Mengirim Naskah Film ke Produser Tak Ubahnya Mengirim Naskah Cerpen/Puisi ke Media Massa.

Mengirim Naskah Film ke Produser Tak Ubahnya Mengirim Naskah Cerpen/Puisi ke Media Massa.

Sehubungan dengan pertanyaan teman-teman beberapa saat yang lalu
mengenai alamat e-mail Dedy Mizwar, ini alamat e-mail beliau.
Sayangnya, e-mail yang masuk tidak langsung dibaca oleh Dedy Mizwar,
namun disortir dulu oleh asistennya, yaitu Mas Arif. Jadi memang agak
sulit prosedurnya, tapi yang penting dicoba aja. Siapa tahu bisa
sukses. Beberapa waktu lalu saja aku nyoba minta endorsement buku
untuk novelku ke alamat e-mail Dedy Mizwar, namun buru-buru sudah
dicegat oleh asistennya dengan mengatakan bahwa Pak Dedy Mizwar lagi
sibuk tidak bisa diganggu. Entah e-mailku ini sudah sampai dan
diketahui oleh Dedy Mizwar atau belum, tapi asistennya ini sudah
memutuskan bahwa Dedy Mizwar tidak bisa diganggu. Mungkin memang
tipikal orang sibuk atau bagaimana. Padahal aku juga sempat menawarkan
naskah skenario juga, tapi ya itu jawabannya memang sedikit bikin
kesal. Yang jawab kok malah asistennya. Jadi kalau begitu nasib kita
sebagai penulis tergantung sepenuhnya kepada kebaikan sang asisten
dong ? Hal ini berbeda sama sekali dengan pengalamanku saat
mengirimkan naskah artikel ke majalah-majalah dan media ternama di
luar negeri lewat e-mail dan langsung dijawab oleh yang bersangkutan
tanpa kata-kata yang menjengkelkan dan sok orang penting. Mungkin
tipikal orang bule lebih beradab dan ramah daripada orang Indonesia ?
Atau mungkin hanya pas aku sedang sial saja ? Tapi jangan berkecil
hati, silakan terus mencoba mengirimkan naskah skenario, siapa tahu
Anda lebih beruntung daripada saya.

Alamat e-mail Dedy Mizwar : demigis@yahoo. com

Salam kenal Mas Handoko (boleh saya panggil demikian?), perkenalkan, saya adalah Lubis Grafura. Pun, untuk seluruh pesastra di FPM tercinta. Mengirimkan naskah film ke produser bla bla bla (seperti pada judul). Pengalaman Mas Handoko ternyata sangat bermanfaat bagi kita semua. Namun, ternyata saya juga pengalam yang sama dengan Mas Handoko.

Hal ini terjadi tat kala saya mengirimkan naskah cerpen dan puisi ke Kompas. Suatu hari, saya mendaptkan jawaban seperti “Maaf, Kompas tidak memiliki ruang untuk memuat naskah Anda” Nah, saya bukan tipe orang yang putus asa (saat itu). Lantas, saya kirim terus hingga suatu kali ada balasan “Naskah Anda tidak cocok dikirim ke Kompas”

Ha ha ha. Saya juga tidak putus asa. Saya kirim. Kirim dan kirim terus. Nah, biar tidak putus asa, kan ada banyak koran di Indonesia (soal alamat tanya Mbak Vita yang punya alamat koran dari perkotaan hingga suku pedalaman). Ditolak di Kompas, diterima di koran-koran lain. Walau samapi sekarang belum diterima Kompas, tetap selalu mengirimkan. Bukankah orang berkarya seperti orang kencing? (itu konon katanya) kalau sudah dibuang (dikirim) ya anggap aja udah selesai. Lega. Soal diimuat atau tidaknya. Satu poin buat kita: sudah berkarya!

”Mari, menulis hingga titik tinta penghabisan!”

Lubis Grafura
http://www.lubisgrafura.wordpress.com

90 Komentar »

  1. agus Said:

    gimana caranya mendapatkan email produser film di indonesia untuk mengirim proposal film horor. tolong di balas. terima kasih.

  2. dede Said:

    mas, saya punya beberapa script film dengan genre komedi. menurut saya, kualitasnya sangat bagus, pantas mendapatkan rating enam bintang dari lima…, haa.. haa…
    kira-kira menurut mas, kemana ya saya harus menawarkan proposal untuk script film saya tersebut?
    bales ya, mas… terima kasih

  3. Ronald Wibowo Said:

    saya ingin mengirimkan puisi saya untuk dapat dipublikasikan di muka umum

    • utut Said:

      emang mbak tau raut wajah muka umum. aneh

  4. Ronald Wibowo Said:

    saya ingin mengirimkan puisi saya untuk dipublikasikan untuk rakyat Indonesia

  5. caca Said:

    Saya sering mengirimkan naskah film (baik itu berbentuk print out ataupun melalui lampiran di e-mail) aduuuuuhhhhh boro-boro dibales, atau paling tidak ditanggapi, e-mail nggak dibales, naskah (yang saya kirimkan lewat pos saya sertakan prangko balasan apabila mereka tidak tertarik) juga tidak dikembalikan. memang benar, kalau penerbit (dan produser) luar itu lebih responsif ketimbang orang-orang indonesia yang baru bikin film kategori lumayan saja lagaknya udah kayak peraih oscar berulang-ulang…. sibuk terussssshhhh….. tapi saya juga menyerah, saya orang yang percaya, dimana ada kemauan disana ada jalan. SEMANGAT!!

    • wa-one Said:

      Saya minta no telpon dan e-mail-nya, boleh? ini no hp saya; 082130272337

      • utut Said:

        ini fbq utute@yahoo.co.id di add ya sapa tau kita bisa ngobrol di fb soal perfilman

      • uthute Said:

        kok g dibls

  6. caca Said:

    salah tulis. maksud saya,…. tapi saya juga PANTANG menyerah…. (maaf, saya koreksi seketika)

  7. Cika Said:

    Salam Kenal,
    Saya juga punya hoby nulis2 cerita. Kepengennya sih bisa sehebat orang2 yang hebat hehe. Cuma ga tau mo kirim kemana. Kalo saya yang nilai, cerita saya is the best tapi yang lebih pantas bilang bagus kan orang lain. Narsis dikit gitu… Paling ga ada komentar dulu untuk bikin cerita yang bagus. Saya cita2nya naskah saya suatu hari nanti naskah saya difilmkan trus ditayangin di 21 amiiiiinn. Salam kenal n jaya selalu

  8. dewi lestari Said:

    saya ingin mengirimkan naskah film ke produdsen bagaimana caranya

  9. rotua Said:

    Salam sejahtera’

    Sebenarnya saya orang awam dalam penulisan naskah film.Dari kecil saya suka menulis dan menghayal.Rasanya banyak cerita yang ingin saya bagi ke orang lain tapi saya nggak tau gimana cara menulis askah film ke produser(apa seprti kita menulis mengarang biasa atau sinopsis nya aja.Trus apa kita jelasin nama tokoh atau apalah.trus bagaimana cara mengirimkannya.Trims before.

  10. Tioberia hasibuan Said:

    saya ingin mengirim puisi n naskah film ke poduser, cara cepat dan praktisnya giman yah???
    bisa gak yah langsung di terima oleh dedi mizwar???
    boleh tau jumlah propertinya gak???
    thanx

  11. hendro sumiastono Said:

    bang bagaimana cara mendapatkan mail produser film komedi di indonesia saya mau mengirim naskah komedi supaya komedi di indonesia ini supaya lebih renyah ( makanan kali ) . tolong di balas ya aku sangat mengharapkan mail tersebut .

  12. yance wijaya Said:

    assalamualaikum,
    saya punya script film berlatar belakang kehidupan malam, dengan judul I LOVE U MY BITCH, dengan genre glamour romance.
    script saya tsb juga berkembang dengan tema percintaan, persahabatan,dan penemuan jati diri seseorang.
    menurut anda kemana kah saya harus mengajukan script ini?
    mohon bantuannya…
    trims
    wassalam

  13. lubisgrafura Said:

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih sudah memosting di http://www.lubisrafura.wordpress.com. Mbak Yanzhe (Mas?) saya menyarankan untukmengirimkan naskah tersebut ke beberapa produksi film, semisal MD Intertainment, sinemar art, dsb. Saya tidak punya pengalaman menenai pengiriman naskah ke sana,sebab saya hanya memiliki latar belakang seorang penulis di media. Dalam artikel yang Anda posting adalah saya membandinkan (yang konon katanya) menulis naskah dan mengirimkannya tak lebih dan takkurang sama dengan menulis atau mengirimkan naskah sastra ke media massa. Terima kasih. Salam kenal dan semoga bisa membantu.

  14. rachmat Said:

    mengirim naskah film apa harus ada proposalnya?

  15. hendrianto Said:

    saya ingin tau apa sih alamat email bang dedi mizwar produser tu

    aq ingin sekali menyarankan film relizius yang menarik salah satunya

    kisa cinta diatas sajadah

  16. Lubis Grafura Said:

    Teman2,terima kasih dah menunggu moderasi.Saya menyarankan untuk melacak “rumah” film (semisal MD intrteinmnt,SinemArgt,Warner Brothers,dsb) di google.Silakan dicari email+tata caranya, terima kasih.

  17. dewi Said:

    saya sangat suka dengan karya-karya dedi mizwar..

  18. Febri Said:

    Kenapa film2 sekarang banyak yang berjudul terkesan asal2an ? Bukannya meremehkan. Tapi kenapa film seperti Anda Puas Saya Loyo, Susahnya Jadi Perawan, Panggil Saya Dick, Tali Pocong Perawan, Do It (kalo engga salah), kok bisa beredar dipasaran dan pastinya tidak terlalu banyak menyedot penonton ? Buktinya itu film bentar2 udah ditayangin diTV.
    Kenapa PH2 gak sadar2 juga ? Seharusnya bikin film yang dari judulnya aja sudah mengandung makna yang berarti, seperti Ayat2 Cinta yang laris dipasaran. Kok terkesan takut filmnya gak laku.
    Inikan jadi menghambat jalan saya dan orang lain yang ingin mengirim naskah film yang mengandung nilai kekeluargaan. Seperti naskah Kebesaran Hati yang adalah salah satu karya terbesar saya. Mungkin karena judulnya itu, belum apa2 naskah yang saya kirim malah langsung ditaro ke rak naskah yang gak penting. Coba deh baca dulu ! Saya udah kirim ke Miles Production dan Rexinema. Mo coba ke Alenia Production tapi mo ijin kirim sinopsisnya aja sampai sekarang gak dapat balasannya. Mo kirim ke SinemArt, lagi sibuk bikin Ketika Cinta Bertasbih.
    Terus, kenapa PH2 lebih percaya sama penulis kawakan ? Apa penulis2 amatir seperti kita tidak lebih baik dari mereka ? Cuman beda dijam terbang aja kok !!!

  19. dida Said:

    slm knl… aku dida dari jogja, saya bingung banget neh pengen ngirim naskah film tentang kisah nyataku selama kuliah di jogja. ini naskah ku persembahkan buat anak dan istriku yang pergi ninggalin aku. aku nggak minta bayaran sepersenpun tentang naskah ini seandainya ada yang berminat di jadikan film. aku cuma butuh istriku tercinta dimanapun kamu berada, sepenuh hati film ini ku persembahkan buat kamu dan My little Angel jasmine NabiLLa BiLQis. kalo ada temen-temn yang berminat hubungi aku ya….. makasi banyak.

  20. i_r Said:

    iya ms gimana ngirim karya tulis kita ke media. lewat email tentunya..
    bisa ngasih alamat-alamat email media gak??
    tolong

  21. mas saya punya sebuah cerpen tentang keluarga dan cinta.
    Saya ingin mengirim cerpen itu, tapi saya tidak tau caranya. Saya minta tolong untuk mengirim cerpen itu kemana? Biar bisa di Terbitkan d majalah2.

  22. RACHMAT FITRIANTO Said:

    “SAYA INGIN MEMBUAT SUATU NASKAH FILM TENTANG POLITIK BERHARAP MEMBANGKITKAN SEMANGAT MUDA ANAK BANGSA
    DENGAN JUDU “MEREBUT MIMPI BANGSA” TOLONG SAYA KARNA SAYA MASIH BARU DI DUNIA INI…. BAGAIMAN MENDAPAT LING DAN PRODUSER SERTA MENGIRIM NASKAHNYA…NO HP SAYA 085692505072

    Suatu cerita tentang dinamika politik yang melibatkan seorang pemuda yang bernama Ahmad, seorang anak yang mengantikan posisi ayahnya sebagai tulang punggung keluarga setelah ibunya ditinggal pergi menikah dengan seorang wanita anak seorang tokoh partai besar pada waktu Ibunya mengandung Ahmad, ibunya yang memilih untuk menikah lagi dengan pemuda desa membawa penderitaan baru terhadap Ahmad kecil setelah besar ibunya memerintahkan Ahmad untuk mencari ayah kandungnya ke jakarta.
    Selama di jakarta ia mencoba untuk kuliah dan menjadi seorang aktivis mahasiswa disebuah universitas swasta yang sering memimpin aksi demontrasi yang acap kali anarkis demi membela kepentingan rakyat kecil, Ahmad juga bekerja disebuah hotel di Jakarta untuk biaya kuliah dan menghidupi keluarganya di desa terpencil.
    Pada suatu ketika Ahmad mengetahui pertemuan rahasia yang berisi praktik korupsi besar dan rencana menyingkirkan lawan politik pada pemilu tahun lalu yang membawa partai politik yang diasungnya menang mutlak untuk kedua kalinya. Ahmad merekam dan menyimpan bukti-bukti kuat dan menjadi saksi kunci korupsi yang dilakukan pemerintah, karna mengancam karir politik presiden Zulham dimata rakyat. pemerintah berusaha untuk mengajak bekerja sama tetapi penolakan pun selalu terjadi dari Ahmad. Percobaan pembunuhan terselubung sering menimpa Ahmad.
    Ketakutan pemerintah tidak dapat dibendung lagi jika Ahmad membeberkan praktek rekayasa politik melalui media pers yang mengancam partai besar yang dibina prsiden Zulham.
    Ketakutan juga menyelimuti Ahmad ketika kepolisian menetapkan Ahmad sebagai daftar pencarian orang bagaikan teroris. Pada waktu itu Ahmad bersembunyi di desanya selama dalam persembunyian Ahmad acap kali mengelilingi desa untuk mencari bantuan teman-teman lamanya untuk menekan presiden Zulham agar meletakan jabatanya dan mengadakan reformasi, tetapi harapan untuk mengumpulkan kekuatan di desa jauh dari harapan setelah Ahmad melihat keadaan daerah asalnya di pedalaman yang sangat memprihatinkan pemuda-pemuda desa yang berfikir kolot, ibunya yang sakit hanya terbaring ditempat tidur, dan banyak balita yang terkena busung lapar.
    Suatu ketika ahmad menemui kekasihnya didesa dan kekasihnya yang bernama Siska. Ahmad hendak untuk menceritakan masalahnya tetapi Siska tidak percaya malah memaksa untuk menikahinya tetapi Ahmad menolak dengan alasan kehidupanya terancam ketika itu Siska tetap memaksa dengan cara yang tidak wajar menyentuh ahmad dan menuduh Ahmad memperkosanya ketika itu ahmad diadili masyarakat dan di usir dari kampungnya sebelum pergi dari desa ibunya menceritakan ayahnya yang sebenarnya dalah pemimpin negara yang selama ini yang ia tentang, seketika Ahmad terkejut dan sedih dalam hati sehingga kebanggan pun tak terlihat di dalam diri Ahmad sebagai seorang anak dari orang nomor satu dinegaranya.
    Ketika sekembali ke kota Ahmad berusaha menyusun kekuatan untuk menyatukan Mahasiswa di kampusnya untuk berfikir radikal tentang perubahan besar usahanya pun tak sia-sia setelah puluhan temanya yang berpengaruh dikampus ikut dalam Gerakan Reformasi yang bersifat ilegal . melalui beberapa pertemuan terselubung Ahmad menceritakan rencana penekanan presiden Zulham untuk mundur dengan membeberkan praktek korupsinya yang tergolong sangat besar.
    Pada suatu hari Ahmad digelandang paksa dari kampusnya oleh ratusan kesatuan polisi senjata lengkap untuk diajak kerjasama oleh pemerintah untuk memusnahkan bukti-bukti korupsi kolektif presiden bersama jajaranya. Ahmad berfikir panjang dan memandang presiden Zulham terasa adanya kehadiran seorang ayah setelah mengingat perkataan ibu bahwa Zulham adalah ayah kandung Ahmad dengan rendah hati ia menerima kerjasama dengan tetapi Ahmad meminta kepada Zulham untuk menyerahkan jabatan presiden dan bersumpah akan menyerahkan bukti korupsi-korupsi pemerintahan tersebut, tetapi pemerintah melalui pemikiran panjang dan perdebatan didalam cabinet karena kasus kosongnya keuangnan negara dirasakan tidak dapat dipertanggung jawabkan pemerintah presiden Zulham jika swaktu hari diketahui oleh banyak pihak.
    Dengan rencana licik untuk merekayasa fakta hukum korupsi kolektif yang dilakukan pemerintah dengan menuduh Ahmad sebagai tersangka utama, presiden Zulham dapat memenuhi permintaan pemuda tersebut tanpa mengetahui rencana licik tersebut Ahmad menandatangani perjanjian itu tetapi presiden Zulham hanya mengizinkan satu tahun masa jabatan saja.
    Ketidak raguan dan tanpa pemikiran panjang tidak tahan melihat penderitaan masyarakat miskin dan yakin merubah semuanya Ahmad menandatangani pernyataan yang membuat hatinya bergetar untuk tidak menyiakan waktu-waktu tersebut perubahan satu tahun dirasakan penegakan hukum secara otoriter dan peningkatan mutu pendidikan mayarakat miskin membuat rakyat simpatik, rakyat pun dikejutkannya dengan gerakan reformasi yang menjadi kendaraan politiknya dirubah secara ekstrem menjadi gerakan revolusi yang merubah sistem-sistem dasar negara secara radikal.
    Menjelang akhir masa jabatan sementara presiden Ahmad, rencana licik presiden Zulham untuk membalikan fakta pun berhasil di terapkan suatu hal yang mengejutkan Ahmad ketika Akhir tahun masa jabatannya akan keterlibatannya korupsi uang negara atas pernyataan lima sahabatnya yang berbalik menghianatinya persidangan setelah usai masa jabatannya Ahmad dikenakan hukum penjara seumur hidup tetapi Zulham memintanya untuk dihukum mati.
    Kekesalan Ahmad memuncak selama pesidangan karna keadilan yang mulai mati, kasasi yang sering ditolak seta pengajuan grasi yang sia-sia ketika itu Zulham meminta Ahmad untuk dihukum mati Ahmad yang telah putus asa dengan tekanan Zulham yang merupakan Ayahnya sendiri dengan kesal dan amarah yang memuncak Ahmad dengan tegas berkata “Menerima hukuman mati jika Itu benar perintah Zulham dengan permohonan untuk menjamin seluruh kehidupan keluarga yang saya tinggalkan”
    Hukuman Ahmad berjalan dramatis melalui pengejaran di hutan-hutan setelah gerakan revolusi melakukan penyerangan untuk membebaskan Ahmad dari penjara nasional dan peristiwa penculikan pejabat mentri-mentri yang pendukung setia presiden Zulham.
    pada suatu hari seluruh sandra politik di ikat dan dipaksa untuk mengikuti upacara bendera disebuah gedung tua bersama anak-anak miskin dengan hikmad anak-anak tersebut menyanyikan lagu nasional, lalu Ahmad berpidato tentang revolusi yang membakar semangat semua orang yang mendengarnya. tiba-tiba tentara nasional melakukan penyerangan untuk membebaskan sandra seketika satu per satu anggota gerakan revolusi mati tertembak dan Akhirnya Ahmad akibat tekanan batin mengalami cacat mental permanen akibat serangan pasukan gabungan yang membunuh satu persatu sahabat-sahabat Ahmad.
    ketika presiden Zulham menjenguk ibunya yang sedang sakit dirawat diluar negeri ternyata adalah Yuni wanita simpanan Zulham yang diisolasi di desa terpencil agar tidak mengganggu karir politik yang dirintisnya pada puluhahan tahun lalu, Ahmad ternyata adalah darah dagingnya presiden Zulham yang baru mengetahui hal tersebut membuat Zulham terkejut dan merasa bersalah hal inilah menjadi pukulan terberat untuk presiden Zulham setelah mendapakan kembali jabatanya para pejabat negara mengadakan pesta-pesta politik dan hukum mulai kembali melemah korupsi dan kolusi yang diperangi Ahmad hampir kembali keasalnya karna rasa bersalahnya Zulham membuat anaknya sendiri menderita dengan lantang berkata ” Ahmad masih memimpin dengan hukum yang dibuatnya hukum negerini takkan pernah mati teruskan program pemerintahan revolusi” ketika itu presiden Zulham menetapkan sahabat Ahmad menjadi pahlawan revolusi.

  23. ipang kuruz Said:

    mas di indonesia sendiri yang saya tau ruang lingkup untuk lebih memajukan perfilman di negara ini kenapa?
    saya selaku pecinta film negeri sendiri ikut prihatin karena dunia perfilman lebih mengawali kekomersialanya dari pada memajukan film di negeri ini. jika setiap penulis di negeri ini bisa menginspirasikan karyanya dan produser lebih memandang karya orang lain tidak dengan sebelah mata maka saya yakin untuk film di negeri ini lebih maju dari negara lain terutama thailand.

  24. iping Said:

    Pada saat ini kami masih dalam masa jenjang pendidikan yaitu madrasah aliyah. Lebih tepatnya lagi kami bersekolah di pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Disini kami mendapatkan pendidikan tentang jurnalistik sejak kelas sepuluh. Di tahun terakhir ini kami mendapat tugas membuat sebuah film (sekarang masih dalam tahap produksi). Kami ingin menunjukkan ke semua produser bahwa film kami sangat berkualitas. Tolong bantu kami, karena kami ingin melepas film ini ke layar lebar. Dan kami akan buktikan jika film kami akan mendapat nominasi di ajang FFA (Festival Film Al-Zaytun). Disini kami bersaing bersama 14 nominator lainnya. Tolong bantu kami para produser profesional

  25. ray Said:

    salam knal

  26. ray Said:

    mank gmana cara kirim karya ke media?
    thanks..

  27. Sinta Said:

    Mas boleh minta di kasih tau caranya bikin script gag? Saya amsih SMA tapi di suruh buat film sama gurunya, gurunya gak nerangin caranya bikin script itu seperti apa. Terus saya juga berminat untuk memasukkan script dengan cerita yang sudah saya buat itu ke rumah produksi. Mohon bantuannya mas. Tolong di bales ke e-mail saya saja.
    E-mail : sintasusilawati@ymail.com

  28. dyah Said:

    gimana sih caranya bisa kirim script sinetron and iklan , harus ada cannel kah ?
    email : diedie905@yahoo.com

  29. Lie Na Said:

    Gimana sih caranya agar script kita bisa diterima oleh PH dan stasiun TV?
    sETELAH saya telepon banyak PH banyak yang mengatakan tidak membutuhkan penulis, dan bahkan banyak yang meragukan kemmpuan penulis pemula yang mempunyai banyak ide. Mereka kayaknya lebih percaya penulis senior……… Gimana caranya ya biar bisa script diterima oleh PH? aPA HARUS DATANG KE PH langsung? kan gak semua penulis tinggal di Jakarta? Bisa kan dikirim lewat post trus kalo udah pasti akan diproduksi baru ke Jakarta, bisa gak begitu?

  30. dede-W Said:

    aslm ..
    Semua saMa ..
    awal yang sulit. di tolak bukan karena karya yang buruk. tapi karena antipati terhadap pendatang baru yang kiranya di sama ratakan berbau kencur atau apalah namanya ..
    tapi jangan takut kawan. ini semua masalah waktu.
    gw adalah orang yang berulang kali bosan mencari peluang pengajuan skenario. sekedar mengajukan, untuk sekedar di nilai. di perhatikan, terlebih lagi dihargai.
    tapi nyatanya. semua bungkam!!
    gak ada balasan! cuma penantian kosong////
    capeW!!
    bwt sahabat penulis.
    Q butuh kita yang merasa terabaikan untuk bisa nunjukin siapa kita …
    _______________ nawri_eded@yahoo.co.id

  31. firman Said:

    saya mau mengirimkan cerpen dan naskah, tapi saya tidak tahu alamat mana yang saya kirimkan.
    tolong kasih tahu alamat2 penerbit dan alamat sutradara seperti Hanung Brahmantio dll

  32. anang asmara Said:

    ide kreatif yang ada dalam diri kita tentang film, silakan tidak sekedar membuat naskah tapi terbangkanlah naskah itu dengan tangan kita sendiri menjadi sebuah film. Itu akan lebih baik daripada kita ikut nebeng / titip naskah kepada orang yang sudah punya nama. tunjukkan kita bisa menggapai mimpi.

  33. hmm..sya pernah mencoba bertanya dengan slah seorang penulis yang membahas langkah – langkah menjadi penulis skenario, tapi jawaban yang saya dapat malah ” baca aja buku saya yang judulnya ini” ..hmm..maklum juga sih, tapi mungkin alangkah lebih bijak kalau sedikit pertanyaan di respon, kalau mau lebih lengkap lagi silakan baca buku yang saya referensikan sebagai berikut …
    salam hangat, salam kenal semuanya

    • Irwan Said:

      kalau semua produser tidak menghargai hasil karya orang lain saya yakin negara ini tidak akan maju di dunia enteremen khususnya dibidang per filman, nah kalau begini terus saya akan kirim karya saya keluar ajalah

  34. tege Said:

    salam kenal semuanya..
    tetap semangat dalam berkarya ya, semoga dari curhat2 di forum ini, akan ada ide dan langkah baru yg dapat kita lakukan untuk dapat mencapai tujuan2 kita bersama tanpa banyak berharap dari produser2 atau PH yang sudah mapan. Mungkin kita bisa membuat suatu wadah independent, membuat sebuah film dari naskah teman2 yg dianggap layak diikutsertakan di festival2 indi.
    Bukankah sukses itu harus diawali dengan langkah2 kecil dahulu.

    :)
    tege

  35. mesya Said:

    mas boleh minta alamat email rumah produksi bwt kirim foto saya ikutan casting.thanks

  36. nisrin hedar Said:

    Hai, salam kenal..
    Postingnya sangat berguna banget buat saya..
    karena saya pernah mengirim suatu karya berupa cerpen,dongeng,puisi sewaktu saya masih smp dan tidak pernah diterima semenjak itu saya menulis hanya untuk diri sendiri, tapi sekarang saya yakin lagi kalau karya saya layak untuk dinikmati oleh masyarakat.
    terima kasih ya.. saya tidak akan patah semangat!!!!!

  37. rrexxa Said:

    mmm ..

    kira-kira apa yang seharusnya saya lakukan sebagai penulis baru (dan awam) agar dapat mengirimkan karyanya me media massa ? Apakah anda memiliki saran ?

  38. FEBRYANTO Said:

    TEMAN TEMAN AKU MO IKUT GABUNG BERKARYA DONG, AKU JUGA PUNYA SCRIP, TAPI AKU BINGUNG MO APRESIASINYA KEMANA..TOLONG BANTU AKU YA TEMAN TEMAN..THANKS

  39. adien Said:

    nyari produsr yang serius buat sharing profit ….bener2 produser
    di tunggu di email saya

  40. naskah Said:

    naskah fil yg bgus sbaiknya di ikutkan ke kompetisi2 film..

  41. arista Said:

    aQ maU taNya, Cara LaiN bUat Ngirim nasKaH ke mEdia lewat InterNet (LewaT emaiL) yaNg Lain Da NgGak…..???? jwB Za pLizzzzzzzzzz krim ke eMaiLQ. Ne aLamtE Da 2, 1:ayyezta@yahoo.co.id, 2:reyzzta_ayyez.emoutz@yahoo.com

  42. guyi Said:

    gvjlkhvbkjl

  43. franco s Said:

    gmna sih supaya karangan berupa artikel, puisi dan karikatur bisa dimuat di media masa??
    dan apakah kita berhak atas karangan tersebut apabila di terbit kan ?? itung2 berinspirasi sekaligus dapet duit, hehhe…

  44. franco s Said:

    ke lupaan balasan nya kirim ke email ku ya!!
    franco20@rocketmail.com

  45. hardyanti Said:

    salut buat teman2 yg punya hoby nulis…….!!!akujuga hoby nulis cuma g pede dengan apa yg aku tulis…..????????????????

  46. Buat teman2 yang satu visi dan satu misi denganku semangat ya jangan pantang mundur ya. untuk tetap menulis dan jika ada yang tahu alamat produser atau apapun yang berhubungan dengan tulis menulis dan dunia perfilman bisa call me di 085746117199 atau di email iyum_ezy@yahoo.com

  47. marti Said:

    teman2 sesusah itukah, jika kita ingin menawarkan naskah film kita??
    kasi tau dunk kalau naskahku mau ku tawarkan di luar negeri, mungkin tidak ya?

  48. sangat tertarik dengan optimisme yang saya temukan dalam tulisan ini, salam kenal

  49. yordan Said:

    abank saya berusulan mau memajukan film exsien di indonesia ne

  50. devon Said:

    saya mempunyai cerita naskah film berserta percakapan nya, film yg bertema patret kehampaan menceritakan tantang 2 sahabat kecil yg bernama DEVON SAMA JOPAN, JOPAN terlahir dari keluarga yg kaya dan serba keckupan, iya mempunyai ayah yg kelakuan nya suka mainin perempuan. sampei pada suatu hari ibu nya minta bercerei dan pergi keluar negri meskipun, iya berat harus ninggalin jopan tapi iya rasa itu yg terbaik. jopan pun kurang kae=sih sayang dari orang tua nya. sedangkan devon terlahir dari keluarga miskin, iya hanya mempunyai seorang ibu yg amat menyayangi nya, devon sama jopan 1 sekolahan dan mereka pun selalu di tindas sama teman teman mereka, sampai terucap kata dari mereka “kalo kita udah besar nanti jangan sampai ada orang yg brani menindas” (kita harus berani) devon di keluarkan dari sekolah karna berkelahi dengan teman teman di sekolah nya, tak lama ibu nyapun meninggal, sampei iya tinggal di jalanan. jopan pun tidak pernah ketemu devon lagi dari semenjak itu, jopan hanya memberi kenang kenangan yg berupa sebuah kalung, 12 tahun kemudian ketika meraka sudah dewasa, jopan jadi seorang mahasiswa dan orang yg di segani di kampus, sedankan devon menjadi pereman jalanan yg berani, dan mereka ber dua menemukan cinta pada satu perempuan, karna jopan dan devon tidak pernah ketemu lagi, hanya karna ada suatu konflik dari kampus teman teman teman jopan sama anak anak teman devon, mereka pun berkelahi dan jopan teringat pada sebuh kalung yg di pake oleh devon, di situ mereka baru sadar bahwa mereka berteman semasa kecil, dan di situ mereka belum sadar kalo mereka sayang pada perempuan yg yg sama.!!!! cerita ini amat panjang dan sangat menarik jika di terbitkan tuk menjadi sebuah film, karna cerita ini banyak menggambarkan norma norma kehidupan, kasih sayang, sahabat, cinta, luka, duka, kesenagan, semua ada dalam cerita ini, kalo ada yg minat hubungi saya di 085811202302 terima kasih

  51. kahar Said:

    saya juga punya karya beberapa buah novel yang saya tulis kurang lebih 10 tahun yang sudah saya rilis. adapun judulnya 1 kau tak setia 2 serpihan cinta yang melukai 3 misteri guci cinta 4 misteri novel cinta 5 surat segel percerain, dan banyak lagi yang lainnya. kesemuanya itu menjadi tumpukan laci, lemari, untung tak sampai kekeranjang sampah. melihat pengelaman teman teman diatas tak jauh beda dengan saya. media massa majalah, apa lagi orang orang film, tak ada yang menanggapi buah karya kalau yang mereka lihat penulisnya yang belum terkenal. padahal yang terkenal itu juga tadinya tak terkenal. kalau boleh dibilang justru cerita atau naskah yang belum punya nama itulah yang layak di publikasikan. karena lebih berbobot dan penuh kehati hatian dalam merilisnya. sementara orang yang sudah terkenal selalu merilis asal asalan (asal jadi) karena di pikir apapun yang akan dibuatnya pasti akan ngorbit. laku tidak lakunya buah karya itu masa bodoh, duit dapat, toh produser yang nanggungkan segalanya.
    saya tidak salahkan penulis yang orogan tersebut, tinggal lagi mengapa produser tidak berpikir seperti yang saya sebutkan diatas. jika produser yang lebih jitu berpikir, tentu ia lebih memilih karya-karya penulis awam (yang belum populer) tentu ada 3 point yang mereka dapat. 1 mengangkat drajat penulis pemula 2 mendapatka cerita yang berbobot. 3 tentu mengangkat keuntungan perusahaan mereka sendiri dan nama bangsa ini.
    tentu dengan cara menseleksi dulu mana yang layak atau tidak. tentu dengan membaca satu persatu. terkadang belum dibaca, dilihat pun enggak sudah dibilang nggak layak di orbitkan!!!! dan juga masalah ini juga gak bisa diwakilkan pada asistern, terkecuali sutradara yang lebih megerti alur cerita.
    trims ya numpang unek-unek moga-moga unek-unek ini dipertimbangkan oleh orang-orang film dan insan media yang membutuhkan goresan buah tangan anak bangsa yang benar-benar ingin berkarya!!! amin.

  52. bang , bagaimana saya bisa mendapatkan seorang produser yang bisa mendanai film saya , nah film saya ini bergenre horor . namun sampai sekarang saya belum bisa mendapatkan seorang produser . balas ya bang

  53. goris Said:

    mas aku goris dari surabaya..(tujuan saya ingin menghidupkan lagi warkop)
    aku sudah 6 tahun ini aku mencari sampean (mas indro warkop)…mulai 2005
    coz aku ingin mulai kecil aku uda pny cita2 menjadi warkop apalagi aku da pny temen spt warkop…
    tahun 2005 aku mencari sampean mas gak ketemu2 aku pingin jumpa mas…aku pingin ngomong ma mas gak nyampek2….dan akhirnya aku menemukan sampean lewat facebook…
    memang aku pny rencana pingin menghidupkan lagi nama warkop yg telah menghilang setelah meninggalnya teman mas yaitu almarhum mas dono dan mas kasino…keinginanku ini sudah dari dulu…gara2 susah mencari mas jadi aku nyerah….dan akhirnya aku mulai niat lagi mencari mas indro gara ada jojo and shinta,briptu norman tiba2 melejit namanya dan film2 asing dihapuskan ma perfilman indonesia…dari situ aku ingin menjadi atau menghidupkan lagi warkop lewat mas indro….saya ma teman saya berdua yaitu agus ma hendra dikampung ma digreja dan ama teman2 aku disebut warkop coz guyonannya seperti film warkop sampai kita disbut nama dono,kasino,indro…
    saya bkn ingin terkenal dan sok artis …tapi saya ingin menghidupkan lagi nama WARKOP yg hilang maka dr itu aku minta bantuan dari mas indro selaku WARKOP …
    maaf mas kok ganggu mas….
    makasih ya mas ….
    GBU

    goris,agus & hendra tlp 031 7349709 goris

    • uthute Said:

      kasihan bgt klo email g dibalas jd q aja yang balas ya………………kasihannnnnnnn bgt

  54. Indra kurniawan Said:

    saya minta alamat rumah production yaa mas…, saya pengen bikin proposal ide cerita film thriller..email : kumiskucing.haruky@yahoo.co.id

  55. tatang sukma Said:

    punya ide pilm monter harus kemana yah 085793776677

  56. yenilestari Said:

    Mas, saya penulis cerita imajinasi luar biasa. Sayang cerita saya gak dilirik sedikit pun oleh produser, katanya terlalu anak2. Padahal cerita yang saya buat memang untuk anak-anak.

    Tolong info, produser film anak-anak ya mas.
    Yeni : 081548836025

    Trims

  57. Mafia Skenario jadi Benalu Pemula
    Jujur, Sy dah pesimis dengan dunia film. Dan ga kehitung saya menawarkan skenario film ke beberapa PH yang ada di jakarta, tapi apa hasilnya? Nol besar. Nasip penulis skenario pemula sampe kapanpun ga pernah bisa berubah. Pasalnya, banyak info yang sy dengar kalo dlm prosedural skenario film atopun sinetron ada mafianya. Mereka (pasti) imbalan yg tidak sedikit jk skenario kita mau diterima oleh produser dan ditayangkan. Kalo emg kita tidak bisa bayar, maka alamat skenario kita akan teronggok di meja ato bahkan dibuang di tong sampah.

    Bagi kalian yang pengen skenarionya bisa diterima, jika tanpa melalui calo, maka blhlah melakukan pendekatan ke pihak dalam PH. Lebih bagus lagi jika kalian bersedia bekerja sebagai OB sekalipun itu klening servis. Tapi setidaknya kita bisa kenal orang dalam dan melakukan pendekatan.

    Saya bukan maksud mengajak kalian juga mengikuti jejak saya yg saat ini udah putus asa. Tetap berjuang siapa tahu nasih anda berbeda dengan sy. teruslah berkarya tanpa pasrah. Percaya pada kepastian Allah, bahwa kita tak akan mendapatkan nasib baik selama kita sendiri tak merubahnya.

  58. yulitha Said:

    Duuh aq setuju banget tuh kadang bete sendiri ama penerbit / produser indonesia, sosis alias sok super sibuk, yah…paling gak ada respon positif lah untuk penulis-penulis yang semangat macam kita2 nih….gimana mau maju? Belum apa2 udah ditolak….kalo di tv or media ngomongnya enakkk banget silakan kirim naskahanya eeehhh gitu uda kirim jadi penghuni tempat sampah. mestinya mereka banyak belajar ama penerbit n produser luar negeri tuh.

  59. Bayu Samodra Said:

    Salah satu dikeluarga saya di suatu hari (Jum’at jam 02.00, 25-11-2011) bermimpi ditemui Susana (Peran Film Bunda Ratu pantai selatan)

    Yang berkata memintanya untuk menggantikan peran sebagai Ratu Pantai Selatan.

    Bila memang ada benarnya mungkin dengan keterbatasan kami dalam hal ini mungkin ada yang dapat membantu.

    Sebelumnya kami minta maaf bila ini dianggap mengada – ada tapi ini benar adanya & dapat dipertanggungjawabkan.

  60. Mas, saya punya naskah cerita tentang riwayat hidup saya yang insya ALLAH sangat bermanfaat untuk disimak oleh pembacanya. Mohon saran, bagaimana caranya saya bisa mempublikasikan tulisan saya tersebut. terimaksih

  61. cintia Said:

    Ni saya ada novel berkaitan dengan UNAS,dan jerih payah nak sma dlam hadapi unas,tak lupa juga kisa percintaan mereka, sangat memotivasi pelajar bahwa UNAS bukan jalan 1 1 nya menuju ksuksesan, ingin sekali novelni di filmkan, tlg share caranya ya d email ni cin_tia.moon@yahoo.co.id

  62. joegievano Said:

    kalo mau kirim ke ph lebih baik kirim sinopsis dulu, mereka jarang sekali mau baca full script. kalo ada yg mau belajar menulis screenplay dateng aja ke tintascreenplay.com

  63. furkan Said:

    saya punya cerita tentang seorang tentara yang bertugas di aceh dan menjalani cinta terlarang dengan seorang gadis yang ayahnya petinggi gam,,kisahnya sedih banget

  64. Bella Permata Said:

    saya mempunya cerita yang judul nya ” semua hanya milik allah ” banyak pelajaran yang bisa kita gali dari cerita i i ,, tapi saya tidak tahu harus bagai mana saya mengirim cerita saya hingga sampai ke tangan produser ,, mohon di bantu yaaaaaaa

  65. rika wulandari Said:

    assalamu’alaikum….
    saya rika, saya memiliki banyak cerpen dan puisi
    udah lama ingin mengirim lewat apa aja yg penting dapet terpublikasikan tapi saya gak tahu harus kirim kemana
    mohon bantuannya

  66. rika wulandari Said:

    assalamu’alaikum….
    saya rika, saya memiliki banyak cerpen dan puisi
    udah lama ingin mengirim lewat apa aja yg penting dapet terpublikasikan tapi saya gak tahu harus kirim kemana
    mohon bantuannya
    saya juga tinggalkan no hp saya
    082364200698

  67. nadia Said:

    Wah..jadi lebih semangat untuk terus menulis nih.. thanks ya… :)

  68. chairullah Said:

    maaf nama saya chairullah. mahasiswa aceh. saya punya skenario. yg mencerta kan tentang pahlawan aceh. dan 1 lagi yg mencertakan tentang seorang ank yg berperstasi di sepakbolah. setelah dia di buang oleh ayah ya umur 5 thn. saya inggin crta saya ini di liahat oleh msyarakat indonesia. no no hp saya 085275293699

  69. sudar Said:

    info link PH buat nerima naskah xkenario dong om – om :D ini no saya : 08568456719
    email : danu_efendi@yahoo.com
    good look all

    • irin kamas Said:

      halo saya panggil bapak apa,mas nih. sudar,mohon maaf nih,salam kenal yah..kalau boleh tau sudar pembuat film apa pembuat naskah yah..masalahnya saya pun demikian karna saya sekarang lagi membuat dan menyelesaikan naskah nih,kalau kira-kira sudar bisa bantu untuk mempromosikan cerita-cerita naskah saya dong,buat di film kan atau juga di sinetronkan,karna terus terang saya memang belum punya cenal untuk itu,terima kasih.
      dr.irin

  70. aji Said:

    halo. sebelumnya maaf saya bukanlah saya adalah orang awam yang bahkan bukan penulis. tapi saya adalah penggemar film. banyak film yang sudah saya tonton hingga banyak sekali ide2 film yang muncul. namun bingung bagai mana menuangkanya dlm sebuah cerita yang detil. bagai mana? dengan siapa? dan seperti apa? cerita itu dituangkan. tolong dong kasih petunjuk

  71. candra Said:

    Saya candra saya lihat tingkat muda mudi sangat menunggu film cinta yang sangat seru makanya saya sengaja bikin naskah cerita film yang mengikuti jaman sedikit bocoran film ini seorang yang sangat berkecimbung di dunia motor drag hatinya bisa luluh karna se orang gadis judulnya(good bay drag becaouse love) siapa cepat dialah yang bakalan dapat naskah cerita film ini

  72. hisbul nag pn Said:

    saya punya karangan film layar lebar yang sangat bagus jika memang tertarik hubungi no 087856077240

  73. irin kamas Said:

    salam kenal buat sahabat ku bang lubis grafura,

    setelah saya baca kesulitan abang, mengenai karya sebuah tulisan dan puisi yang abang utarakan diberranda depan,awalnya memang membuat saya jadi pesimis tapi memang saya belum mencoba sama sekali sih seperti yang abang lakukan, tapi hal ini malah membuat saya menjadi berbalik optimis
    dan kebetulan sekarang ini saya sedang menyelesaikan naskah cerita komedi dan cerita yang bernuansa silat dan kesedihan, dimana seorang pelajar yang hampir putus sekolah dikarenakan kekurangan biaya dan tergolong anak yang kurang mampu tapi karna semangat belajar yang tinggi maka membuat dia kembali bersekolah,apa pun dia lakukan,agar dapat bersekolah sampai dia harus berjualan kue atau menjadi hansip rumah dengan pembayaran tiap bulan hanya cukup makan ibu dan satu adiknya yang masih berumur 3 tahun.itulah karya saya bang,ya memang di kedua cerita ini sengaja saya buat untuk memotifasi anak-anak bangsa agar dapat bersekolah dimanapun anak itu berada.
    salam kenal: nama saya irin kamas
    alamat Email saya: irinkamas@gmail.com

  74. irin kamas Said:

    aduh setelah saya baca-baca kok banyak juga ya,mslh yang kita hadapi para pembuat sekenario,,trnyata memng ga gampng klau ingin naskh cerita kita untuk di filmkan.pdhal di cba dulu kan ga jdi maslh,wahai para producer film indonesia.tlng dong nskh2 sy diberi ksmptan dn dtrima : ini judul nskh sy : 1 Semue punye gaye dan
    2. 4 sekawan Avatar.
    ini no hp sy.irin kamas.: 0812 82959041
    irinkamas@gmail.com

  75. For Lumut Star Said:

    bp.produser sya bnyak beberapa naskah niu,,,
    dulu di skolhan ugach sya bkin drama akhir’y di grup sya juara 1…
    dan pko’y lebih bnyak lgi dah sya pingin bnget menjdi artis pk

  76. Mas saya mau kirim Naskah ni tapi di mana ya saya bisa ngirim naskah saya tolong dong kirimkan alamat PH atau produser yang mas tau ….

  77. putra mulyadi Said:

    Asalamualaikum? Buat sutradara atau yg brsangkutan’mhon tk di orbitin q di acara fllm yg di stradari hj ddy miswar? Trmksih 02193384873

  78. sya punya naskah film mas..judulnya ARTI KEHIDUPAN dan PESAN DARI YANG MAHA KUASA 082342705141 bayu pebuardy

  79. sandy bowo Said:

    gmna cara mengirim naskah..
    critanya sangat bagus..
    tolong bantu saya at mepublikasiknya..

  80. adriannor Said:

    please mohin di buka bentar http://adriannor21.blogspot.com/


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 68 pengikut lainnya.

