Selingkung Perubahan Kebijakan Menteri Pendidikan

Terima kasih kepada pembaca majalah Media yang telah berpartisipasi dalam rubrik ini. Sengaja dalam pembahasa kali ini, pertanyaan tidak kami munculkan karena terdapat sejumlah pertanyaan yang sama. Pertanyaan itu datang dari Saudara Fajar, Yuyus Citra, dan Rara.

Kekuatiran Bapak/Ibu terkait perubahan kebijakan pendidikan sebenarnya sangat lumrah. Namun demikian ada sejumlah hal yang bisa kita simpulkan dari permasalahan ini, antara lain adalah sebagai berikut.

Setiap peubahan sebuah mekanisme dan kebijakan tentu sudah ada pertimbangannya. Pemerintah melakukan “manuver” dalam setiap kebijakan tentu memiliki dasar dan sudah tertakar. Memang, terkadang kebijakan itu sedikit banyak berdampak, namun berpikir positif adalah salah satu upaya yang laik kita lakukan. Nasihat dari Dr. Ibrahim Elfiky dalam bukunya Terapi Berpikir Positif (2009) barangkali bisa membantu: Anda mungkin tidak dapat mengendalikan keadaan, tapi Anda dapat mengendalikan pikiran Anda. Pikiran positif menghasilkan perbuatan dan hasil yang positif.

Tugas kita adalah mendidik dan mengajar, wewenang membuat regulasi adalah pemerintah. Memfokuskan diri pada kompetensi kita akan membantu kita untuk terus meningkatkan kegiatan mendidik dan mengajar. Pertanyaannya adalah bagaimana jika dampak regulasi itu berpengaruh terhadap upaya guru untuk tetap fokus mendidik dan mengajar?

Organisasi profesi, dalam hal ini PGRI, tentu sudah menyipkan langkah preventif dan kuratif. Inilah pentingnya kita mengikuti organisasi profesi. Sementara itu, perlu peningkatan sinergi dari berbagai hirarki di PGRI untuk benar-benar bisa merangkum aspirasi guru. Setiap ranting dan cabang PGRI memang harus meningkatkan upaya berkolaborasi, berkomunikasi, serta sinergi agar membentuk mekanisme organisasi yang semakin solid.

Demikianlah uraian singkat kami selingkung pergantian menteri. Perlu kami sampaikan kepada Bapak/ibu yang menghendaki media pembelajaran yang sesuai dengan materi Bapak/Ibu bisa dikonsultasikan pula kepada kami. Kami akan mengarahkan atau memberikan media pembelajaran. Bapak/Ibu bisa memulainya dengan mengirimkan kepada kami kompetensi dasar materi serta indiktornya. Kami akan berupaya memberikan pranala di laman atau jika di bank data kami tersedia, kami akan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu secara gratis.

Semoga uraian ini bisa membantu Bapak/Ibu pembaca setia majalah Media Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Terus mendidik dan bangga mengajar.

 

Mau buku gratis? Klik di sini.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: