Tulisan Teman Seprofesi: Langkah awal membuat film pendek

<!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

Langkah awal membuat film pendek

oleh ahox nugroho*

Banyak sekali untuk saat ini bermunculan komunitas film mulai dari yang resmi maupun umum,.mereka sudah bias memproduksi film pendek dan mengikuti beberapa festival,nah apa kalian tidak tertarik untuk mencoba membuat film ?? Jangan Cuma mimpi aja..ini lah saatnya kalian bergerak,,

Selama ada kemauan pasti kamu bisa. Apalagi sekarang handycam,kamera digital yang mempunyai pixsel tinggi dan mampu merecord dengan gambar yang lumayan,,bahkan sekaang hp keluaran terbaru sudah di fasilitasi recorder dan juga pixsel yang lumayan buat ngerekam,,nah makanya ayo bikin film..~!!

Nah sobat, apa aja yang diperlukan untuk membuat sebuah film? Ini dia Yuk, kita bahas rame-rame……….!!^ _ ^

Crew

Maksudnya orang orang yang nantinya bekerja saaat pembuatan,,crew disini boleh juga dari temen deket,sekelas,atau cari yang agak aneh dan unik,,tentunya bisa diajak kerjasama.nah tentukan crewnya siapa yang jadi sutradara,cameramen,editor,penulis sekenarionya,tentunya sesuai dengan kemampuan mereka.

Ide

Nah ide disini keluar sebagai bahan dasar adonan,,ee maksudnya Idealnya, IDE ini harus unik dan original. Tapi, memutuskan untuk menyadur sebuah karya orang lain itu juga termasuk sebuah IDE lho…tapi ya lebih baik cari sendiri biar agak sedikit kreatif gitu.. Untuk mencari IDE, banyak cara yang bisa dilakukan.Jalan-jalan ke tempat yang aneh ,ke pantai ,sawah,atau nongkrong di mall sambil liat orang orang..atau ngelamun sendirian,,hee..atau di piker bareng bareng saat nongkrong atau jalan jalan.

Sekenario

Nah ini dia yang penting untuk selanjutnya,bikin film emang harus pake skenario.Tau nggak sekenario itu apa?

Kalo dalam kamus ilmiah populer, skenario adalah alur cerita dari sebuah sandiwara atau film. Jadi sebelum memulai segalanya dari pembuatan film, kita harus terlebih dahulu membuat skenarionya. Tentang tema, judul, aktor (tokoh), lokasi, naskah,dan sebagainya semua disusun di sini.

Nah, kalo udah dibikin skenarionya, baru deh kamu tentuin orang-orang yang akan memerankan tokoh dalam film kamu.ambil aja dari tmen2 kamu ,tetangga,sodara,atau bisa juga tukang becak.tentunya yang sesuai dengan perannya di sekenario,dan karakternya g jauh jauh supaya enak ngnaturnya.

Kumpulin orang orang yang nantinya mau suting,kasih satu satu naskahnya dan di pelajari,sesuai dengan perannya.

Story board

Apa itu story board? Story board adalah Sketsa yang menggambarkan adegan dalam film. Digunakan untuk mempemudah pengambilan gambar.

Lokasi

Nah lokasi shooting disini harus yang cocok dan sesuai dengan sekenarionya,

Shooting

Proses pengambilan gambar.Nah ini dia yuang di tunggu tunggu,saatnya action…disini pengambilan gambar sesuai dengan naskah dan improvisasi sutradara atau ide yang cocok.

Editing

Adalh proses pemotongan gambar dan perangkaian dari hasil shooting untuk menghasilkan sebuah rangakaian film.nah tentunya dengan menggunakan software yang udah kamu install di computer.ada beberapa macam software yang bias di gunakan,Contohnya ada adobe primere,sony Vegas,Ulead.dan masih banyak lagi itu beberapa software yang biasanya digunakan.tapi menurut saya vegas lebih mudah dari lainnya.jika belum ada software tersebut jangan kawatir ada software bawaan dari windows xp tapi yang service pack 2 untuk membuat film namanya yaitu movie maker,Dengan program ini, film sederhana bisa kamu rangkai. Mau lebih canggih lagi? Tambahin SFX sama kamu. Tapi kudu tambah software lagi, seperti Adobe After Effect, 3Dsmax, atau alias maya

Preview

Saatnya menikmati karya sendiri,,rasanya puas,seneng,sedih,gak nyangka bisa jadi film yang dibikin atas usaha sendiri kan.bisa juga di liat sendiri dengan temen temen tau di liatin geratis di mana gitu.

Oke deh, silahkan di coba gimana rasanya bikin film sendiri. Yang penting dan yang perlu kamu perhatiin, kalo bisa film yang kamu buat isinya bukan yang asal-asalan. Tetapi memiliki sebuah makna dan orang yang melihatnya merasa tersentuh atau gimana gitu. Lebih baik lagi kalo terdapat nilai-nilai moral dan sosialnnya.. .

nahh,,saatnya bertindak bukan bermimpi…!!!

Ahox nugroho Lahir di pangkalan Bun 1 November1989.Juara 1 aktor Teater terbaik di banyuwangi antar sma,juara 2 aktor terbaik festival teater se kab banyuwangi,juara 1 puisi kab.banyuwangi tingat kab.juara 2 lomba baca puisi rektor cup UNMUH.aktif dalm komunitas padepokan film,juara 1 pementasan teater tingkat kab.

(Malang,16 June 2008_)

Istilah & tipe Shot dan Anggel

Iklan

5 Komentar »

  1. agnetha Said:

    dear ahox…

    aku sukka bgt nulis dr smp..(skrg dah kerja)..dlu cerepn aku suka dcopotin ma temen2…dbawa pulang n ga dibalikin lagi..n beberapa ide cerpen aku dah pah ad yg terpikir..n jadi film…aku maw bgt memulai untuk menulis lagi….bisa ga yah dimasukin production house..ga ngarepin apa2..cuma pngen tulisan ku dihargai banyak orang..itu ajah..
    makasih

  2. wahyu Said:

    Thx…..

    atas Pengetahuannya….. ^_^

  3. meirista Said:

    fotonya kurang bagus

  4. meirista Said:

    senyum donx

  5. ndru Said:

    siip 🙂


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: