Apa yang Bisa Dibaca dari The Weeknd hingga Lana Del Rey?

Saya pikir memang benar bahwa sejarah (baca: tren)

itu berulang. Saya sempat tidak bisa move on dari vintage tahun 1990-an. Ya, saya adalah salah satu generasi millenial yang konon saat ini sedang menguasai nyaris 50% posisi penting di segala bidang. Generasi millenial adalah mereka yang lahir dari 1980-2000an. Mereka memiliki karakter yang sangat berbeda dan saya juga merasakan hal yang sama.

Beberapa karkater Gen Y menurut Heru Kustanto, HR Head Net. TV: (1) generasi yang melek teknologi (tech savy); (2) memiliki ambisi yang tinggi dan ingin karirnya melejit dengan cepat; (3) haus perhatian; (4) menyukai ruang privasi tanpa sekat; (5) pencitraan dirinya kadang tidak menggambarkan kondisi sebenarnya; (6) mampu melakukan muktitasking dan berpikiran luas; (7) pintar carinuang walau tidak kerja kantoran; (8) loyalitas yang kurang stabil; (9) tidak menyukai birokrasi; dan (10) generasi workhard, party hard.

Pernyataan di atas saya kutip dari majalah info komputer di halaman163. Itu adalah majalah yang sangat luar biasa. Guru wajib baca! Langganan jika perlu.

Kembali ke sejarah. Terutama adalah tren, maka kita bisa lihat hingar bingar musik artifisial (dari Major Lazer, Martin Garrix, dan sederet nama-nama yang sering featuring) di era digital. Nah, di dalam gegap gempita itu ternyata ada yang mencoba memberi rasa “kenangan” bahwa nuansa era 70an, 80an sangat terasa.

Setelah Taylor Swift lewat albumnya 1980, saya merasa bahwa The Weeknd dan Lana Del Rey memberikan sebuah magic bahwa waktu bisa diputar – lebih tepatnya adalah kenangannya. Mendengar lagu-lagu mereka saya menjadi penjelajah waktu dari 70an sampai 90an. Luar biasa. Memang benar, orang mendengarkan ulang musik terkadang bukan karena aransemennya yang bagus atau klipnya yang menarik, namun karena ini: KENANGANNYA!

Apa yang Bisa Dilakukan Guru?

Guru harus mengikuti tren. Setidaknya harus mengetahui perkembangan selanjutnya. Lihatlah konsep pemikiran baru yang ditawarkan Lady Gaga hingga Ariana Grande. Atau kalau Anda ingin tahu mereka, Googling aja dan pikirkan gelombang tren yang terjadi pada peserta didik Anda. Anda punya rencana? Atau setidaknya apa yang harus Anda lakukan? Kita akan membedahnya melalui artikel berikutnya……

Salam pendidikan

Lubis Grafura!

 

Sumber gambar:

https://en.wikipedia.org/wiki/The_Weeknd

http://www.playbuzz.com/mikaap10/the-ultimate-lana-del-rey-trivia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: