Kalau Lagi Macet dalam Menulis – Jurus Ampuh Agar Tulisan [Novel, Artikel, dsb] Bisa Segera Rampung/Selesai

Dialog Grup Komunitas Penulis Media Pendidikan Jatim

*tulisan yang ada di sini adalah hasil dari salin-tempel medsos sehingga disesuaikan dengan platform yang ada tanpa editing.

 

Kunjungi Novel Mengharukan ini di Sini.

Temui aku sekali lagi....

Kalau Lagi Macet dalam Menulis

 

Dicoba sejumlah cara  berikut kalau lagi macet nulis novel bapak/ibu semoga bisa membantu;

  1. Buat peta konsepnya dari awal.
  2. Bagi yg tdk terbiasa, bisa langsung dieritakan lgs di rekam. Seorang teman wartawan merekomendasika sebuah aplikasi di android yg bisa mengkonversi suara ke teks (sayang saya blm bisa mempraktikkan karena OS saya Windows) 😢
  3. Hentikan, lalu baca buku atau nonton film yang benuansa sesuai novel yg akan ditulis. Ini akan.menjadi bahan bakar yg lumayan baik.
  4. Kolaborasi. Jangan menulis sendiri. Lihatlah di Youtube dan ketikkan kata kunci MTV Chart 2016-2017. Kita akan menemukan Justin Bieber feat Mayor Lazer, Lana Del Rey feat The Weeknd, Dipha Barus Feat Kallula, G-Eazy feat Kehlani, dan sederet tangga lagu hampir dikuasai oleh kolaborasi-kolaborasi. Apa yang bisa kita simpulkan dari tangga lagu itu? Kekuatan Kombinasi!

Di Indonesia, nyaris tidak ada legenda musisi yang masih bertahan layaknya Iwan Fals. Ia bertahan dari era ayah saya sampai generasi terbaru saat ini karena kekuatan kombinasinya. Dan sekarang, Iwan Fals masih didengar oleh generasi-generasi Nidji, Geisha, d’Masiv dan sebagainya.

Di dunia otomotif, lihatlah Toyota berkolaborasi dengan Daihatsu. Apa hasilnya? Xenia-Avanza, Agya-Alya, Sigra-Calya. Tentu saja itu adalah hasil peleburan dua konsep yang berbeda menjadi satu kesatuan yang utuh serta orisinal. Itu juga disebut kekuatan kombinasi.

Di dunia teknologi, mari kita lihat perkembangan Microsoft Office yang diluncurkan oleh Windows. Apa yang ditawarkan oleh MS. Office tahun 2016? Ia lebih menekankan pada kolaborasi. Jadi, pengguna satu dengan yang lain akan mampu membagi file dan mengedit bersama. Bukankah itu juga dari bagian kombinasi? Begitu juga di dunia kepenulisan.

 

Selamat berpuasa utk keluarga besar komunitas menulis prov.jatim

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: