Penelitian Eksperimen Sebuah Studi

Penelitian Eksperimen Sebuah Studi

Terdapat beberapa hal yang dapat diinternalisasikan sebagai khasanah keilmuan ketika kelompok penyaji membawakan makalah berjudul Penelitian Eksperimen Sebuah Studi. Dalam makalah tersebut disajikan pengertian penelitian eksperimen, tujuan penelitian eksperimen, karakteristik penelitian eksperimen, ragam penelitian eksperimen, dan macam-macam penelitian eksperimen.
Tujuan penelitian eksperimen adalah untuk meneliti pengaruh dari suati perlakuan tertentu terhadap gejala suatu kelompok tertentu dibanding dengan kelompok lain yang menggunakan perlakuan yang berbeda. Di dalam penelitian eksperimen setidaknya dibutuhkan dua kelompok, yaitu kelompok pembanding (control grup) dan kelompok yang dibandingkan (eksperimental group). Oleh karena itu, penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai sebuah penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari sesuatu yang dikenakan pada subyek selidik.
Penelitian eksperimen memiliki beberapa ciri. Ciri tersebut adalah setiap bariabelnya diatur secara tertiba dan ketat, adanya kelompok kontrolsebagai data dasar, memusatkan pada pengontrolan variasi, validitas internal mutlak diperlukan, dan semua variable konstan perlu diusahakan.
Ragam penelitian eksperimen terbagi menjadi dua, yaitu rancangan eksperimen dan rancangan quassi-eksperimental. Ragan yang pertama ditandai dengan kondisi yang ada disekitar atau yang diperkirakan mempengaruhi subjek yang digunakan untuk eksperimen, terdapat kelompok yang diberi perlakuan yang difungsikan sebagai pembanding bagi kelompok yang diberi perlakuan, kondisi dua kelompok diusahakan sama, dan kedua kelompok tidak terjadi hawthorne effect (hasilnya tidak murni karena kedua kelompok mengetahui statusnya) dan henry effect.(usaha ekstra dari kelompok karena mereka mengetahui akan diuji).
Terdapat beberapa langkah dalam menyusun penelitian eksperimen. Langkah-langkah tersebut adalah mengidentifikasi masalah, melakukan studi literature, membuat rencana, melakukan eksperimen, mengumpulkan data kasar, mengorganisasi dan mendeskripsi data, membuat analisis data, dan membuat laporan penelitian eksperimen.

1 Komentar »

  1. vicky tresya Said:

    selamat pagi pak…
    perkenalkan nama saya vicky..saya mau tanya pak. bisa ga bapak menjelaskan bagaimana atau langkah-langkah menganalisis data. saya melakukan eksperimen dimana terdapat 5 botol dengan alkalinitas berbeda dangan 1 kontrol setiap 12 jam sekali saya mengukur alkalinitasnya sehingga mengetahui berapa alkalinitas yang digunakan oleh plankton (objek penelitian saya plankton), selain alkalinitas yang saya ukur setiap 12 jam, saya juga melihat parameter fisika, kimia, dan biologinya seperti suhu, ph, intensitas cahaya, kepadatan plankton. dari hasil penelitian sehingga saya dapat mengetahui botol dengan alkali berapa yang terbaik untuk pertumbuhan plankton tp sebelumnya saya harus menganalisis apakah ada pengaruh alkalinitas dengan pertumbuhan plankton..mohon bapak bisa membantu untuk kelancaran skripsi saya, karena pelajaran statistik yang saya dapat di bangku perkuliahan kurang spesifik.. Terima kasih

    NB: bila bapak merespon pertanyaan saya bapak bisa memberitahukan saya melalui email sehingga saya bisa mengupload blog bapak


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

