Berbagai Masalah di Pembelajaran: Peserta Didik Anda Tidak Bersemangat pada Jam Pertama

dalam judul bukunya yang membuat setiap guru pasti tertarik membacanya barangkali dapat menjelaskan situasi seperti kasus ini. Ada beberapa hal yang saya catat saat membaca buku tersebut.

Pertama: Faktor yang paling berkolerasi dengan prestasi siwa mencakup suhu, akustik, penerangan, tempat duduk, dan kondisi sosial1. Seberapa pentingnya lingkungan bagi siswa Anda? Seberapa pentingnya laut bagi ikan? Seberapa pentingnya langit bagi rajawali? Lingkungan dapat menciptakan atau merusak keberhasilan siswa. Otak itu bersifat adaptif dan lunak. Ubahlah lingkungan, maka Anda dapat mengubah bagaimana cara otak bekerja.

Kedua: Rencana pelajaran yang hebat tidak selalu berarti kelas yang hebat, namun tanpa perencanaan pelajaran, peluang Anda kecil.  

Ketiga: Anda mungkin memiliki pendengaran yang baik, tapi belum tentu bisa menjadi pendengar yang baik.

 

  1. Yang Harus Anda Lakukan

           Berikut ini adalah saran saya, semoga bisa membantu.

  1. Tidak perlu mengkritik atau menghakimi diri sendiri.
  2. Cari tahu penyebabnya dengan cara survai atau mengambil sampel dari salah satu mereka untuk diwawancarai. Jadilah pendengar yang baik.
  3. Catat hasilnya sebagai data.
  4. Lakukan uji-coba dengan metode-metode pembelajaran yang unik.
  5. Analisis hasilnya.
  6. Jika masih gagal, disukusikan dengan kami di paradigmagrafura@gmail.com
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: