F. KONSULTASI BAHASA INDONESIA

Iklan

47 Komentar »

  1. lea Said:

    jangan bikin dosa kalo lagi puasa

  2. ana Said:

    af1 boleh tnya kn? apa saja yg termasuk problematika tata kalimat? kira” tau g?

    makasih….

  3. kikukeko Said:

    blh tny g ? coal2 b.indo bnyk texk na g ???

  4. siti fatimah Said:

    bisa tlong cariin cerpen islami g? tapi jngan yg panjang2 yach

  5. dheina Said:

    saya ingin bertanya,
    bagai mana cara membuat puisi yang baik dan benar..

    terima kasih

  6. hurin Said:

    pake ada contoh deskripsi ma eksposisi dong…spy kta gampang nyari modulnya….

  7. olhieluphzhen Said:

    aku cyank kmuuuuuuuuu.bahasa indonesia……………….

  8. Kyoshi Said:

    I lovhumuch 2 BI, coz i do it. gk jg sih kdg aku mumeng juga dgn@.

  9. Talyta Said:

    Sy mo tanya,

    sebenarnya sudah lama saya ingin membuat cerpen yg kiranya menarik dan bagus untuk di baca oleh khalayak ramai,tapi saya merasa tidak PD dengan cerpen yg saya buat,selain itu kadang jika saya mencoba membuat cerpen saya sering berhenti di tengah jalan,karena mungkin kehabisan ide,bagaimana solusinya dan agar saya merasa PD untuk menerbitkan cerpen saya?

    Thanks

  10. alfi laila Said:

    klo gabung di sini n tanya yang ini, itu ntar dapat balasan dak?sebenarnya apasih yang menjadi persoalan pembelajaran bahasa Indonesia SD itu?klo emang dak ada masalah kenapa pada aplikasinya anak-anak itu kesulitan n hasilnya pun kurang memuaskan.itu aq lihat saat observasi pada sebuah SD di ….(pada gaya puisi setiap anak sama).balas z!

  11. sudarmono a hi rasyid Said:

    tolong di jawab pengertian dari sastra

  12. pengertian sastra tolong dijawab

  13. nenty Said:

    tolong dunks kasih tau tema katya ilimiah yang bagus dan cara membuat karya ilimiah

  14. ri2n Said:

    saya tidak ingin bertanya sebenarnya, akan tetapi saya prihatin dengan bahasa indonesia yang kini sudah mulai tergeser kegunaannya. Kita lihat saja sekarang perkembangan bahasa indonesia yang sudah dimasuki dengan kata-kata asing, ya mungkin itu termasuk yang dikatakan dinamis “bahasa terus berkembang menurut zaman” tapi mengapa perkembangan itu menjadi bahasa asingnya yang menguasi, padahal kalau dilihat semua kata asing itu ada artinya dalam bahasa indonesia, akan tetapi penggunanya seperti malas.

    dan yang saya khawatirkan juga bahasa indonesia akan punah, ini saya lihat dengan sistem pembelajaran guru bahasa indonesia yang hanya datang duduk diam dan memberikan PR. bila seperti ini maka jangan salahkan penerus bangsa yang lebih suka memakai bahasa asing seperti “inggris”. memang ada benarnya sich kalau bahasa inggris adalah bahasa internasiaonal. Lalu apakah kita dengan seenaknya aja meninggalkan bahasa kita? denga menulis salah dan bicara ga aturan..

    saya akau sebenarnya bangsa indonesia adalah bangsa pencuri, kita lihat saja kata-kata yang kita pakai.. kebanyakan bukan berasal dari bangsa kita sendiri, melainkan dari arab, inggris, belanda dsb.

    sebenarnya pengen nulis banyak akan hal bahasa disini.. tapi tidak enak rasanya kalau hanya menulis tanpa ada jawaban. lebih baik bicara langsung. tapi enath kapan saya tidak tahu. semoga saja saya diberi kesempatan bertemu dengan anda di lain waktu untuk berbicara santai tentang bahasa indonesia.

    maaf bila tulisan saya terlalu panjang untuk dikatakan komentar, dan terima kasih sudah membuat blog yang sangat bermanfaat ini.. wassalam

  15. Prastuty Said:

    Bisakah saya mendapat kiriman soal-soal bahasa indonesia SMP dari Anda? Mohon dikirimkan kalau bisa.

  16. Prastuty Said:

    Saya termasuk baru membuka bagian ini. Saya sudah baca banyak pertanyaan tapi tidak mengerti di bagian mana penulis memberi jawaban? Mohon penjelasan.

  17. Husen Said:

    Tolong saya dijelaskan tentang metode penulisan Cerpen. Terima Kasih

  18. na_bipz Said:

    buat kriti dan esay yang bagus,,,bagaimana caranya???

  19. na_bipz Said:

    bagaimana membuat sebuah paragraf narasi,eksposisi,argumentasi,truz paragraf dedukti induktif yang koheren dan kohesif,,untuk siswa SMA….
    mohon bantuannya???

  20. Inge Sundoko Said:

    Pak, saya sedang review memo dengan kalimat rancu berikut ini: Mensikapi pelaksanaan PEMILU 2009, maka sesuai dengan Keputusan Presiden nomor 7 tahun 2009, tanggal 27 Maret 2009 tentang penetapan hari pemungutan suara pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tahun 2009 sebagai hari libur nasional, maka dipandang perlu untuk mengeluarkan peraturan / informasi sehubungan dengan pelaksanaan teknis implementasi dan hubungannya dengan aktivitas operasional perusahaan. Menurut saya kata pelaksanaan teknis implementasi merupakan kata yang ambigu, tapi saya tidak dapat menjelaskan nya dengan pengetahuan yang memadai, dapatkah Bapak membantu saya?

  21. Inge Sundoko Said:

    Terima kasih ya Pak..

  22. saya seorang yang tidak berpengetahuan tinggi.apakah saya bisa seorang penulis?

  23. heny_bunga Said:

    ass.wr.wb.mohon bantuannya buat judul penelitian kualitatif untuk tugas akhir, masalah yamg aktual tuk di bahas apa ya???????balas.thank

  24. heny_bunga Said:

    tolong ya pak. balas ke email saya heny_bunga@yahoo.co.id

  25. Lia Said:

    Pak Lubis, ni Lia, sastra Indonesia UM 03. apa kabar Pak Lubis sekarang?

  26. Sofa Nirmawati Said:

    Mohon untuk pakai unsur intrinsik dan ekstrinsiknya donk

  27. nana Said:

    Yth Bpk Ibu Konsultan, mohon penjelasan tentang unsur intrinsik(sudut pandang) cerpen : diaan,akuan, pengarang serba tahu

  28. uchie Said:

    kak… sy mo’ ty neh! ide pokok dan kalimat pokok itu sama atau berbeda??

  29. ndols Said:

    saya lulusan Sastra Indonesia, sebenarnya saya tidak pernah ingin menjadi seorang guru tapi berhubung teman2 banyak yang menggeluti profesi tersebut dan sepertinya memang lebih menjanjikan. kalau saya pengen mengajar menjadi seorang guru (sementara saya tidak punya basic mengajar) apa saja yang perlu saya persiapkan? terima kasih….
    +

  30. uunii_lullaby Said:

    TloNg q dunk,ksih Cntoh dari naraSi suGesTiF yang Lain, Bz cnTohna iTu gyy….please Ea qz Buadh Tugas sKuuL QuW

  31. nay Said:

    bang minta bantuannya dong cariiin sastra perbandingan antar cerpen,klo bisa contoh makalahnya.

  32. Jali Said:

    Bedanya “di mana” dan “dimana” apa ya ?

    “di mana” jelas menunjukkan tempat…., tapi “dimana” ?

  33. REDAKSI Said:

    Teman-teman, terima kasih sudah posting di laman ini. saya akan segera mengirimkan pertanyaan-pertanyaan tersebut ke email masing-masing dan ditampilkan pada laman ini. terima kasih.

    Lubis Grafura

  34. Mas, mau nanya. Ada nda media untuk ngajar BI tanpa harus bnyk biaya? Maaf ya nanya gini. Soalnya kami jauh di pedalaman, jd susah nyiapin media buat ngajar. Jarak ke kota bisa ditempuh berhari-hari.

    Ok, thanks dulu

  35. amira,purwokerto Said:

    andai mereka mengerti bahasa seorang BISU,maka mereka kan menyadari DIAlah seorang yang TERHEBAT….
    SELAMAT SORE ,GURUKU BAPAK LUBIS,saya seorang muda yg sangat tertarik dg sastra dan bahasa,maka dg ini saya ingin belajar lebih banyak lagi ilmu BAHASA kepada anda,bolehkah saya menunjukkan karya pribadi saya pada anda….untuk kesediaannya membaca dan menanggapi mssage ini,saya haturkan terimakasih.

  36. rifki Said:

    uy all w bru g bung ny

  37. rifki Said:

    bleh mnta no tlpon all g ,,,,,,,,?

  38. enang r Said:

    KONTOL

  39. Fira Said:

    pak, menulis deskripsi di UKBI pakai gambar ya pak??? gambarnya berupa apa pak???
    saya akan melakukan penelitian menulis deskripsi siswa pakai buku UKBI tapi, saya gak tau harus gambar pa yang diberikan kepada siswa..

  40. fira Said:

    pak, ada tes menulis deskripsi di UKBI?? berbentuk apa soalnya??

  41. shofi Said:

    mau tanya ni,…..apa bedanya poster sama slogan…….soalny masih bingung…….???????

  42. Glee Room Said:

    Aku mau tanya.. Unsur ekstrinsik itu penjelasannya apa ya? Trus yang termasuk unsur ekstrinsik itu apa?
    Tolong penjabarannya ya? Saya mohon. ini ada tugas dari sekolah suruh menjabarkan unsur2 ekstrinsik suatu karya sastra. Terima Kasih.

  43. GANDUNG Said:

    assalamu’alaikum
    maaf,saya mahasiswa dari Universitas Negeri Surabaya, berkenaan dengan tugas mata kuliah pendidikan sastra indonesia,bahwasannya kami diminta oleh dosen terkait untuk berhubungan dengan penulis cerpen yang masih aktif, karena nanti akan di beri materi untuk penulisan cerpen dan sebelum itu kami harus berkonsultasi dengan pihak penulis sendiri, jadi saya mohon kesediaannya untuk membembing saya dalam hal ini.
    terimakasih, dan tolong di balas.
    wasalamalamu’alaikum

  44. Nendy Said:

    Apakh gay bza cmbh dgn d ruqyah

  45. ferdiernanda Said:

    Sya mau tnya apakh cerpen bsa diubah mnjadi puisi,,, kalau pusi kan bsa diubah mnjdi prosa,,klau bsa mngapa?

  46. BACHTIAR Said:

    tolong share dong tentang sudut pandang

  47. Friski Said:

    Assalamualaikum. Wr. Wb
    Saya mahasiswi Sastra Inggris Universitas Pendidikan Indonesia yang sedang mengerjakan tugas akhir. Kebetulan Penelitian yang saya bahas mengenai bahasa slang/ bahasa gaul dalam film Lupus I & Lupus 2013. Saya meneliti tentang jenis slang dan bentukkan kata-nya u/ mendapatkan perbandingan, persamaan & perbedaan bahasa slang di era yang berbeda.

    Saya telah membaca skripsi Mas Grafura Lubis yang meneliti bahasa gaul dalam film Heart & A2DC. Saya tertarik untuk, kalau boleh, melihat skripsi yang lengkapnya untuk dijadikan referensi. Karena yang saya baca di blog ini hanya sampai bab 3. Selain itu saya mengalami kesulita menemukan bentukan kata beberapa kata slang, seperti Jutek. Saya tahu maknanya tapi apakah bentukan katanya ‘blending’ dari ‘judes tekali’ atau bentukan kata yang lain. Jadi saya tertarik untuk berdiskusi tentang ini.

    Saya harap Mas Lubis Grafura bersedia dan membalas melalui surel. Terima Kasih.

    Wassalamualaikum. Wr. Wb.


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: