saya minimal harus 5.6 minimal nilai C, jika adek-adek semua bandingkan dengan para bapak guru yang telah mengajar dengan penuh perjuangan &pengabdianapakah cukup dengan dihaargai 4.26?harusnya lebih..lebih dan lebih. 4.26 itu para guru sudah berkorban mental dan perasaan kalo menurut saya.masak mengajar dengan sepenuh cinta dan sepenuh hati hanya dihargai nilai segitu buat lulus? ya wajar dunk, pelajar itu tugasnya ya belajar bukan maen2. tanya mas lubis.buat pemerinyah good job untuk meningkatkan standar pendidikan yang bermutu tinggi. untuk masa depan bangsa kita.

    regard
    djizu
    HIDETOSHI_1984@YAHOO.COM

  3. dhewix Said:

    k q mo tny,gmn sih ngadepin ujian biar ga tkut n cra bagi wktu bwt blj?? blzz plaese

  4. Tovan Octa F Said:

    tentang uan…kok banyak yang mengeluh seehh??padahal menurutku standart kelulusannya dinaikkan aja biar bisa ikut standart internasional.kita harus punya pemikiran yang objektif tentang uan..kalo kita nggak mampu,itu karena kita aja yang kurang punya dedikasi buat pelajaran.kta nggak akan bisa maju kalau cuma terhambat dengan keluhan-keluhan yg nggak berguna tentang uan…yang penting usaha dan jangan mengeluh…pasti bisa…ok

  5. fiq ainul haaq Said:

    unTUK semua Yang baca ini q mo minta restu
    moga2 nilai q memuaskan amiN
    yah nih krng 1mnggu gmn resep hadapi uan
    n gmn cr hdpinya


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: