agama Islam

I.    LATAR BELAKANG

Dalam pandangan islam, akhlak merupakan cermin dari apa yang ada dalam jiwa seseorang. Karena itu akhlak yang baik merupakan dorongan dari keimanan seseorang, sebab keimanan harus ditampilkan dalam perilaku nyata sehari-hari.
Pada saat ini, kehidupan semakin sulit di mana kebutuhan semakin kompleks namun sarana pemenuhan kenutuhan terbatas. Ada sebagian orang yang belum dapat memenuhi kebutuhanya, sehingga menyebabkan beberapa dari mereka menghalalkan segala cara untuk bisa memenuhi kebutuhanya. Terutama pada saat ini banyak orang beranggapan bahwa harta adalah prioritas utama.
Akhlak tercela tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja namun juga terjadi pada sebagian besar para remaja. Remaja sering dikaitkan dengan masalah. Banyak pengaruh serta tekanan dari luar yang kebanyakan menjerumuskan kepada hal-hal yang negatife. Apabil sudah terpedaya pada hal-hal yang negatif, akhlak remaja mudah rusak sehingga menimbulkan berbagai masalah. padahal pemuda adalah generasi penerus bangsa, namun pada kenyatanya sebagian besar remaja pada saat ini sudah terjerumus dalam hal negatif, seperti seks bebas, narkoba, dan lain-lain.

II.    PERMASALAHAN / PERUMUSAN MASALAH

1.    Apa saja yang di maksud dengan akhlak ?
2.    Bagaimana pembagian akhlak dalam islam ?
3.    Bagaimana keadaan akhlak manusia pada zaman modern seperti saat ini ?
4.    Apa sebab dan akibat dari tidak peduli akhlak ?

III.    PEMBAHASAN

III. 1.      Pengertian Akhlak

Dalam bahsa arab, akhlak berasal dari kata “khuluq” yang artinya perang atau tabiat. Dan dalam kamus besar bahasa Indonesia, kata akhlak di artikan sebagai budi pekerti atau kelakuan. Dapat di definisikan bahwa akhlak adalah daya kekuatan jiwa yang mendorong perbuatan dengan mudah, spontan tanpa di pikirkan dan di renungkan lagi.

III. 2.      Pembagian Akhlak Dalam Islam

Dalam agama islam, akhlak di bagi menjadi 2 macam :

1.    Akhlakul Karimah (akhlak baik), yaitu apabila perbuatan spontan dari manusia tersebut itu baik menurut akal dan agama. Beberapa yang tergolong dalam akhlakul karimah yaitu, mengendalikan nafsu, qonaah, benar dan jujur, amanah, dan toleransi.
2.    Aklakul Mazmunah (akhlak tercela), yaitu apabila perbuatan spontan dari manusia tersebut tidak baik menurut akal dan melangar ketentuan hukum dalam agama islam. Beberapa yang tergolong dalam akhlakul mazmumah yaitu, dusta, takabur, suap, minum-minuman keras, berjudi, zina, dan lain-lain.

III. 3.      Keadaan Manusia Pada Saat Ini

Keadaan akhlak manusia pada saat ini semakin merosot. Sebagian besar dari mereka memiliki akhlak tercela. Hal ini di akibatkan karena tuntutan hidup pada saat ini semakin rumit, sedangkan manusianya tidak berpegangteguh pada agamanya. Kebutuhan hidup yang semakin komplek dan terbatasnya sarana untuk memenuhi kebutuhan mendorong manusia untuk menghalalkan segala cara.sehingga banyak terjadi tindakan kriminal dalam kehidupan kita, seperti, pencurian, perampokan, dan lain-lain.
Anehnya perbuatan tercela tidak hanya di lakukan oleh orang-orang yang kurang berkecukupan dalam aspek ekonomi sehingga terdorong untuk mencari uang dengan segala cara. Namu pada kenyataanya, akhlak tercela juga di miliki oleh orang-orang yang berkecukupan dalam kehidupan ekonominya seperti, para pejabat yang melakukan KKN yang merugikan banyak masyarakat. Tak jarang jika pada saat ini banyak orang yang tidak mengerti dan tidak peduli dengan akhlak.
Akhlak tercela tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja namun juga terjadi pada sebagian besar para remaja. Remaja identik pada gejolak, sehingga mereka mudah terpengaruh dunia luar yang negatif. Apalagi pada zaman globalisasi seperti pada saat ini. Dimana teknologi semakin canggih komunikasi antara satu dengan lainya sangat mudah, dan informasi dari berbagai penjuru dunia mudah masuk. Alat-alat teknologi tidak hanya memberi dampak yang positif, tetapi juga banyak memberi dampak yang negatif dengan adanya Hp, Tv, internet sangat mudah untuk mengakses berbagai hal.
Remaja sering kali melakukan perbuatan yang tidak senonoh. Kemungkinan di karenakan layanan Tv dan internet, banyak remaja yang menjalani hubungan antar lawan Janis melebihi batas kewajaran. Mereka melakukan seks bebas. Akibat hal itu, banyak wanita remaja yang melakukan Aborsi akibat hamil sebelum menikah. Masalah-masalah yang sering terjadi di kalangan remaja yaitu penggunaan Narkotika. Narkotika sebagai tempat pelarian para remaja di saat mereka mengalami problema hidup. Mereka ingin mendapat ketenangan dengan cara yang salah. Justru mereka akan terjerumus dalam kehancuran bahkan pada kematian

III. 4.      Sebab, Akibat Tidak Peduli Akhlak

Manisia yang tidak peduli akhlak menyebabkan kehancuran hidupnya karena tidak memiliki arah dan tujuan yang baik. Jika seseorang tidak memiliki akhlak, maka sama saja mereka tidak memiliki agama karena akhlak berdasarkan Al-Quran dan hadist yang bersifat universal dan abadi. Akhlak islam sangatlah kuat karena akhlak islam berlandaskan iman. Seperti yang di jelaskan dalam Qs Ibrahim (24).”pohon yang indah, urat tunggangnya menghujam ke perut bumi, cabang dan pucuknya menjulang menjangkau langit”. Dari pernyataan tersebut dapat di katakan Akhlak merupakan akar dunia. Dan barang siapa akan mencabutnya maka sama saja mereka menghancurkan dunia itu sendiri. Padahal dalam menjaga akhlak sebagai perbuatan yang dilakukan tanpa sengaja karena kebiasaan hidup, sangatlah sulit. Dan hanya orang beriman yang dapat menempatkan akhlak sesuai akhlak Al-Quran dan hadist.
Agama mendatangkan yang benar atau yang baik dan mencegah yang salah atau yang buruk. Begitu pula ajaran akhlaknya, selalu membawa serba yang baik dan membawa serba yang buruk. Ini adalah dasar dan prinsip utama agama.
Dan apa yang di bawakanya merupakan kebenaran yang sesunguhnya, kebenaran yang hakiki. Jadi baik atau buruk pada akhlak islam, bukan baik atau buruk yang bersifat semu dan remang-remang.

IV.    KESIMPULAN

Akhlak merupakan daya kekuatan jiwa yang mendorong perbuatan dengan mudah dan spontan tanpa di pikir dan di renungkan lagi. Dalam islam, akhlak di bagi menjadi akhlakul karimah dan akhlaku mazmumah. Keadaan manusia pada saat ini semakin merosot. Sebagian besar manusia sudah terjerumus dalam hal-hal yang negatif, hal ini di akibatkan karena perubahan zaman yang memudahkan masuknya berbagai informasi dari berbagai penjuru dunia.
Kejahatan yang biasa terjadi di kalangan orang dewasa seperti KKN yang biasanya di lakukan para pejabat. Dan kebutuhan hidup yang semakin komplek dan sarana pemenuhan kebutuhan yang sangat terbatas, banyak orang-orang yang tergolong ekonomi rendah melakukan tindakan kriminal seperti pencurian perampukan dan sebagainya.
Tindakan moral yang di lakukun dibagian remaja seperti seks bebas yang kerap kali menyebabkan aborsi, dan lain-lain.
Akibat ketidakpedulian tehadap manusia akhlak adalah kehancuran pada hidupnya. Hal yang tidak mengakibatkan kepedulian manusia tehadap akhlak adalah kurangnya keteguhan terhadap agama.

V.    DAFTAR PUSTAKA

Tim dosen agama islam ikip Malang, 1989, pendidikan agama islam untuk mahasiswa, Malang : IKIP Malang.
Azra, Azyumardi, 2002, pendidikan agama pada perguruan tinggi umum, Jakarta.
Ladis, Manan, dkk, 2004, Reorientasi pendidikan islam, Malang : Hilal pustaka.

About these ads

1 Komentar »

  1. Djiezu Said:

    jadi inget masa lalu biz…!!!


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 68 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: