Sepuluh Besar Lomba FLP UM

Kepada: kamajaya_wijaya@yahoo.com
Maaf Pak saya baru sempat kirim email. Lantas, saya baru sekarang bisa membaca dengan detail sebagian cerpen. Setelah kita berdiskusi saya harus mengajar dan shoot pulang sampai jam 2 pagi. Paginya langsung ke Kediri karena adik saya sakit. Baru, malam harinya saya bisa melanjutkan ”ngelmbur” membaca sisa cerpen. Uraian tentang 10 besar ada di lampiran Pak.

Lubis Grafura
http://www.lubisgrafura.co.cc

Sepuluh Besar Lomba FLP UM

Dasar Penilaian
Sebelumnya, saya akan memberi batasan mengenai penilian saya terhadap 10 besar yang saya jagokan ini Pak. Batasan tersebut adalah instrumen yang saya gunakan untuk menyusun hierarki 10 besar. Adapun batasan tersebut meliputi: judul (sebagai daya tarik pertama), gaya penceritaan (meliputi teknik penataan alur, gaya bahasa yang digunakan, setting), tataran logika, dan penyampaian amanat. Amanat saya pandang perlu karena sebuah karya setidaknya utile de ucire itu Pak bahwa selain artistik (dalam hal ini gaya penceritaan) karya setidaknya harus memberikan manfaat berupa pengajaran atau nilai-nilai (dalam hal ini adalah amanat).

Bagaimanapun hal ini akan tetap subyektif, walau saya mencoba mengkuantitatifkan. Walaupun begitu, setidaknya saya memiliki dasar yang kuat atas 10 besar yang saya ajukan.

Teknik Penilaian
Judul memiliki nilai maksimal 10
Gaya Penceritaan memiliki nilai maksimal 35
Tataran Logika memiliki nilai maksimal 30
Penyampaian Amanat memiliki nilai maksimal 25
Total secara keseluruhan 100

Judul    Penilaian    Total Nilai
Judul    Gaya Cerita    Ttrn. Logika    Amanat
Parodi Katasrofa    10    35    30    25    100
Juara 1
Kalky Kala Patra    10    30    30    25    95
Juara 2
Tik Tok    8    30    30    25    93
Juara 3
Bengel    8    20    30    24    82
Juara 4
Surat Tak Bertuan    10    30    30    10    80
Juara 5
Sepasang Bola Mata
Menatap
Beku    10    35    30    3    77
Juara 6
Ijinkan Bunda menangis    10    25    30    10    75
Juara 7
Loppa    9    20    30    15    74
Juara 8
Um dtpian Kali    10    20    30    10    70
Juara 9
Lelaki Bersampn Cahaya    10    20    10    20    70
Juara 10

Kesimpulan

Itulah sepuluh besar yang dari saya Pak. Barangkali besok bisa disampaikan kuantifikasi dan batasan penilaian kita. Apabila Pak Karkono memiliki batasan penilaian lain, saya rasa tidak masalah dan besok bisa kita padukan saja. Setidaknya masing-masing dari kita, baik Zizi atau Realita, besok bisa menyampaiakan dasar pemilihan 10 besar.
Saya kira itu saja Pak. Terima kasih.

NB 1: Ohya Pak, saya baru dapat email dari teman, cerpen saya dimuat dimajalah mode Versus. Sayangnya, teman saya tidak mencatat kapan terbitnya dan tidak memiliki arsip. Saya lacak di internet memang ada majalah versus, tetapi tidak ada oficial web majalah versus. Barangkali kalau pak Karkono pernah tahu majalah itu ya pak, saya diinformasikan karena akan saya buat arsip. Dari arsip-arsip itu nantinya akan saya belikan isbn untuk diterbitkan. Terima kasih.

NB 2: Pak, saya punya program hanacaraka, barangkali bisa menambah koleksi program panjenengan?  Terima kasih.

http://www.lubisgrafura.co.cc

Tinggalkan Balasan

