KISI-KISI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL

KISI-KISI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL

GURU TAMAN KANAK-KANAK

 

Kompetensi

Sub Kom Petensi

Indikator Esensial

Deskriptor

 

 

b.     Mampu mengidentifikasi minat, kebutuhan, dan permasalahan anak TK.

1)      Menganalisis minat dan kebutuhan anak TK berdasarkan kelompok usia.

2)      Memetakan minat dan kebutuhan individu anak TK.

3)      Mendiagnosis permasalahan anak TK.

 

 

 

c.       Mampu mengidentifikasi potensi peserta didik TK

1)      Mengidentifikasi dan menganalisis potensi logis matematis, visual spatial, musical, linguistic, fisik, intrapersonal, interpersonal, dan atau natural masing-masing anak TK.

2)      Menganalisis perkembangan potensi aktual anak TK.

 

 

b.      Mampu menguasai strategi (pendekatan, metode), dan media pengembangan bidang pengembangan sesuai dengan tema, karakteristik siswa, dan kemampuan yang ingin dicapai

1)      Medeskripsikan berbagai strategi kegiatan belajar di TK

2)      Menganalisis strategi pengembangan moral dan nilai agama anak TK

3)      Menerapkan strategi pengembangan moral dan nilai agama anak TK

4)      Menganalisis strategi pengembangan sosial, emosional, dan kemandirian anak TK

5)      Menerapkan strategi pengembangan sosi-al, emosional, dan kemandirian anak TK

6)      Menganalisis strategi pengembangan kognitif dan kreativitas anak TK

7)      Menerapkan strategi pengembangan kognitif dan kreatifvitas anak TK

8)      Menganalisis strategi pengembangan seni anak TK

9)      Menerapkan strategi pengembangan seni anak TK

10)  Menganalisis strategi pengembangan berbahasa anak TK

11)  Menerapkan strategi pengembangan berbahasa anak TK

12)  Menganalisis strategi pengembangan fisik-motorik anak TK

13)  Menerapkan strategi pengembangan fisik-motorik anak TK

 

 

 

 

 

c.       Mampu merencanakan kegiatan belajar bidang-bidang pengembangan secara terpadu

1)      Mampu menyusun rencana kegiatan belajar secara tematik dalam bentuk satuan kegiatan harian (SKH) dan satuan kegiatan mingguan (SKM)

2)      Mampu menyusun rencana kegiatan belajar bidang-bidang pengembangan anak TK secara terpadu

3)      Mampu mengintegrasikan berbagai metode kegiatan belajar berdasarkan tema yang dipilih sesuai dengan karakteristik peserta didik dan kemampuan yang ingin dicapai.

 

2.   Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendidik pada peserta didik TK

 

a.      Mampu menata latar (setting) kegiatan belajar

1)        Menata sarana dan prasarana belajar yang akan digunakan secara tepat guna

2)        Memanfaatkan sarana dan prasarana belajar yang tersedia dan/atau dapat disediakan

 

 

b.      Mampu melaksa nakan kegiatan belajar yang kondusif (aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan)

1)      Memotivasi peserta didik melakukan berbagai kegiatan belajar yang menyenangkan.

2)      Menjelaskan tema dikaitkan dengan kemampuan yang ingin dicapai sesuai dengan karakteristik anak dan dikemas melalui bermain.

3)      Mendemonstrasikan kemampuan bertanya

4)      Memberi tugas kelompok atau individu sesuai dengan perkembangan anak dan kemampuan yang ingin dicapai

5)      Memfasilitasi anak untuk melakukan berbagai kegiatan belajar

6)      Memberi penguatan (reinforcement) dalam kegiatan belajar

7)      Memberi kesempatan kepada anak untuk merefleksikan pengalaman belajar yang diperoleh

8)      Memotivasi anak untuk melakukan proses belajar lanjut (further learning) secara mandiri

 

 

3.   Evaluasi hasil belajar

a.      Mampu merencanakan, melaksanakan penilaian secara berkesi nambungan menggunakan berbagai metode

1)      Merencanakan penilaian proses belajar anak TK

2)      Merencanakan penilaian hasil belajar anak TK

3)      Merencanakan penilaian program kegiatan belajar di TK

4)      Melaksanakan penilaian dengan tes

5)      Melaksanakan penilaian dengan non-tes

 

 

 

b.      Mampu meng analisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk menen-tukan tingkat perkembangan anak

1)      Menganalisis hasil penilaian proses belajar anak

2)      Menganalisis hasil penilaian hasil belajar anak

3)      Menganalisis hasil penilaian program kegiatan belajar

4)      Menginterpretasikan hasil analisis penilaian proses belajar anak

5)      Menginterpretasikan hasil analisis penilaian hasil belajar anak

6)      Menginterpretasikan hasil analisis penilaian program kegiatan belajar di TK

 

 

c.       Mampu memanfaatkan hasil penilaian kegiatan belajar untuk memperbaiki kegiatan belajar berikutnya

1)      Memanfaatkan hasil penilaian untuk lebih mengoptimalkan perkembangan anak

2)      Memanfaatkan hasil penilaian untuk memperbaiki program kegiatan belajar di TK

 

2 Komentar »

  1. Agus Sukarno Said:

    Kalo mau download kisi-kisi kompetensi pedagogik dan profesional guru TK gimana ya.
    plizz dunkz.
    Thankz.

  2. ana Said:

    Kalo mau download kisi-kisi kompetensi pedagogik dan profesional guru TK gimana ya.
    plizz dunkz.
    Thankz.


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: