Contoh Proposal untuk Penerbit Sebelum Menerbitkan Buku

PROPOSAL
Yth.
Redaksi Ruang Kata

 

A. Abstraksi
Buku pendidikan yang mengulas mengenai permasalahan pendidikan begitu banyak di pasaran. Terutama adalah masalah guru di dalam kelas. Namun, buku-buku tersebut memiliki dua kelemahan. Pertama, pembahasan masalah tidak spesifik dan kedua, terkadang langkah yang disarankan tidak bisa universal. Dengan dasar itu, kami mencoba menspesifikasikan langkah mengatasai masalah dan menyederhanakannya sehigga siapapun guru tersebut [dengan latar belakang atau pengampu apa saja] bisa menerapkan metode ini.
Buku ini, akan mengajak guru untuk melihat berbagai permasalahan di dalam kelas dengan satu solusi, yaitu EVALUASI INTERNAL. Guru akan mengatasi masalah di dalam kelas dengan tiga langkah sebagai berikut.
´┐╣┬á┬á┬á┬á┬á┬á┬á 1. Mengawali perubahan dari diri sendiri. ┬á´┐╗
´┐╣┬á┬á┬á┬á┬á┬á┬á 2. Memanfaatkan berbagai situasi untuk pembelajaran.┬á´┐╗
´┐╣┬á┬á┬á┬á┬á┬á┬á 3.┬á Penyerahan semua usaha kepada Allah semata┬á´┐╗

 

 

Buku ini tidak hanya memberikan motivasi kepada guru, tetapi juga memberikan paradigm baru dalam memandang sebuah permasalahan di dalam kelas.

B. Identitas Buku
´┐╣ 1.┬áJudul Buku┬á:┬áDahsyatnya Pendekatan
Evaluasi Internal Untuk Mengubah Kebiasaan Buruk Peserta Didik di Dalam Kelas┬á´┐╗
´┐╣ 2.┬áPenulis┬á:┬áLubis Grafura, Ari Wijayanti, dan┬á Endah Susilowati┬á´┐╗
´┐╣ 3.┬áTebal┬á:┬á121 halaman┬á´┐╗
´┐╣ 4.┬áJenis Buku┬á:┬áPendidikan┬á´┐╗

 

 

 

C. Hal yang Ditawarkan dalam Buku ini
Kami mengasumsikan bahwa buku ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain adalah sebagai berikut.
Buku ditulis dalam bentuk karangan khas atau feature sehingga pembaca seolah-olah mengalami atau melihat sendiri peristiwa yang hendak disampaikan penulis.
Kendati dalam bentuk feature, buku ini diperkaya dengan referensi yang mendukung setiap pernyataan. Selain itu, kami menampilkan referensi selengkap dan sejelas mungkin sehingga pembaca bisa melacak sumber yang dikehendakinya.
Sebagaimana disebutkan pada bagian abstraksi bahwa buku pendidikan yang membahas permasalahan di kelas secara spesifik dan universal belum terdapat di pasaran.
Peristiwa yang dimunculkan adalah situasional yang terjadi di dunia pendidikan berdasarkan pengalaman. Jadi, bukan teori yang bersifat menara gading.
Buku pendidikan yang memberikan paradigma baru dalam mengatasai masalah di dalam kelas.
Penggunaan sederhana dengan bahasa yang mudah dipahami.
Hal yang paling penting adalah interaksi antara penulis dan pembaca. Kami akan memberikan alamat email di pengantar sebagai bentuk tanggung jawab kami untuk menerima masukan, pertanyaan, kritik, saran serta forum diskusi terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi guru di seluruh wilayah di Indonesia.

D. Analisis Pasar
Buku ini akan menjangkau seluruh pembaca yang memiliki perhatian terhadap dunia pendidikan, baik praktisi pendidikan, dosen, guru, atau mahasiswa.

E. Biodata Penulis
Lubis Grafura. Lahir di Kediri pada tanggal 8 Juli 1984. Sekarang bekerja sebagai seorang guru bahasa Indonesia di SMKN 1 Nglegok Blitar. Pendidikan yang pernah ditempuh adalah S1 Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Malang [UM],  S2 Teknologi Pendidikan Darul Ulum, dan Pascasarjana UM [masih tahap cuti].

Buku yang segera Terbit:
Novel: Temui Aku Sekali Lagi Sebelum Malam Pertamamu dan Novel: Cinta yang Sangat Rahasia.
Buku dan Naskah yang pernah terbit Antara Tahun 2005-2014:
Buku Pendidikan: Strategi Implementasi Pembelajran Sesuai Kurikulum 2013 di Sekolah Kejuruan (Penerbit Prestasi, 2014). Penelitian berjudul Melacak Sejarah Desa Nglegok: Kajian Deskriptif Asal Mula Desa Nglegok Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar Berdasarkan Folklore dan Toponimi diterbitkan oleh Dinas Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan Kabupaten Blitar [Ditulis bersama Rekan Anita Retha, 2014]. Buku Pendidikan Sebenarnya Bukan Hanya  Urusan Guru (Yuma Perkasa; 2013), Antologi Cerpen Pernikahan Tuan Mensen yang Mengejutkan (LPPM Kreativa FBS, 2012), Buku Berbagai Strategi dan Metode Pembelajaran yang Unik (Ar-Ruzz, 2012), Novel Rekontruksi Jaka Tarub Mencari Cinta (Penerbit Narasi, 2011), Novel Thriller: Aku Mati Memeluk Boneka (Penerbit Narasi, April 2011), Permainan Edukatif untuk Pembelajaran Atraktif (penerbit prestasi, April 2011), Antologi puisi penulislepas.com (Pustaka Jamil, 2011), Buku Pintar Iklan Baris (Nobel Publishing, 2010 bersama M. Badrih), Antologi Cerpen Pelangi Sastra Malang: Pledoii (2009), Antologi Puisi: Ponari For President (Babel Publishing, 2009), Antologi Puisi: Kenyataan dan Kemayaan (Fordisastra 2009), Antologi Cerpen: Ketawang Puspawarna (Babel Publishing dan UKMP 2009), Novel Horor ebook : Pesan Singkat (tokoebook.biz, 2009), Ensiklopedi Anak Bersama: Gunung Merapi (Erlangga, 2009), dan Antologi Cerpen: La Runduma (CWI dan Mempora, 2005).
Penghargaan yang pernah diperoleh:
Beberapa kali menolak direkomendasikan ikut guru berprestasi.
Buku Aku Mati Memeluk Boneka mendapatkan apresiasi yang baik dari pembaca sehingga bisa cetak untuk yang kedua kali.
Terpilih sebagai salah satu penerima dana Hibah dari Kementrian Pendidikan Nasional, Pusat Perbukuan dan Kurikulum 2011. Penghargaan penulis artikel terbaik tingkat SMK se-Jatim 2010 versi majalah pendidikan: Media. Juara III Lomba Cerpen Kolomkita.com (2008). Juara I Lomba Cipta Puisi IRIB tentang Keagungan Nabi Muhammad 2007 kerjasama Indonesia dengan Irak.Tiga cerpennya mendapatkan penghargaan Menteri Pemuda dan Olahraga bekerja sama dengan CWI (2005), juara III Lomba All About Women 2005), Tentor terbaik dan Terfavorit Lembaga Bimbingan Primagama Malang 2005, dsb
Karyanya berupa cerpen, puisi, dan artikel pernah dimuat di media:
Suara Pembaruan, Jawa Pos, Seputar Indonesia, Radar Banjarmasin, Sinar Harapan, Oase.Kompas, Majalah Pendidikan: Widya, Majalah Mode: Versus, Koran Pendidikan,Jurnal Bahasa dan Sastra: Kreativa,  Majalah Pendidikan: Media, Surya, Malang Pos, Siar, Komunikasi dan sebagainya.
Pernah menjadi editor buku:
Antologi Cerpen: Jung Java karya Rendra F. Kurniawan (Babel Publishing, 2009) dan Kuliah di Malang Gampang karya Sidiq Nugraha (2007).
Aktivitas:
Menjadi penggagas Malang Padepokan Film, komunitas pembuat film Malang. Aktif menjadi pemateri sastra dan penulisan buku di Malang. Sekaligus menjadi pengambu ekstra Jurnalistik SMKN 1 Nglegok yang sudah memenangkan lomba tingkat lokal, regional, dan nasional.


 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: