Benarkah Mulai 2009 Tidak Ada Ujian Nasional Penerimaan PNS?

Benarkah Mulai 2009 Tidak Ada Ujian Nasional Penerimaan PNS?

Dikutip dari Antara News Solo

Solo (ANTARA News) – Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Taufiq Effendi mengatakan mulai tahun 2009, sudah tidak ada lagi ujian nasional untuk penerimaan pegawai negeri sipil (PNS).
Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Taufiq Effendi mengatakan hal itu pada “Workshop Best Practices Reformasi Birokrasi Dalam Rangka Percepatan Pembangunan daerah” di Solo, Rabu.
“Mulai tahun 2009 sudah tidak ada lagi ujian nasional penerimaan PNS dan gantinya untuk penerimaan PNS ini berdasarkan kebutuhan dan usulan dari para bupati/wali kota yang bisa mengusulkan sendiri-sendiri disampaikan kepada Menpan,” katanya.

Ia meminta kepada para bupati/wali kota dalam mengajukan permintaan untuk memenuhi kebutuhan PNS juga harus sesuai dengan kebutuhan yang ada.
Menurut menteri, selama ini ada permintaan pegawai baru di daerah-daerah yang palsu, karena setelah dicek di lapangan banyak bupati/wali kota tidak mengajukan permintaan itu
“Ada suatu daerah yang mengajukan permintaan pegawai baru 400 orang, tetapi setelah dicek di lapangan 100 formasi yang diajukan itu orangnya tidak ada,” kata taufiq Effendi sambil menambahkan agar para bupati/wali kota berhati-hati dalam menangani persoalan ini.
Mengenai tenaga honorer yang akan diangkat menjadi PNS, ia mengatakan, diharapkan sesuai target tahun 2009 semuanya sudah selesai. Ini artinya untuk tahun 2007 dan 2008 ujian nasional penerimaan untuk rekturmen pendaftaran seleksi cpns/ pns masih diadakan.
Ia mengatakan, setelah itu juga terus diikuti penataan, karena sampai saat ini masih banyak PNS yang hanya menumpuk di suatu bidang saja. Untuk PNS yang menumpuk itu nantinya akan dipecah atau disalurkan di tempat lain seperti petugas penyuluh lapangan (PPL) Pertanian, KB dan lain-lain.(*)

12 Komentar »

  1. dina Said:

    aslkm..
    sebenarnya boleh si seperti itu tapikan perlu juga ujian tersebut tetap di adakan karna kita masih bisa bahwa calon PNS kelak bukan hanya pinter tapi juga memiliki wawasan juga….jangan hanya ,mengandalkan masuk PNS karna ada orang dalam tau apalah yang bisa seenaknya aja menggantikan orang yang seharusnya lulus ujian CPNS ternyata gugur demi memasukan Ogr pegangan itu…hal ini tak kita pungkiri walau gak telihat dengan mata tp udah banyak cuma kita aja gak sadar…karna saya juga pernah mengalami gagalnya di ujian CPNS…..seharusnya dilihat dari segi rersyaratan kelihatannya bisa masuk dengan harapan besar nyatanya malah org yg bukan dari bidangnya malah masuk…malah kasihan to? dengan orang yang sesuai dengan bidangnya gak mendapat kesempatan……dan menurut saya pengadaan CPNS kalau bisa setahun sekali karna untuk mengurangi tingkat pengangguran muda mudi kita……kasilah kesempatan bagi masa depan kita yaitu pemuda pemudi kita….
    Yang jelas ujian CPNS harus ada dan bagi yang honorer cepat lah di angkat kasihan termasuk saya yang masih honorer ini..
    wasalam.

  2. Mohamad Said:

    inilah indonesia, rakyat terlalu menggantungkan hidup pada pemerintah
    mandiri donk…. usaha…jadi bos untuk diri sendiri
    kan sudah banyak dikasih kesempatan untuk wirausaha modal pinjam di bank dengan tanpa agunan dijamin pemerintah, masa sie masih aja bergantung pada pemerintah gimana bisa jadi negara maju kalo rakyat masih seperti itu jalan pikirnya

  3. rachman Said:

    ya sich jadi masyarakat mandiri dikit donk,,,,,PNS kaya tuhan aja,,,usaha di tambahinn tewo..

  4. putra Said:

    wooooooooooooooooooooooii!!!nasib gw gmn dong ne abis ini??!!gw mo daftar CPNS taun ne…huaaaaaaaaaa…!!!yg bener dong tuh bupati!!!heuh…

  5. aci Said:

    bagaimana nasib gtt yg sudah mengabdi lama, kok gak diangkat2 jd pns, trus ap semua gtt akan dihabis kan thn 2009 kal enggak gmn nasib gtt seperti saya dan lagi gak ada tes cpns umum yang benar saja donk!

  6. mentari Said:

    mg2 g malah makin marak KKN.G yakin ak sama moral pejabat.

  7. Boy Said:

    Betul,,,,mengenai kami tenaga honorer yang masuk tahun 2007 ampe sekarang gimana pak????kami pengen juga diangkat tuk jadi pns.kami minta pendapat pak menteri atas pengabdian kami slama ini.thanks

  8. yovie Said:

    KLo Masalah KKN yag terjadi dlam Ujian CPNS kyakanya jangan nyalahin pemerintah aja donk… salahin juga budaya KORUP di Indonesia!!!!! kalo rakyatnya juga berpikr bahwa mereka mampu bersaing secara jujur, saya rasa JOKI-JOKI gila penghuni neraka juga ga bakal Menjamur…. INTINYA KITA UBAH INDONESIA MENJADI LEBIH BERSIH DAN JUJUR DENGAN MENGUBAH DIRI SENDIRI!!!!!!

  9. marjo Said:

    memenghalitubagusakantetapimengundangparabupatidanwalikotauntukberkolusijadisekarangbilaadasepertiyangdikatakanpakefendiditemukanusulanpara bupatiyangkosongituharusditindaktegassupaya untukmemberikankewenangansepenuhnyauntukotonompnsolehbupatidanwalikotaakansemakinberhati-hati.jadisranmkamijebloskannpara pimpinan-pimpinanyangmenyelewengkanhak rakyat tersebut.akhirkata sayahaturkanbanyakterimakasihatasperhatianya.salam

    hormat saya

    marjositumorang

  10. Aria Said:

    bener banget n setuju, kita harus tidak bergantung pada pemerintah. tidak ada cpns tidak jadi masalah!!! masih banyak USAHA yang dapat dijalankan broooooo…. INTERNET pun juga bisa dijadikan tempat usaha yang mempunyai PELUANG yang sangat besar… tinggal browsing aja brooo…. so dont depend on PNS!!!!! SEMANGAT PARA PENCARI KERJA!!!

  11. miko Said:

    PNS adalah pegawai negeri sipil……
    Wiraswasta adalah pegawai yang tidak dapat NIP.
    yang usulan saja kalau tidak ada yang “mengantar”sulit pak, contohnya saya sudah sukwan lama belum ada kepastian (SK Pemerintah pusat maupun SK pemerintah daerah), tapi ada saudara yang dudah dapat SK Pemerintah setempat karena ada yang “mengantar”. padahal diatas kertas saya lebih dari mereka, semuanya merasa begitu,
    Rp.50.000 VS Rp.850.000. kagak adil banget…………KKN
    tapi saya yaki bahwa Allah SWT tidak pernah Tidur dan pasti Maha Melihat dan Maha Mengetahui.
    AMIN

  12. Bunda Said:

    orang-orang pintar ngak bisa jadi pns karena tidak punya uang ……tapi orang-orang bodoh masuk jadi pns karena punya uang dan fasilitas …..KKN jalan terus ….. tapi saya yakin Allah SWT akan memberi ganjaran bagi mereka …….. yang saya tahu DOA orang yang teraniaya langsung di kabul kan ALLAH………………. tunggu aja azab untuk mu orang-orang yang zalim dan serakah.


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: